Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Transportasi

Kecelakaan KA Turangga: Ketua Komisi V DPR RI Lasarus Minta Evaluasi Menyeluruh

5474
×

Kecelakaan KA Turangga: Ketua Komisi V DPR RI Lasarus Minta Evaluasi Menyeluruh

Sebarkan artikel ini
Kecelakaan kereta api Turangga dengan KA lokal Bandung Raya di Cicalengka
Kecelakaan kereta api Turangga dengan KA lokal Bandung Raya di Cicalengka

Headline.co.id, Bandung – Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, menyoroti kecelakaan yang terjadi antara Kereta Api (KA) Turangga dengan KA lokal Bandung Raya di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat. Lasarus menyatakan kekhawatirannya terkait insiden tersebut dan menuntut dilakukannya evaluasi menyeluruh untuk menghindari kejadian serupa di masa mendatang.

Dalam keterangannya, Lasarus menyebut bahwa insiden tersebut terjadi di jalur kereta tunggal, di mana seharusnya pengaturan keberangkatan tidak seharusnya menimbulkan kecelakaan. “Harus dilakukan investigasi menyeluruh, ini kan jalur kereta kan single track, kan berarti pengaturan keberangkatan harusnya tidak perlu terjadi. Berarti kan ini ada kesalahan dalam pengaturan, besar kemungkinan ada human error, hari gini kok bisa miss,” ujarnya.

Baca juga: Sebut Bansos Dapat Lestarikan Kemiskinan, Wapres Ma’ruf Amin Dorong Transformasi dari Bansos ke Pemberdayaan Ekonomi

Lasarus juga menyoroti aspek komunikasi pengatur perjalanan Kereta Api (PPKA). Menurutnya, dengan teknologi dan perangkat komunikasi yang sudah lengkap, seharusnya kejadian semacam ini dapat dihindari. “Alat komunikasi sudah lengkap, teknologi dan seterusnya semua di kereta api setahu saya sudah lengkap,” tambahnya.

Poin penting yang ditekankan oleh Lasarus adalah perlunya memeriksa seluruh proses pengaturan keberangkatan kereta. Ia menilai aneh bahwa tidak ada informasi yang diberikan kepada masinis sepanjang perjalanan hingga terjadi tabrakan. “Jadi menurut saya ini kejadian yang sebenarnya agak tidak masuk akal kalau hari gini. Tapi buktinya itu terjadi,” ungkapnya.

Selain menyoroti KAI (Kereta Api Indonesia), Lasarus juga mendesak agar evaluasi mencakup tingkat Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Menurutnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya, harus segera mengambil langkah-langkah preventif agar insiden serupa tidak terulang di masa depan.

Baca juga: Jangan Sampai Salah! Begini Tata Cara Baru Pendaftaran Mahasiswa Baru di SNPMB 2024

“Dievaluasi juga semua orang KAI-nya juga dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian terkait perlu dievaluasi. Saya rasa Menteri Perhubungan harus mengambil langkah-langkah yang dipandang perlu ya terkait kejadian ini sehingga tidak terulang. Kami Komisi V waktu dekat akan melakukan rapat sekalian evaluasi mudik balik lebaran, sekalian kita bahas nanti tanggal 18 Januari,” tutup Lasarus.

Dengan pernyataan tegas ini, Lasarus berharap agar pihak terkait segera mengambil langkah-langkah konkret untuk memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api di masa mendatang.

Terimakasih telah membaca Kecelakaan KA Turangga: Ketua Komisi V DPR RI Lasarus Minta Evaluasi Menyeluruh semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Pemerintah Buka Lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024: Kesempatan Emas bagi Generasi Muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *