Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerahEkonomi

Digitalisasi UMKM: Temu Bisnis UMKM dengan Mbizmarket Membuka Peluang Baru di Sleman

13
×

Digitalisasi UMKM: Temu Bisnis UMKM dengan Mbizmarket Membuka Peluang Baru di Sleman

Sebarkan artikel ini
Temu Bisnis UMKM dengan Mbizmarket diselenggarakan di Sleman
Temu Bisnis UMKM dengan Mbizmarket diselenggarakan di Sleman pada Jumat (3/11/2033) di area Pendopo Parasamya. - Istimewa

Headline.co.id (Sleman, 4 November 2033) ~ Semakin berkembangnya teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia bisnis. Kali ini, sebuah acara bernama “Temu Bisnis UMKM dengan Mbizmarket” diselenggarakan di Kabupaten Sleman, Jumat (3/11/2033), sebagai upaya untuk membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memasuki dunia digital dengan Mbizmarket sebagai platform utamanya.

Baca juga: Ini Jawaban Anwar Usman Usai Dua Kali Diperiksa MKMK Soal Etika dan Batas Usia Capres-Cawapres

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengekspresikan apresiasi terhadap inisiatif tersebut. Ia melihat Temu Bisnis UMKM dengan Mbizmarket sebagai langkah yang sangat penting dalam mendukung UMKM. Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya berfungsi sebagai jembatan untuk memperluas pasar bagi UMKM tetapi juga sebagai sarana untuk memperkenalkan produk-produk UMKM kepada masyarakat yang lebih luas.

Lebih lanjut, Danang Maharsa menekankan bahwa kegiatan ini akan memberikan wawasan dan pengetahuan kepada UMKM tentang proses pengadaan barang dan jasa melalui platform online. Hal ini akan membantu mereka dalam berpartisipasi dalam pengadaan langsung dan tidak hanya berlaku bagi masyarakat umum tetapi juga pemerintah setempat.

Baca juga: Dalih Pengobatan Ambeien, Dukun Asal Sulawesi Tenggara Hamili Mahasiswi 19 Tahun

“Kami berharap setelah kegiatan ini, penggunaan produk dalam negeri, terutama produk lokal UMKM, dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui Mbizmarket akan meningkat secara signifikan. Ini akan mencakup nilai transaksi yang lebih besar, variasi produk yang lebih banyak, serta kerjasama yang lebih kuat antara UMKM dan pemerintah,” ujar Danang Maharsa.

Ketua Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Sleman, Mae Rusmi, menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk menghubungkan penyedia Mbiz dengan calon pembeli, khususnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sleman. Dengan adanya Mbizmarket, diharapkan transaksi online untuk produk-produk UMKM akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Baca juga: IWPG Desak Gencatan Senjata Segera dalam Konflik Israel-Hamas

“Saat ini, sudah ada 954 penyedia yang bergabung dalam Mbiz, sebuah angka yang luar biasa. Kami berharap keberadaan Mbizmarket akan membantu pembeli, termasuk OPD, untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih efisien,” tambah Mae Rusmi.

Saat ini, di Sleman, terdapat potensi yang besar dengan 109.673 unit UMKM, dimana 25.272 di antaranya bergerak di sektor makanan dan minuman. Mae Rusmi berharap bahwa “Temu Bisnis UMKM dengan Mbizmarket” dapat berfungsi sebagai wadah untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, dan meningkatkan kualitas produk, dengan tujuan akhirnya memajukan UMKM di Sleman.

Dengan semakin meluasnya akses dan penggunaan Mbizmarket, para pelaku UMKM di Sleman akan semakin siap menghadapi tantangan di era digital ini. Pemerintah setempat dan para pelaku usaha telah memulai langkah besar untuk menjembatani kesenjangan digital dan mendukung pertumbuhan UMKM di masa depan.

Baca juga: Wakapolda DIY Apresiasi Peran Masyarakat dan Polisi RW dalam Keberhasilan Penggerebekan Rumah Produksi Narkoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *