PT KAI Bentuk Satgas untuk Perangi Corona

  • Whatsapp
PT KAI (Persero) bentuk satgas untuk pencegahan virus Corona. (Foto: Headline.co.id)
PT KAI (Persero) bentuk satgas untuk pencegahan virus Corona. (Foto: Headline.co.id/@keretaapikita)

HeadLine.co.id, (Jakarta) – PT KAI (Persero) membentuk Satuan Tugas (Dtgas) Penanganan Virus Corona untuk mencegah penularan infeksi virus tersebut di wilayah kerja perusahaan, stasiun serta dia atas kereta api. Satgas tersebut akan bertugas di kantor pusat dan seluruh wilayah operasional KAI di Jawa dan Sumatera.

Edi Sukmoro selaku Direktur Utama KAI menjelaskan bahwa satgas daerah akan melaporkan kejadian di wilayahnya masing-masing setiap harinya. Laporan tersebut kemudian menjadi bahan evaluasi di satgas pusat.

Read More

Baca juga: Antisipasi Penyebaran COVID-19, PT KAI Daop 8 Surabaya Pastikan Penumpang Naik Turun Dilakukan Sterilisasi

Edi melanjutkan bahwa Di Kantor Pusat, Satgas dipimpin oleh Corporate Deputy Director Security sedangkan di daerah dipimpin oleh Kepala Daerah masing-masing.

“Satgas ini bertugas untuk memastikan implementasi Edaran Direksi terkait antisipasi penyebaran virus corona berjalan dengan baik. Selain itu juga untuk memastikan seluruh protokol pencegahan sudah dilaksanakan, memastikan kesiapan fasilitas pencegahan dan penanganan, berkoordinasi dengan pihak eksternal, dan melakukan evaluasi serta upaya perbaikan setiap harinya,” jelasnya.

Baca juga: Pasien Positif Corona di Tulungagung Dinyatakan Sembuh

Satgas KAI juga melakukan upaya sistematis, terstruktur dan terukur dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Mereka juga memastikan tersedianya fasilitas, alat dan bahan seperti Thermogun, Handsanitizer, Masker, Handscoon/Sarungtangan, Ruang isolasi sementara.

Lebih lanjut Edi menjelaskan Satgas KAI juga memiliki tugas untuk merekap laporan harian Satgas Daerah sebagai bahan laporan Direksi ke Kementerian BUMN.

Baca juga: Tito Karnavian Terbitkan Surat Edaran Terkait Percepatan Penanganan Covid 19 di Daerah

Sementara Satgas Daerah KAI setiap hari wajib melaporkan kebutuhan dan ketersediaan alat dan bahan seperti  Thermogun, Handsanitizer, Masker, Handscoon/Sarungtangan, Thermo Scanner, Data Penumpang yang bersuhu ≥38°C, Data kunjungan ke Pos Kesehatan, Data Pekerja Sakit, Kejadian Menonjol, dan Kegiatan Satgas Daerah.

Laporan tersebut kemudian dievaluasi dan ditindaklanjuti oleh Satgas Pusat. Mereka akan melakukan pengadaan dan bahan serta berkoordinasi dengan unit logistik KAI pusat.

Baca juga: Suriah Konfirmasi Kematian Pertama Akibat Virus Corona

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *