Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Politik

Bawaslu Sleman Perketat Pengawasan Logistik untuk Pemilu 2024 yang Lancar

2314
×

Bawaslu Sleman Perketat Pengawasan Logistik untuk Pemilu 2024 yang Lancar

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Pemilu
Ilustrasi Pemilu

Bawaslu Sleman Perketat Pengawasan Logistik untuk Pemilu 2024 yang Lancar ~ Headline.co.id (Sleman) ~ Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman tidak tinggal diam dalam memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024. Selain mengawasi proses kampanye, Bawaslu juga membentuk tim fasilitasi dan pengawasan logistik guna menjamin kelancaran proses pemungutan suara.

Baca juga: Lonjakan Pernikahan Dini di Kulon Progo: 64 Pasangan Ajukan Dispensasi Nikah

Arjuna Al Ichsan Siregar, Ketua Bawaslu Sleman, menekankan pentingnya pengawasan ini dalam sebuah acara publik yang fokus pada publikasi dan sosialisasi distribusi logistik Pemilu 2024 di Sleman pada hari Selasa.

“Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan bahwa tidak akan ada masalah signifikan selama proses pemungutan suara di semua tempat pemungutan suara dan agar berlangsung dengan lancar,” ungkap Siregar.

Ia menyoroti bahwa logistik Pemilu 2024 menjadi prioritas utama Bawaslu Sleman, terutama terkait kepatuhan dengan regulasi dalam proses pengadaan dan distribusinya.

Baca juga: Kejati DIY Libatkan Ahli IT Untuk Selidiki Kasus Mafia Tanah Kas Desa di Pakem

“Kami akan terus memantau distribusi logistik ini hingga ke semua tempat pemungutan suara di Sleman,” tegasnya.

Ahmad Sidiq Wiratama, Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Sleman, menjelaskan bahwa pengawasan melibatkan seluruh perjalanan logistik, mulai dari kedatangan hingga pengemasan dan distribusi ke tempat pemungutan suara.

“Di Sleman, terdapat 3.457 tempat pemungutan suara, termasuk 45 lokasi khusus, dengan total 849.062 pemilih terdaftar,” ungkapnya.

Baca juga: Cari Lapangan Mini Soccer? Ini Rekomendasi dan Harga Sewa Lapangan di Jogja

Wiratama membagikan informasi bahwa batch pertama logistik, berupa bilik suara, tiba di KPU Sleman pada 26 Oktober 2023, dikirim dari Gresik. KPU Sleman menerima 13.828 bilik suara, dan saat ini disimpan di gudang KPU Sleman yang berdampingan dengan kantor.

“Barang berada dalam kondisi baik,” tegasnya.

Logistik lain, seperti tinta, tiba pada 3 November 2023, dari penyedia yang berbasis di Jakarta Barat. “Kami menerima 6.914 tinta, semuanya dalam kondisi baik,” ungkap Wiratama.

Baca juga: Penunjukan Gibran Rakabuming Raka Sebagai Panglima Pemenangan, PKB DIY Nilai Menguntungkan Anies-Muhaimin

Selanjutnya, kotak suara diterima pada 4 dan 5 November 2023, dari penyedia di Sidoarjo, Jawa Timur. Meskipun awalnya ada kekurangan enam kotak, namun segera diminta, diterima, dan ditukar dengan yang rusak.

“Dari 17.313 kotak suara yang diterima, 17.117 dalam kondisi baik, dan 196 rusak,” ungkap Wiratama.

Ia menambahkan bahwa KPU Sleman juga telah menerima 89.882 segel plastik, sesuai dengan kebutuhan dan dalam kondisi baik. Barang-barang ini disimpan di gudang terpisah milik KPU di Jalan Sadewa, Sendangadi, Mlati.

Bawaslu Sleman juga melakukan pengawasan terhadap gudang KPU Sleman untuk memastikan aksesibilitasnya selama proses Pemilu 2024.

Baca juga: 28 November Memperingati Hari Apa? Ini Daftar Perayaan Nasional Hingga Mancanegara

“Gudang Mlati dilengkapi dengan 12 kamera CCTV, dilengkapi dengan alat pemadam api. Keamanan ditangani oleh keamanan internal KPU dan kepolisian. Gudang yang berdekatan dengan kantor KPU juga memiliki dua kamera CCTV,” terang Wiratama.

Dia menyimpulkan dengan menyatakan bahwa logistik kotak suara dan bilik suara telah dilapisi palet di bagian bawahnya untuk mencegah kerusakan akibat air, terutama mengingat musim hujan saat ini.

“Dengan musim hujan telah dimulai, Bawaslu Sleman juga mengawasi gudang KPU Sleman saat hujan deras,” tambah Wiratama.

Terimakasih telah membaca Bawaslu Sleman Perketat Pengawasan Logistik untuk Pemilu 2024 yang Lancar semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Tragedi di Balik Latihan Perguruan Silat: Murid SMP Tewas Setelah Hukuman dari Seniornya di Karanganyar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *