Gunakan Kereta Inspeksi, Wapres Ma’ruf Amin Kunjungi Korban Banjir Bandang di Lebak Banten

  • Whatsapp
Wakil Presiden Ma'ruf Amin Naik Kereta Inspeksi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, dan Kepala BNPB Doni Monardo menggelar rapat di dalam Kereta Inspeksi 4 saat menuju ke Lebak, Banten, untuk meninjau korban banjir bandang, 30 Januari 2020. Foto: Sekretariat Wakil Presiden

Headline.co.id (Jakarta) ~ Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta rombongan meninjau korban banjir bandang di Lebak, Banten, Kamis, 30 Januari 2020. Wapres meninjau lokasi banjir dengan menggunakan kereta inspeksi milik PT KAI (Persero).

Selain memantau secara langsung, Ma’ruf Amin juga memberikan bantuan makanan, tenda gulung, kasur, serta perlengkapan dapur. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis kepada perwakilan pengungsi.

baca juga : Ternyata Tiket Kereta Api Bisa Ditukar dengan Perjalanan Baru Gratis, Ini Syarat dan Ketentuannya

Sebelumnya, Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa penanganan korban banjir bandang yang kehilangan rumah nantinya akan ada santunan dari pemerintah pusat melalui pemerintah daerah.

Akibat dari banjir bandang di daerah tersebut, sebanyak 359 warga Kecamatan Lebak Gedong kehilangan tempat tinggalnya. Mereka pun terpaksa mengungsi di Dodiklatpur Rindam III Siliwangi.

“Soal penanganan jangka panjangnya, upaya penanganan supaya tidak terjadi longsor itu sedang dilakukan oleh penanggulangan bencana, tetapi belum bencana nasional. Besok saya akan meninjau ke Lebak,” ujar Ma’ruf Amin di Kantor Wapres, Jakarta Pusat, Rabu kemarin.

Kunjungan Ma’ruf Amin ke Lebak turut didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, serta Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.

baca juga : Wapres Ma’ruf Amin Akan Hadiri Acara IPPNU di Jombang

Setelah mengunjungi korban banjir bandang, Ma’ruf Amin pun akan melakukan penanaman pohon di area Gedung Negara, Pemerintah Kabupaten Lebak. Bibit pohon yang akan ditanam adalah bibit jambu jamaika atau syzygium malaccense.

Kemudian Ma’ruf Amin kembali ke Stasiun Rangkasbitung dan melanjutkan peninjauan ke Jalur Kereta Rangkasbitung-Serang. Peninjauan ini untuk menindaklanjuti proyek perbaikan jalur kereta api tersebut agar waktu tempuh dari Jakarta ke Pelabuhan Merak bisa dipercepat.

Usai menengok pengungsi yang berada di Depo Pendidikan dan Latihan Pertempuran, Resimen Induk Daerah Militer III/Siliwangi, Ma’ruf akan menanam bibit Jambu Jamaika alias Jambu Bol atau Syzygium malaccense.

Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik Sekretariat Wakil Presiden Rusmin Nuryadin mengatakan, penanaman pohon dilakukan di area Gedung Negara, Pemerintah Kabupaten Lebak.

“Jambu Jamaika, dalam bahasa Melayu atau Betawi disebut Jambu Bol, merupakan salah satu bibit produktif yang dapat berbuah dalam tempo relatif singkat,” kata Rusmin dalam keterangan tertulis, Kamis, 30 Januari 2020.

Menurut Rusmin, selain dapat dimanfaatkan buahnya, kulit Jambu Bol ini bisa digunakan sebagai obat tradisional dan kayunya sebagai bahan bangunan. “Tanaman ini ditanam oleh Wapres sebagai simbol harapan untuk Kabupaten Lebak agar segera dapat kembali produktif pascabencana alam yang menimpa warganya,” ucap dia.

baca juga : Jokowi Melantik Wantimpres Baru, Ada Mantan Menteri Hingga Tokoh Agama

Setelah menanam pohon, Ma’ruf akan ke Stasiun Rangkasbitung dan direncanakan meninjau jalur kereta Rangkasbitung-Serang. “Peninjauan ini untuk menindaklanjuti proyek perbaikan jalur KA tersebut agar waktu tempuh dari Jakarta ke Pelabuhan Merak bisa dipercepat,” tutur Rusmin.

Sebelum penanaman pohon, Ma’ruf akan menyerahkan bantuan makanan, tenda gulung, kasur, serta perlengkapan dapur kepada pengungsi. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis kepada perwakilan korban.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *