Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
PemerintahBeritaDaerah

Pemerintah Siap Resmikan Pelabuhan Pantai Gesing di Akhir 2024

8545
×

Pemerintah Siap Resmikan Pelabuhan Pantai Gesing di Akhir 2024

Sebarkan artikel ini
Pelabuhan Pantai Gesing beberapa bulan lalu
Pelabuhan Pantai Gesing beberapa bulan lalu. Foto (Intagram Inigunungkidul.com)

Headline.co.id, Gunungkidul, Yogyakarta ~ Pemerintah segera meresmikan Pelabuhan Pantai Gesing yang berlokasi di Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang, menjelang akhir tahun 2024. Persiapan intensif untuk pengoperasian pelabuhan ini sudah berjalan, termasuk pelatihan bagi nelayan dan keluarganya untuk mengoptimalkan manfaat dari fasilitas tersebut.

Baca juga: Breaking News: Bus Budiman Kecelakaan Tabrak Truk Tronton di Jalan Wates 6 Orang Terluka

Wahid Supriyadi, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul, mengungkapkan bahwa masa kontrak pembangunan Pelabuhan Gesing telah rampung beberapa waktu lalu. Meski begitu, masa pemeliharaan masih berlangsung untuk menyelesaikan beberapa komponen yang memerlukan penanganan khusus. Salah satunya adalah pembersihan material sisa ledakan yang terjadi selama proses blasting atau pemecahan batuan.

“Beberapa waktu lalu masih ada penanganan khusus di sejumlah titik,” ujar Wahid Supriyadi saat dikonfirmasi. Meski begitu, pelabuhan sudah menjalani uji coba dengan beroperasinya kapal-kapal kecil, dan pendapatan asli daerah (PAD) dari aktivitas nelayan mulai masuk ke kas pemerintah sejak akhir tahun 2023.

Baca juga: Pak RT Ungkap Gelagat Mencurigakan Perong alias Pegi Pelaku Pembunuhan Vina dan Eky

Menyongsong peresmian Pelabuhan Pantai Gesing yang diharapkan menjadi Tourism Fishing Port atau pelabuhan perikanan berbasis pariwisata, DKP Gunungkidul telah menjalin komunikasi untuk mendapatkan bantuan kapal sekoci dari Pemda DIY dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. “Kami usulkan bantuan dan disetujui mendapat bantuan dari Pemda DIY dua unit kapal dan dari DPR RI satu unit sekoci,” jelas Wahid.

DKP Gunungkidul juga fokus pada pelatihan pengoperasian kapal yang lebih besar dibandingkan dengan yang biasa digunakan para nelayan. Selain itu, dilakukan pembentukan nelayan-nelayan baru yang siap menghadapi modernisasi. Pelatihan juga diberikan kepada rumah tangga nelayan yang tergabung dalam Kelompok Pengolah Pemasar untuk mengolah hasil perikanan, sehingga dapat memberikan nilai tambah pada hasil tangkapan.

Baca juga: Dugaan Pungli di Lapas Cebongan: Pejabat dan Delapan Warga Binaan Terlibat

Dengan kapasitas besar, Pelabuhan Pantai Gesing diperkirakan mampu menampung hingga 40 kapal berkapasitas 10-30 gross ton (GT) serta 100 unit kapal motor tempel. Fasilitas ini diharapkan mampu menyumbang hingga 5000 ton ikan per tahun, mendukung kesejahteraan nelayan dan meningkatkan pendapatan daerah.

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, Pelabuhan Pantai Gesing tidak hanya menjadi pusat kegiatan perikanan, tetapi juga destinasi wisata baru yang memperkaya pesona Gunungkidul. Masyarakat setempat pun menyambut positif perkembangan ini, berharap pelabuhan ini membawa manfaat ekonomi yang signifikan bagi daerah mereka.

Terimakasih telah membaca Pemerintah Siap Resmikan Pelabuhan Pantai Gesing di Akhir 2024 semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Pemerintah Kota Tangerang Terus Lakukan Reformasi Birokrasi dan Penyetaraan Jabatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *