Lirik Teks Bacaan Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Lengkap Arab Latin dan Artinya ~ Headline.co.id (Jakarta, Bacaan Sholawat). Apa itu Nadhom Alfiyah? Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh masyarakat luas. Buat yang belum tau Nadhom Alfiyah merupakan sebuah lirik yang berasal dari kitab Alfiyah yang di ciptakan oleh Ibnu Malik atau yang memiliki nama lengkap Syekh Muhammad bin Abdullah bin Malik Al Andalusy.
Contents
- 0.1 You might also like
- 0.2 Mensos Gus Ipul: Pemerintah Pertimbangkan B.J. Habibie Jadi Pahlawan Nasional
- 0.3 BPKH dan MUI Perkuat Literasi Keuangan Haji Lewat 4.000 Dai Standar Nasional
- 1 Lirik Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Text Arab
- 2 Lirik Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Text Latin
- 3 Lirik Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Text Terjemahan
- 4 Mengenal Kitab Alfiyah
- 5 Video Sholawat Nadhom Alfiyah
Lirik Nadhom Alfiyah ini biasanya digunakan oleh para santri untuk mempermudah pemahaman dan menghafal kaidah-kaidah ilmu nahwu. Kitab Alfiyah karya Ibnu Malik ini merupakan kitab dasar yang biasanya dijadikan sebagai acuan dalam belajar ilmu nahwu di lingkungan pondok pesantren.
Baca juga: Lirik Sholawat Yasir Lana Lengkap Dengan Arti dan Maknanya
Kalau kita dengar dan simak dengan seksama dalam lirik atau text bacaan Nadhom Alfiyah Ibnu Malik ini nyaman untuk di dengar karena dalam liriknya memiliki struktur dan berirama. Hal tersebut juga membuat para santri di pondok pesantren lebih mudah membaca dan menghadal kaidah-kaidah ilmu nahwu.
Selain itu lirik text Nadhom Alfiyah Ibnu Malikini juga digunakan untuk melatih pemahaman dan struktur kalimat yang benar dalam Bahasa arab. Teks Nadhom Alfiyah Arab latin memiliki nilai estetika tersendiri dengan penyusunan lirik yang indah dan harmonis. Selain sebagai sarana pembelajaran, nadhom Alfiyah ini juga menjadi bagian dari tradisi budaya dan seni dalam dunia pesantren. Melalui nadhom Alfiyah, ilmu nahwu menjadi lebih hidup dan mudah dipahami oleh para pembaca.
Baca juga: Inilah Bacaan 2 Sholawat Nabi Untuk Amalan Pelancar Rezeki di Pagi Hari
Bahkan saat ini bacaan Nadhom Alfiyah Ibnu Malik ini juga dikenal dengan Sholawat Nadhom dan sudah menjadi lagu religi yang biasa kita dengar di media sosial seperti youtube, twitter (X), tiktok, Instagram dan juga facebook.
Berdasarkan pantauan Headline.co.id Sholawat Nadhom ini sudah banyak dibawakan oleh penyanyi religi seperti Nissa Sabyan, Mazro, Yusuf, Kuntriksi Ellail dan juga berbagai penyanyi religi lainnya. Bahkan di salah satu video dari penyanyi religi tersebut sudah di lihat dan didengar oleh lebih dari 14 juta penonton.
Berikut syair dalam nadhom alfiyah yang menceritakan isi kitab tersebut, sekaligus pujian pada Allah SWT serta Rasulullah SAW dan keluarganya yang sudah headline media rangkum lengkap dengan Arab, latin, dan terjemahannya.
Baca juga: Lirik Sholawat Nurul Musthofa Lengkap dengan Maknanya
Lirik Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Text Arab
قَالَ مُحَمَّدٌ هُوَ ابْنُ مَالِكِ أَحْمَدُ رَبِّ اللَّهَ خَيْرُ مَالِكِ. مُصَلِّيًّا عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى وَآلِهِ مِلِّ النَّاسِ شَرَفَهَا.
وَاِسْتَعِيْنُ اللَّهَ فِي الْأَلْفِيَّةِ مَقَاصِدٌ نَحْوِيَّةٌ بِهَا مَحْوِيَّةٌ. تُقَرِّبُ الْأَقْشَى بِلَفْظٍ مُجَازٍ وَتَبْسُطُ الْبَدْلَ بِوَعْدٍ مُنْجَزِيٍّ.
وَتَقْتَدِي رِضًا بِغَيْرِ سُخْطٍ فَإِقْطَعْ الْأَلْفِيَّةَ بَنِي مُعْثِّيٍّ. وَهُوَ بِسَبْقٍ حَائِزٍ تَفْضِيلٍ مُسْتَهْجِبٍ ثَنَائِيَّ الْجَمِيلَةِ. وَاللَّهُ يَقْضِي بِهِبَةٍ وَفِرُوحٍ لِوَلَاهُ فِي دَرَجَاتِ الْآخِرَةِ. كَلَامُنَا لَفْظٌ مُفِيدٌ كَاستَقِمْ وَصَمٌ وَفِعْلٌ ثُمَّ حَرْفُ الْكَلِمِ.
وَحِدُّهُ كَلِمَةٌ وَالْقَوْلُ عَمٌّ وَكِلْمَةٌ بِهَا كَلَمٌ قَدْ يُعَمِّ. بِالْجَرِّ وَالتَّنْوِيْنِ وَالنِّدَاءِ وَالْأَلِفِ وَمُسْنَدٍ لِلْإِسْمِ تَمْيِيزُ هَشَا. بِتَفْعَلْتِهِ وَآتَاوَ وَيَفْعَلِي وَنُوْنِ أَقْبِلَنَّ فِعْلٌ يَنْجَل
ِي. شِوَاءُ هُمَا حَرْفُ كَهَلٍ وَفِي اللَّمِ فِعْلٌ مُضَارِعٌ يَلِي لَمْ كَيَشَمِ. وَمَاضِيَّ الْأَفْعَالِ بِتَمِيْزٍ وَشِمٍ بِنُونِ فِعْلِ الْأَمْرِ إِنْ أَمْرٌ فَهِمْ.
وَالْأَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِنُونِ مَحَلٌ فِيهِ هُوَ سَمٌ نَحْفٌ شَهْوَى وَحَيَاةَلْ. وَالْإِسْمُ مِنْهُ مُعَرَّبٌ وَمَبْنِيٌّ لِصَبَاحٍ مِنَ الْحُرُوْفِ مُضَانِي. كَصَبَاحِ الْوَضْعِ فِي سَمَاءٍ وَسُمَّا. وَفِعْلٌ أَمْضَى وَمُدَّةٌ بُنِيَ وَأَعْرُبُوا مُضَارِعًا إِنْ عَمْرٌ فُهِمْ.
وَالْعَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِنُونِ مَحَلٌ فِيهِ هُوَسْمٌ نَحْوٌ شَهِيدٌ كَيَرُوعُنَ مَنْ فُطِنْ.
وَكُلُّ حَرْفٍ مُسْتَحِقٌّ لِلْبِنَاءِ وَالْأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِّ أَنْ يُسَكَّنَ. وَمِنْهُ ذُو فَتْحٍ وَذُو كَسْرٍ وَضَمٍ كَآيِنٍ أَمْسِيْ هَيْشُ وَسَمَّا. وَمَضِيَّ الْأَفْعَالِ بِتَمِيْزٍ وَشِمٍ بِنُونِ فِعْلِ الْأَمْرِ إِنْ أَمْرٌ فُهِمْ.
وَالْأَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِنُونِ مَحَلٌ فِيهِ هُوَ سَمٌ نَحْوٌ ش
َهْوَى وَحَيَاةَلْ. وَالْإِسْمُ مِنْهُ مُعَرَّبٌ وَمَبْنِيٌّ لِصَبَاحٍ مِنَ الْحُرُوْفِ مُضَانِي. كَصَبَاحِ الْوَضْعِ فِي سَمَاءٍ وَسُمَّا. وَفِعْلٌ أَمْضَى وَمُدَّةٌ بُنِيَ وَأَعْرُبُوا مُضَارِعًا إِنْ عَمْرٌ فُهِمْ.
وَالْعَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِنُونِ مَحَلٌ فِيهِ هُوَ سَمٌ نَحْوٌ شَهِيدٌ كَيَرُوعُنَ مَنْ فُطِنْ.
وَكُلُّ حَرْفٍ مُسْتَحِقٌّ لِلْبِنَاءِ وَالْأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِّ أَنْ يُسَكَّنَ. وَمِنْهُ ذُو فَتْحٍ وَذُو كَسْرٍ وَضَمٍ كَآيِنٍ أَمْسِيْ هَيْشُ وَسَمَّا. وَمَضِيَّ الْأَفْعَالِ بِتَمِيْزٍ وَشِمٍ بِنُونِ فِعْلِ الْأَمْرِ إِنْ أَمْرٌ فُهِمْ.
وَالْأَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِنُونِ مَحَلٌ فِيهِ هُوَ سَمٌ نَحْوٌ شَهْوَى وَحَيَاةَلْ. وَالْإِسْمُ مِنْهُ مُعَرَّبٌ وَمَبْنِيٌّ لِصَبَاحٍ مِنَ الْحُرُوْفِ مُضَانِي. كَصَبَاحِ الْوَضْعِ فِي سَمَاءٍ وَسُمَّا. وَفِعْلٌ أَمْضَى وَمُدَّةٌ بُنِيَ وَأَعْرُبُوا مُضَارِعًا إِنْ عَمْرٌ فُهِمْ.
وَنُنُّمَا ت
َحَقَّقَ الْمَوْضِعُ لِلْفَاعِلِ وَالْمَفْعُوْلِ فِي سَيَّدٍ وَمَدْحٍ وَقَصَدِيٍّ. وَالْبَابُ مِنَ الشَّهِيدِ وَالْمَجْهُوْلِ وَالصَّمَّةِ الْجَامِعِ لِكُلِّ بَابِيٍّ. وَإِنْ رَجَعَا الصَّحِيحَيْنِ إِلَى أَحَدَيْنِ فَالصَّحِيحُ مِنْهُمَا كَيُسَّرِعْ وَأَدَبِيٍّ.
Baca juga: Lirik Sholawat Turi Turi Putih – Habib Syech dan Makna di Dalamnya
Lirik Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Text Latin
Qola Muhammadun Huwabnu Maliki AhMadu Robbillaha Khoiro Maliki. Musholliyan Alannabiyyil Musthofa Wa alihil Mustak MilinNas sharofha.
Wa Asta’inulloha Fil Alfiyyah Maqoshidun Nahwi Biha Mahwiyyah. Tuqorribul Aqsho Bi Lafdin Mujazi Wa Tabsutul Badla Bi wa’din Munjazi.
Wa taqtadi Ridhon Bi Ghoiri Sukhtin Fa Iqotan Alfiyyatabni Mu’thii. Wahwa Bi sabqin Ha’izun Tafdhila Musthaujibun Tsana’iyyal Jamila. Wallahhu Yaqdhi Bi Hibatin Wafirooh Liwalahu Fi Darojatil Akhirooh. Kalamuna Lafdhun Mufidun Kastaqim Wasmun Wa fi’lun Tsumma Harfunil Kalim.
Wa Hiduhu Kalimatun Wal Qoulu ‘am Wa Kilmatun Biha Kalamun Qod Yu’am. Bil jarri Wattanwini Wannida’ Wa ‘Al Wa Musnadhin Lil Ismi Tamyiizu Hashol.
Bita Fa’alta Wa Atat Wa yaf’ali Wa nuni Aqbilanna Fi’lun Yanjali. Shiwa Huma Harfu Kahal Wafi Walam Fi’lun Mudhori’un Yali Lam Kayasham. Wa Madiyyal Af’ali Bittamiz Washim Binnuni Fi’lal Amri In Amrun Fuhim.
Wal Amru inlam Yaku Linnuni Mahal Fiihi HuwasMun Nahfu Shoh Wa Haiyyahal.
Wal Ismu Minhu Mu’robun Wal Mabnii Li Tsabahin Minal Hurufi Mudhani. Kassabahil Wad’iyyi Fismai Ji’tana Wal Ma’nawiyyi Fi Mata Wafi Hunaa.
Wa Kaniyyabatin Anil Fi’li Bilaa Ta Assurin Wa Kaftiqoorin Usshila. Wa Mu’robul Asma’imaa Qod Salima Min Syabahin Harfi Ka Ardhin Wasuma. Wa Fi’lu Amrin Wa Mudiyyin Buniya Wa A’robuu Mudhori’an In ‘ariyya.
Min Nuni Taukidhin Mubashirin Wa Min Nuni Inashin Kayaru’na Man Futin.
Wa Kullu Harfin Mustahiqqun lil Bina Wal Aslu Fil Mabniyyi An Yusakkana. Wa Minhu Dzu fathin Wa dzu kasrin wadhom Ka Aina Amsi Haishu Wassakinu Kam.
Warrof’A Wannash’baj ‘alan i’roba Lismin Wa Fi’lin Nahwu Lan Atabaaa.
Wal Ismu Qod Khussisho Bil Jarri Kama Qod khusshisho Fi’lu Bi An yanjaziimaa.
Farfa’ Bidhoma Wan Shiban Fathan Wa jur Kasron Kadzikrullohi Abdahuu Yasuur. Wajzim Bi Taskinin Wa ghoiruma Dhukir Yanubu Nahwuja Akhu Bani Namiiir.
Warfa’ Bi Wawin Wanshibanna Bil Alif Wajruur Biya’inMaa Minal asma Ashif.
Min Dakha Dzu Inshuhbatan Abaana Wal Famu Haitsul Mimu Minhu Bana.
Abun’ Akhun’ Hamun’Kadhaka Wa ‘Hanu Wannaqshu Fi Hadhal Akhiri Ahsanuu. Wafii Abin Wata Liyaiihi Yandhuru Wa Qosruha Min Naqsihinna Asharuu.
Wa Syarthu Dzal I’robi An Yudho’nala Lil ya kaja Akhu Abiika Dza’tilaa.
Bil Alifir fa’il Mutsanna WakilaIdza Bi Mudmariin Mudhofan Wu silaa. Kilta Kadha Isnani Wastnani Kabnaiini Wabnataini Yajriyaani. Wa takhluful Yafi Jami’ihal Alif Jarron Wa Nashban Ba’da fathin Qot Ulif.
Warfa’ biwawin Wa biyajruur Wa’ashibi Salima Jam’i ‘amirin Wa Mudhnibi. Wa shibhi Dhaini Wa bihi ‘ishruuna Wa Babuhu Ulhiqo Wal Ahluuna.
Uluu Wa a’lamuna ‘illiyyuna Wa Ardhuna Shadza Was Sinuuuna. Wa Babuhuu Wa Mitsla Hinin Qod Yarid Dzal Babu Wahwa ‘inda Qoumin Yathorid. Wa Nuna Majmu’un Wama Bihil Tahaq Faftah Wa Qola Man Bikatsiri Nathook.
Wa shibhi Dhaini Wa bihi ‘ishruuna Wa Babuhu Ulhiqo Wal Ahluuna.
Uluu Wa a’lamuna ‘illiyyuna Wa Ardhuna Shadza Was Sinuuuna. Wa Babuhuu Wa Mitsla Hinin Qod Yarid Dzal Babu Wahwa ‘inda Qoumin Yathorid. Wa Nuna Majmu’un Wama Bihil Tahaq Faftah Wa Qola Man Bikatsiri Nathook.
Wa Nunumaa Tsunniya Wal Mulhaqi Bih Bi aksi Dhakas Ta’Maluhu Fantabiih.
Wama Bita Wa Alifin Qod Jumi’a Yuksaru Fil jarri Wa finnashbi Ma’a. Kadha Ulaatu Wal ladhis Man Qod Ju’il Kha’adri ‘atin Fiihidha Aidhon Qubiil. Wa juro bil Fathati Maa la yanshorib Ma lam Yudhof Auyaku Ba’dha Al’Rodhif.
Waj’al Linahwi yaf’alaani Nunaa Rof’an Wa Tad’ina WaTas aluuna.
Wa hadzfuha Lil Jazmi Wannashbi Simah Kalam Takuni Li taruumi Madhlamah. Wa Sammi Mu’talan Minal Asma’i Ma Kal Musthofa Wal Murtaqo Makarima.
Fal Awwalul I’robu Fihi Quddiro Jami’uhuuWahwal Ladhi Qod Qushiro.
Wassani Manqushun Wa Nasbuhu Dhohar Wa Rof’uhu Yunwa Kadha Aidhon Yujar.
Wa Aiyyu fi’lin Akhirun Minhu Alif Au Wawun-Au Ya’un Fa Mu’tallan ‘urif. Fal Alifan wi Fihi Ghoirol Jazmi Wa Abdhi Nasbha Ma Kayad’u Yarmi.
Warrof’a Fihiman Wi Wahdhif Jazima Tsalatahunna Taqdhi Hukma Lazima.
Nakhirotun qobilatun Almu’ashiroaw waakiun mawkiyamah qod Dukkiro.
Waghoiruhu makrifatan kahum wadzi wahinda mabni wal ghulami wal ladzi. Fammalidzi wa ghoibaati aw hudurila anta wahwa sammi bid dhoomiirii.
Baca juga: Lirik Sholawat Mughrom Qolbi Bihubbika Mughrom Viral di Tiktok
Lirik Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Text Terjemahan
Muhammad Ibnu Malik berkata: Aku memuji kepada Allah Tuhanku sebaik-baiknya Dzat Yang Maha Memiliki
Dengan bersholawat atas Nabi terpilih dan atas keluarganya yang mencapai derajat kemuliaan
Juga aku memohon kepada Allah untuk kitab Alfiyah, yang dengannya dapat mencakup seluruh materi Ilmu Nahwu
Mendekatkan pengertian yang jauh dengan lafadz yang ringkas serta dapat menjabar perihal detail dengan janji yang cepat. (waktu yg singkat)
Baca juga: Keajaiban Ayat Seribu Dinar: Rahasia Doa Pendek yang Memimpin Umat Muslim Menuju Rezeki Berlimpah
Kitab ini mudah menuntut kerelaan tanpa kemarahan, melebihi kitab Alfiyahnya Ibnu Mu’thi
Beliau lebih memperoleh keutamaan karena lebih awal. Beliau behak atas sanjunganku yang indah.
Semoga Allah menetapkan karunianya yang luas untukku dan untuk beliau pada derajat-derajat tinggi akhirat
Kalam (menurut) kami (Ulama Nahwu) adalah lafadz yang memberi pengertian. Seperti lafadz “Istaqim!”. Isim, Fi’il dan Huruf adalah (tiga personil) dinamakan Kalim.
Tiap satu dari (personil Kalim) dinamakan Kalimat. Adapun Qaul adalah umum. Dan dengan menyebut Kalimat terkadang dimaksudkan adalah Kalam.
Baca juga: Lirik Sholawat Ya Rosulallah Salamun Alaik Lengkap Arab Latin dan Artinya
Dengan sebab Jar, Tanwin, Nida’, Al, dan Musnad, tanda pembeda untuk Kalimat Isim menjadi berhasil.
Selain keduanya (ciri Kalimah Isim dan ciri Kalimah Fi’il) dinamakan Kalimah Huruf, seperti lafadz Hal, Fi, dan Lam. Ciri Fi’il Mudhori’ adalah dapat mengiringi Lam, seperti lafadz Lam Yasyam.
Dan untuk ciri Fi’il Madhi, bedakanlah olehmu! dengan tanda Ta’. Dan namakanlah! Fi’il Amar dengan tanda Nun Tauqid (sebagi cirinya) apabila Kalimah itu dipahami sebagai kata perintah.
Kata perintah jika tidak dapat menerima tempat untuk Nun Taukid, maka kata perintah tersebut dikategorikan Isim, seperti Shah! dan Hayyahal!
Diantara Kalimat Isim ada yang Mu’rab, dan ada juga yang Mabni karena keserupaan dengan kalimah Huruf secara mendekati
Seperti keserupaan bangsa wadh’iy didalam contoh dua Isimnya lafadz Ji’tana. Dan keserupaan bangsa Ma’nawiy di dalam contoh “Mata” dan “Huna”
Baca juga: Text Bacaan Sholawat Munfarijah Arab Latin dan Artinya Lengkap Khasiat Keutamaan
Dan keserupaan bangsa “Niyabah” pengganti dari Fi’il tanpa pembekasan I’rob (Isim Fi’il). Dan keserupaan bangsa “Iftiqoriy” kebutuhan yang dimustikan (Isin Maushul, membutuhkan shilah)
Adapun Mu’rabnya Kalimah-kalimah Isim, adalah Kalimah yang selamat dari keserupaan dengan Kalimah Huruf, seperti contoh Ardhin dan Suman.
Fi’il Amar dan Fi’il Madhi, keduanya dihukumi Mabni. Dan mereka Ulama Nahwu sama menghukumi Mu’rab terhadap Fi’il Mudhori’ jika sepi…..
Dari Nun Taukid yang mubasyaroh (bertemu langsung) dan Nun jamak mu’annats, seperti lafadz: Yaru’na Man Futin.
Semua Kalimah Huruf menghaki terhadap Mabni, dan asal tanda kemabniannya dihukumi Sukun
Baca juga: Lirik Sholawat Burdah Lengkap Arab Latin dan Artinya
Mengenal Kitab Alfiyah
Dalam dunia pendidikan pesantren, Kitab Alfiyah Ibnu Malik menjadi salah satu landasan penting dalam pembelajaran ilmu nahwu. Kitab ini, yang pertama kali muncul pada abad ke-13, ditulis oleh Ibnu Malik, seorang ahli bahasa Arab kelahiran Jaén, Spanyol, yang wafat pada tahun 672 H atau 22 Februari 1274 M. Meskipun tidak sepopuler Al-Qur’an, Alfiyah Ibnu Malik memiliki posisi yang sangat penting, terutama dalam konteks pembelajaran ilmu nahwu.
Baca juga: Lirik Sholawat Mughrom Lengkap Arab Latin Dan Terjemahan
Dalam upaya memahami dan mendalami isi Kitab Alfiyah Ibnu Malik, para siswa pesantren memasuki tingkat nadzam Imrithi setelah mempelajari Jurumiyah sebagai dasar belajar nahwu. Kitab ini bukan hanya sekadar bahan pelajaran, melainkan bagian tak terpisahkan dari pembelajaran ilmu nahwu di pondok pesantren. Dalam kelas-kelas akhir, setelah memahami dasar-dasar ilmu nahwu, siswa pesantren melibatkan diri dalam kajian mendalam terhadap Alfiyah Ibnu Malik.
Salah satu cara mempermudah pemahaman isi kitab ini adalah melalui nadhom Alfiyah Arab, sebuah rangkaian lirik yang sebenarnya berasal dari kitab Alfiyah. Lirik ini, meskipun bukan kalimat sholawat, diambil untuk memfasilitasi pemahaman makna yang sulit dalam kitab tersebut. Mengutip dari buku berjudul “Terjemah Alfiyah Ibnu Malik dan Penjelasannya” yang disusun oleh Bahrudin Fuad (Mobile Santri), nadhom Alfiyah menjadi pintu gerbang untuk memahami kaidah-kaidah ilmu nahwu dengan lebih mudah.
Baca juga: Lirik Sholawat Natawassal Bil Hubabah Arab Latin Terjemahan Serta Maknanya
Dalam konteks pengajaran di pesantren, nadhom Alfiyah tidak hanya menjadi sarana penghafalan kaidah-kaidah ilmu nahwu tetapi juga sebuah seni tersendiri dalam penyusunan lirik. Siswa-siswa melatih pemahaman dan penggunaan struktur kalimat yang benar dalam bahasa Arab melalui pengulangan lirik nadhom ini. Keindahan liriknya membuatnya lebih mudah diingat dan diresapi oleh para pembaca, menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam.
Para ustadz atau pengajar dalam pesantren tidak hanya mengajar Alfiyah Ibnu Malik, tetapi juga secara mendalam mengkaji setiap bait lirik nadhom. Mereka membandingkan penjelasan yang terdapat dalam berbagai kitab syarah Alfiyah, membantu para siswa memahami lebih baik kandungan kitab tersebut dan memperdalam pemahaman mereka terhadap ilmu nahwu. Dengan demikian, nadhom Alfiyah tidak hanya menjadi alat pembelajaran, tetapi juga jendela menuju kedalaman ilmu nahwu yang melibatkan pemahaman, pengulangan, dan kajian mendalam.
Baca juga: Bacaan Sholawat Syifa Arab Latin dan Artinya Lengkap Dengan Keutamaan Sholawat Penyembuh Penyakit
Video Sholawat Nadhom Alfiyah
Terimakasih telah membaca Lirik Teks Bacaan Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Lengkap Arab Latin dan Artinya semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.
Baca juga: Viral di Tiktok! Ini Lirik Sholawat Adfaita Lengkap Arab Latin dan Artinya























