ASN Positif Corona di Bantul Bolak Balik Jogja-Jakarta

  • Whatsapp
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penularan Infeksi COVID-19 Kabupaten Bantul
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penularan Infeksi COVID-19 Kabupaten Bantul. (Foto: Kompas)

Headline.co.id (Jogja) ~ Seorang aparatur sipil negara (ASN) yang di rawat di RSUD Panembahan Senopati, Bantul  positif corona (Covid-19) hal tersebut dinyatakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

baca juga: Maklumat Kapolri! Masyarakat Dihimbau Tidak Buat Acara Keramaian Termasuk Unjuk Rasa

Bacaan Lainnya

Di lansir dari Kompas, saat jumpa pers di Parasamya Pemkab Bantul, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penularan Infeksi COVID-19 Bantul, Tri Wahyu Joko Santosa menyampaikan memang ASN juga yang ada di Kabupaten Bantul dan status bertugas di dinas vertikal ke pemerintahan pusat bukan ke Pemkab.

Laki-laki berusia 50 tahun ini memiliki riwayat perjalanan Jakarta-Yogyakarta. ASN yang dinyatakan positif corona tersebut sering bolak-balik Yogyakarta ke Jakarta karena keluarganya berdomisili di Jakarta.

Tri menjelaskan bahwa pasien tersebut mengeluh batuk, panas tinggi serta sesak, dan masuk ke rumah sakit pada hari Kamis (12/3/2020). Dan berdasarkan hasil tracking pasien positif covid-19 tersebut sudah melakukan dengan puluhan orang.

Bagi yang mengalami batuk, pilek dan nyeri tenggorokan masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP). Mereka diminta mengisolasi diri di rumah secara mandiri.

baca juga: Khatib Salat Jumat Meninggal Usai Salam Shalat Jumat di Masjid Al Ikhlas Klaten

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan, hingga 20 Maret 2020 sebanyak 39 orang warga bantul yang masuk dalam catatan ODP. Sementara yang dinyatakan pasien dalam pengawasan (PDP) ada 9 orang, mereka dirawat di sejumlah rumah sakit.

Dari 9 orang dilaporkan satu di antaranya yang dirawat di RSUD panembahan Senopati meninggal dunia.

Hingga kini, hasil pemeriksaan laboratoriumnya belum diterima Dinas Kesehatan Bantul.

baca juga: Digandeng BNPB, Puluhan Influencer Semua Elemen Masyarakat Berperan Melawan COVID-19

PDP sedang dirawat 1 terkonfirmasi positif, dan yang lainnya status yang pulang 1 orang, dan 1 dirawat di RSUP dr Sardjito negatif Covid-19.

Pihaknya melakukan tracing terhadap orang yang melakukan kontak langsung dengan PDP. Tercatat ada sekitar 121 orang tidak hanya di Bantul tetapi luar daerah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *