Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerahEkonomi

Lama Mangkrak Bukas Lahan Magelang Theater Akan Dibangun Hotel dan Mal

25
×

Lama Mangkrak Bukas Lahan Magelang Theater Akan Dibangun Hotel dan Mal

Sebarkan artikel ini
Gedung Eks Magelang Theater akan dirancang lima belas lantai
Gedung Eks Magelang Theater akan dirancang lima belas lantai

Headline.co.id (Magelang) ~ Setelah terbengkalai selama bertahun-tahun, lahan bekas gedung Magelang Theater (MT) dan Tidar Theater di Alun-alun Timur Kota Magelang akhirnya mendapat perhatian yang pantas. Wali Kota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz, telah memberikan kepercayaan kepada investor PT Grha Karya Investama Jakarta untuk melanjutkan rencana pembangunan yang melibatkan mal, hotel, dan apartemen di atas lahan seluas 28.478 meter persegi.

Baca juga: Digitalisasi UMKM: Temu Bisnis UMKM dengan Mbizmarket Membuka Peluang Baru di Sleman

Keputusan unik yang diambil oleh Wali Kota ini adalah tetap melanjutkan kesepakatan dengan investor yang sama, PT Grha Karya Investama Jakarta, yang sebelumnya telah memulai proyek ini di masa jabatan Wali Kota sebelumnya, Sigit Widyonindito. Dr. Aziz memberikan alasan dibalik keputusannya ini dengan penuh keyakinan, “Sebagai seorang wali kota, saya bertekad untuk melanjutkan program yang baik dari wali kota sebelumnya,” ucapnya sambil tersenyum.

Dalam perkembangan terbaru, Dr. Aziz mengungkapkan bahwa ada kemungkinan desain gedung akan mengalami perubahan, namun hal tersebut tidak akan merubah kesepakatan yang telah ada sebelumnya. “Selama tidak ada perubahan pada klausul kesepakatan yang lalu, kita tidak akan melakukan perubahan,” tegasnya.

Baca juga: Ketua MK Anwar Usman Klarifikasi Bocornya Putusan Batas Usia Capres dan Cawapres

Investor masih berkomitmen untuk membangun gedung setinggi 15 lantai, di mana salah satu lantainya nantinya akan digunakan sebagai Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Magelang. Namun, Dr. Aziz belum memastikan kebutuhan apa yang akan ditempatkan di lantai tersebut, “Kita akan pertimbangkan kembali, apakah MPP akan dipindah ke sana (gedung bekas MT), atau perpustakaan akan diperbesar, atau tetap di gedung sekarang (Gedung Kyai Sepanjang) dan digunakan untuk pelayanan yang lain. Pemerintah masih memberikan satu lantai bagi kita,” jelasnya.

Selama ini, MPP Kota Magelang telah beroperasi di Gedung Kyai Sepanjang, yang sebelumnya digunakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang. Sebagai langkah awal, investor telah memasang pagar di sekitar lahan bekas MT dan Tidar Theater.

Baca juga: Diperkuat Bintang Muda Barcelona dan Real Madrid, Ini susunan Pemain Timnas Spanyol di Piala Dunia U-17

Sebelumnya, pada tanggal 21 Juli 2020, Pemkot Magelang dan PT Grha Karya Investama telah menandatangani perjanjian kerjasama mengenai pemanfaatan tanah gedung bekas MT. Pada tanggal 12 Februari 2021, acara peresmian lahan telah dilaksanakan, dan nilai investasi gedung ini diumumkan mencapai Rp 200 miliar. Proyek ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi perkembangan Kota Magelang, dan kami akan terus memantau perkembangannya ke depan. Dengan langkah ini, Alun-alun Timur Kota Magelang akan kembali bergairah dan mendukung pertumbuhan kota ini.

Baca juga: Mengungkap Keindahan Tersembunyi Curug Surodipo di Temanggung, Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *