Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaNasional

Ini Alasan Jokowi Tunjuk Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

142129
×

Ini Alasan Jokowi Tunjuk Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo mengungkap alasan menunjuk Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI meskipun baru beberapa hari menjabat Kepala Staf Angkatan Darat
Presiden Joko Widodo mengungkap alasan menunjuk Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI meskipun baru beberapa hari menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Ini Alasan Jokowi Tunjuk Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI ~ Headline.co.id (Balikpapan). Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini mengungkapkan alasan kuat di balik keputusannya untuk menunjuk Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI, meskipun Agus baru beberapa hari menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Keputusan ini memicu perhatian dan perdebatan di kalangan analis militer dan masyarakat.

Baca juga: Angka Fatalitas Kecelakaan Meningkat, Kapolres Gunungkidul Himbau Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

Jokowi mempertimbangkan pengalaman serta kemampuan Agus Subiyanto dalam kepemimpinan militer sebagai faktor utama dalam penunjukan ini. Menurutnya, Agus telah membuktikan dirinya sebagai seorang pemimpin yang mampu mengemban tanggung jawab di berbagai posisi penting dalam TNI.

“Beliau kan Wakasad, kemudian menjadi KSAD, tetapi kalau melihat jam terbangnya saya kira di teritorial, kemudian di administratif, akademis, semuanya memenuhi semuanya,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi telah mengirimkan nama Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sejak beberapa pekan yang lalu. Pelantikan Agus sebagai Panglima TNI akan menunggu proses uji kelayakan dan kepatutan yang akan dilakukan oleh DPR.

Baca juga: Kapolres Gunungkidul Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan 10 Pejabat Kunci

Jokowi juga mengungkapkan bahwa saat ini ia belum mencari pengganti Agus Subiyanto di posisi KSAD. Ia ingin menunggu proses pergantian Panglima TNI di DPR berlangsung terlebih dahulu sebelum melakukan penunjukan tersebut.

“Ini kan memperoleh persetujuan dari DPR terlebih dahulu, baru setelah ada persetujuan baru kita berpikir KSAD yang baru,” ungkapnya.

Pengajuan nama Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI baru ini sebelumnya telah diungkapkan dalam sebuah surat resmi dari Presiden Jokowi kepada DPR. Pengumuman ini disampaikan mendekati masa pensiun Panglima TNI sebelumnya, Laksamana Yudo Margono.

Baca juga: Data Terbaru: Tren Kecelakaan Lalu Lintas di Gunungkidul Menurun Namun Korban Jiwa Meningkat

Munculnya nama Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI baru telah memunculkan sejumlah spekulasi tentang siapa yang akan menggantikan posisinya sebagai KSAD. Banyak nama calon potensial yang mencuat, baik dari generasi Akmil 90-an maupun dari generasi alumni Akmil 1989 yang dianggap memiliki senioritas dan kapabilitas.

Pengamat militer dan pertahanan dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi, memprediksi bahwa bursa pencalonan KSAD akan diwarnai oleh nama-nama yang populer saat ini. Beberapa di antaranya adalah Letjen Teguh Pudjo Rumekso, Letjen I Nyoman Cantiasa, dan Letjen Maruli Simanjuntak.

Baca juga: Sidang Dugaan Pelanggaran Kode Etik Ketua MK Anwar Usman Digelar Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi

Selain itu, ia juga menyoroti sejumlah nama lain dari generasi alumni Akmil 1989 yang dianggapnya layak dan berpengalaman, seperti Letjen Eko Margiyono, Letjen Teguh Muji Angkasa, Letjen Rudianto, dan Letjen Suharyanto.

Pengumuman resmi mengenai pengganti Jenderal Agus Subiyanto di posisi KSAD dan hasil uji kelayakan serta kepatutan calon Panglima TNI akan menjadi perhatian utama dalam beberapa waktu ke depan. Masyarakat dan pihak-pihak terkait akan terus mengikuti perkembangan ini dengan cermat.

Terimakasih telah membaca Ini Alasan Jokowi Tunjuk Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Bandara Kertajati – Denpasar Bali Cuma Rp600 Ribuan: Diskon Menteri Perhubungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *