Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DaerahBerita

Kapolri Resmikan Sumur Bor Presisi di Gunungkidul, Langkah Nyata Atasi Krisis Air

6544
×

Kapolri Resmikan Sumur Bor Presisi di Gunungkidul, Langkah Nyata Atasi Krisis Air

Sebarkan artikel ini

Peresmian Sumur Bor Polri Presisi di Gunungkidul, Langkah Nyata Atasi Krisis Air

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan Sumur Bor Polri Presisi di Dusun Sidorejo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan Sumur Bor Polri Presisi di Dusun Sidorejo (dok. Istimewa)

Headline.co.id, Gunungkidul ~ Upaya serius dalam mengatasi masalah kekurangan air di Gunungkidul, Yogyakarta, telah diambil dengan peresmian Sumur Bor Polri Presisi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kegiatan yang dilangsungkan hari ini di Dusun Sidorejo, Karangtengah, Wonosari ini merupakan bagian dari kerjasama antara Polda DIY dan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) DIY.

Kehadiran Kapolri di lokasi peresmian turut disertai oleh Gubernur DIY dan Sultan Jogja, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Kapolri menyampaikan, “Proyek ini diharapkan mampu meringankan beban masyarakat Gunungkidul yang selama ini menghadapi krisis air. Dengan 10 titik Sumur Bor yang tersebar di 8 kecamatan, kami berharap dapat membantu sekitar 6.647 warga yang terkena dampak.”

Pilihan redaksi:

Hingga saat ini, dua dari sepuluh sumur telah selesai dan beroperasi. Sumur pertama terletak di Masjid Al Barokah, Dusun Sidorejo, melayani kebutuhan 500 warga. Sumur kedua berada di Dusun Serpeng Kidul, Pacarejo, dengan 609 warga yang terbantu. Sementara itu, delapan sumur lainnya masih dalam proses pengerjaan, termasuk di Dusun Dengok 5, Plembutan Barat, Manggung, Sumberejo, Randusari, Tompak, Gebang, dan Temanggung. Masing-masing sumur ini diharapkan dapat membantu ratusan warga di sekitarnya.

Tidak hanya fokus pada penyediaan air bersih, kegiatan ini juga diisi dengan pemberian bantuan sosial. Polri menyalurkan 1.000 paket sembako dan menyelenggarakan bakti kesehatan dengan target 1.050 peserta. Selain itu, ada juga distribusi 550 paket bantuan kesehatan yang mencakup berbagai segmen masyarakat, termasuk lansia, balita, pencegahan stunting, hingga paket kesehatan umum.

Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi solusi jangka panjang untuk masalah kekurangan air di Gunungkidul dan sebagai bukti nyata komitmen Polri dalam membantu masyarakat. Dengan sinergi antara pemerintah daerah dan lembaga terkait, diharapkan kehidupan masyarakat di wilayah tersebut akan semakin baik dan sejahtera.

Terimakasih telah membaca Kapolri Resmikan Sumur Bor Presisi di Gunungkidul, Langkah Nyata Atasi Krisis Air semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Perawat di Bantul Ditemukan Meninggal dalam Kamar Mandi Rumah Sakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *