Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaPemerintahWisata & Kuliner

Bukti Rasa Hormat ke Fatmawati, Presiden Resmikan Monumen Fatmawati di Bengkulu

199
×

Bukti Rasa Hormat ke Fatmawati, Presiden Resmikan Monumen Fatmawati di Bengkulu

Sebarkan artikel ini
Jokowi Resmikan Monumen Fatmawati Bengkulu
Jokowi Resmikan Monumen Fatmawati Bengkulu. (Biro Setpres)

Headline.co.id (Bengkulu) ~ Bengkulu saat ini resmi memiliki Monumen baru, monumen tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Rabu, 5 Februari 2020. Monumen tersebut merupakan Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Hj. Fatmawati Sukarno yang beralamatkan di Simpang Lima Ratu Samban, Kota Bengkulu, pada Rabu, 5 Februari 2020.  Peresmian ini dilakukan bertepatan dengan hari lahir Ibu Fatmawati, yaitu pada 5 Februari 1923.

baca juga : Bersama Ketua DPR, Jokowi akan Resmikan Monumen Fatmawati Soekarno

Monumen Patung Fatmawati yang sedang menjahit tersebut memiliki tinggi 7 meter, yang terdiri atas dudukan setinggi 2 meter dan patung setinggi 5 meter, monumen ini merupakan karya salah satu maestro patung Indonesia asal Bali I Nyoman Nuarta.

Saat memberikan sambutan, Presiden mengenang Ibu Fatmawati sebagai seorang tokoh pahlawan bangsa yang sangat berjasa, baik pada bangsa maupun negara.

Ia menyampaikan, Ibu Fatmawati bukan hanya ibunya warga Bengkulu, Namun juga ibunya seluruh rakyat Indonesia. Beliau selamanya akan dikenang karena visi dan pandangan beliau yang jauh ke depan, dan juga atas jasa beliau kita bangsa Indonesia memiliki bendera pusaka Merah Putih yang tadi sudah diceritakan panjang lebar oleh Ibu Sukmawati, yang dijahit dengan tangan beliau sendiri, dan dipersiapkan sebelum Indonesia merdeka.

baca juga : Biar Makin Nyaman, Kodim 0318 Natuna Siapkan Pelengkapan Olahraga untuk WNI diobservasi

“Sebagai Ibu Negara Republik Indonesia yang pertama, Ibu Fatmawati selalu setia mendukung perjuangan Presiden Soekarno. Ibu Fatmawati selalu memberikan keteladanan tentang pentingnya pengorbanan, dan selalu menekankan pentingnya menjaga semangat, menjaga mimpi di tengah keterbatasan-keterbatasan yang ada,” ungkapnya.

Kepala Negara menyampaikan bahwa monumen tersebut merupakan penanda sebagai bukti kita atas perjuangan beliau Ibu Fatmawati. Mengingatkan kita semua anak-anak bangsa generasi penerus untuk meneladani sikap kenegarawanan Ibu Fatmawati. Memotivasi bangkitnya sikap-sikap kepahlawanan, rela berkorban untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Di Akhir sambutannya, Jokowi titip kepada seluruh masyarakat Bengkulu untuk menjaga dan merawat dengan baik monumen Fatmawati agar tidak rusak. Merawat agar tidak lekang oleh waktu, sama seperti semangat Ibu Fatmawati yang tidak pernah luntur sampai kapan pun.

baca juga : Heboh Virus Korona, Jokowi Minta Jajarannya Kalkulasi Dampaknya Terhadap Perekonomian Indonesia

Turut hadir dalam acara peresmian Monumen Fatmawati antara lain, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *