Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaNasionalTransportasi

Stasiun Gambir Disemprot Disinfektan, Erick Thohir: Ini Hal Positif Jika Kita Bersatu

236
×

Stasiun Gambir Disemprot Disinfektan, Erick Thohir: Ini Hal Positif Jika Kita Bersatu

Sebarkan artikel ini
Direktur Utama PT KAI Ed Sukmoro menjelaakan situasi terkini di Stasiun Gambir.
Direktur Utama PT KAI Ed Sukmoro menjelaakan situasi terkini di Stasiun Gambir.

HeadLine.co.id, (Jakarta) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyiapkan sejumlah langkah dalam mencegah penyebaran virus Corona. Untuk memastikan hal tersebut Menteri BUMN Erick Thohir bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, TNI dan Polri mendatangi Stasiun Gambir Pada pukul 16.00 WIB usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi.

Pengecekan stasiun kali ini didampingi langsung oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro beserta para staf dan jajarannya di PT KAI.

Baca Juga: Guna tingkatkan Kesiapan Rumah Sakit Rujukan Untuk Corona, ini yang dilakukan Pemrov Jawa Tengah

Terlihat beberapa petugas KAI dan petugas dari Kesdam Jaya menyemprotkan disinfektan di setiap sudut Stasiun Gambir. Erick Thohir juga menyempatkan diri mengecek beberapa ruang kesehatan di Stasiun Gambir.

“Ini salah satu hal yang positif kalau kita bisa bersatu. Di sini kita bisa buktikan, kami dari BUMN, dengan BNPB, TNI, Polri, dan pemerintah daerah, kita coba minimize risiko-risiko. Apalagi ini kan tempat publik yang sangat crowded yang banyak orang,” ujar Erick, kepada awak media di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (13/3).

Ia juga berharap penyemprotan disinfektan ini tak hanya dilakukan oleh BUMN tetapi semua pihak. Mulai dari RT, RW, pemerintah daerah, swasta masing-masing supaya menjaga lingkungan agar ruang publiknya aman.

Baca Juga: Hindari Penyebaran Virus Corona, Musyawarah Nasional NU Ditunda

“Kita sudah laporkan Pak Presiden sudah berjalan. Kita harap semua bisa lakukan ini di kantor dan wilayah masing-masing. Percayalah ini bisa bersama-sama, jangan panik. Enggak ada artinya kalau pandemik ini hanya kita bicarakan tanpa kita melakukan yang pasti ke masyarakat termasuk jaga keluarga kita,” ungkapnya.

Pemilihan Stasiun Gambir sebagai langkah pencegahan karena stasiun ini yang tepat berasa di samping Monumen Nasional dan sudah terintegrasi dengan berbagai transportasi lain. Hal ini menjadikan Stasiun Gambir sebagai tempat umum yang paling banyak pengunjungnya apalai yang akan bepergian ke berbagai daerah di Pulau Jawa.

Petugas dari KAI dan Kesdam Jaya menyemprot setiap sudut Stasiun Gambir.
Petugas dari KAI dan Kesdam Jaya menyemprot setiap sudut Stasiun Gambir dengan Disinfektan.

Harapannya dengan penyemprotan Stasiun Gambir ini, pesan yang ingin disampaikan Erick Thohir mengenai perlawanan terhadap virus Corona bisa tersampaikan ke berbagai lapisan masyarakat di berbagai kota di Indonesia.

“Kami pastikan Pemerintah bersama-sama dengan berbagai komponen senantiasa menjaga keamanan masyarakat Indonesia dari wabah Covid-19. Dengan bersatu, kita pasti bisa melawan Covid-19,” tandas Erick.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah meluncurkan Kereta Kesehatan atau Rail Clinic untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Selain itu, penyemprotan disinfektan juga dilakukan rutin di KRL, KA Bandara dan LRT Palembang.

Baca Juga: Masyarakat Jatim Diminta Mengantisipasi Demam Berdarah Dengue

Edi Sukmoro selaku Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga memastikan bahwa KAI sudah menyediakan pos kesehatan di 89 stasiun di Jawa dan Sumatera bagi penumpang yang ingin memeriksa kesehatan.

Edi menghimbau kepada para penumpang yang dalam kondisi tidak fit agar tidak memaksakan naik kereta api. Ia juga berpesan kepada penumpang untuk melapor kepada petugas stasiun atau kondektur jika merasa tidak sehat, sehingga dapat ditindaklanjuti oleh petugas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *