Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerah

Intip! Ini Jadwal dan rangkaian acara Haul Solo 2023

8439
×

Intip! Ini Jadwal dan rangkaian acara Haul Solo 2023

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Gambar Masjid
Ilustrasi Gambar Masjid

Intip! Ini Jadwal dan rangkaian acara Haul Solo 2023 ~ Headline.co.id (Solo). Jadwal dan rangkaian acara Haul Solo 2023, yang diselenggarakan di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, menjadi sorotan utama dan dinanti-nantikan oleh masyarakat setempat dan dari berbagai daerah di Indonesia. Acara ini bertujuan untuk memperingati Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke-112, seorang tokoh agama yang mendapat tempat terhormat di hati setiap orang.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Bandara Kertajati – Denpasar Bali Cuma Rp600 Ribuan: Diskon Menteri Perhubungan

Acara Haul Solo, yang dimulai pada Rabu, 1 November 2023, akan berlangsung hingga Minggu, 5 November 2023. Haul Solo merupakan sebuah momen bersejarah di mana jemaah berkumpul untuk mengenang dan merayakan kehidupan serta warisan spiritual yang ditinggalkan oleh Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.

Habib Ali, pada usia 68 tahun, dikenal sebagai seorang tokoh agama yang begitu dihormati dan menjadi pusat perhatian selama hidupnya. Salah satu karya monumental beliau adalah kitab maulid yang terkenal dengan nama Simtud Durar. Kitab ini hingga kini masih banyak dibaca di berbagai tempat, termasuk Hadramaut, Indonesia, dan Afrika. Habib Ali mengarang kitab ini pada Kamis, 26 Shafar 1327 dan menyempurnakannya pada 10 Rabiul Awal 1327 Hijriah.

Baca juga: Sidang Dugaan Pelanggaran Kode Etik Ketua MK Anwar Usman Digelar Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi

Jemaah dari berbagai daerah di Indonesia menghadiri Haul Solo, mengikuti penelitian yang diterbitkan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Habib Alwi, anak dari Habib Ali, adalah orang yang pertama kali menyelenggarakan Haul Solo, menjadikan acara ini semakin berharga.

Rangkaian acara Haul Solo 2023 meliputi:

1. Rauhah (1-3 November 2023) setelah Asar Haul Solo akan dimulai dengan rangkaian kegiatan rauhah yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 3 November 2023, sesaat setelah salat asar. Rauhah adalah waktu di mana jemaah berkumpul untuk berzikir, berdoa, dan merenungkan kebesaran Allah SWT, sambil mengenang Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Ini adalah saat yang penuh ketenangan di mana jemaah mencari kedamaian batin dan mendekatkan diri kepada Allah.

Baca juga: Kapolres Gunungkidul Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan 10 Pejabat Kunci

2. Haul (4 November 2023) pukul 09.00 WIB Puncak perayaan Haul Solo akan berlangsung pada 4 November 2023, di mana ribuan jemaah berkumpul di Masjid Riyadh untuk mengenang dan merayakan kehidupan serta warisan spiritual yang ditinggalkan oleh Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Dalam acara ini, akan diadakan berbagai kegiatan seperti pembacaan doa, khutbah, dan pengajian agama yang dipimpin oleh ulama terkemuka.

Baca juga: Angka Fatalitas Kecelakaan Meningkat, Kapolres Gunungkidul Himbau Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

3. Maulid (5 November 2023) setelah Subuh Jadwal dan rangkaian acara Haul Solo 2023 ditutup dengan Maulid pada 5 November 2023, setelah salat subuh. Maulid adalah saat di mana jemaah membaca dan merenungkan kisah dan kehidupan Nabi Muhammad SAW, yang merupakan sumber inspirasi utama bagi Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Maulid adalah bentuk penghormatan kepada Nabi dan cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Haul Solo 2023 merupakan acara bersejarah yang tidak hanya memperingati tokoh agama, tetapi juga menjadi ajang kebersamaan, keagamaan, dan refleksi bagi jemaah yang hadir. Dengan jadwal dan rangkaian acara yang penuh makna, Haul Solo akan terus menjadi momen bersejarah yang dinantikan setiap tahun oleh masyarakat Solo dan sekitarnya.

Baca juga: Ini Alasan Jokowi Tunjuk Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *