Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Berita

Gempa Bumi Mengguncang Herat, Afghanistan, Menewaskan Sedikitnya 120 Orang

8741
×

Gempa Bumi Mengguncang Herat, Afghanistan, Menewaskan Sedikitnya 120 Orang

Sebarkan artikel ini
Gempa bumi mengguncang Herat dan provinsi-provinsi lainnya di Afghanistan barat
Gempa bumi mengguncang Herat dan provinsi-provinsi lainnya di Afghanistan barat, mengakibatkan sedikitnya 120 orang tewas dan sekitar 1.000 lainnya luka-luka, dengan kemungkinan jumlah korban bertambah. (Xinhua)

Headline.co.id (Herat, Afghanistan) ~ Gempa bumi dahsyat dengan magnitudo 6,2 mengguncang Herat, Afghanistan, dan beberapa provinsi lain di bagian barat negara tersebut pada Sabtu (7/10). Akibat gempa ini, sedikitnya 120 orang telah tewas, sementara sekitar 1.000 lainnya mengalami luka-luka, demikian disampaikan oleh seorang pejabat setempat kepada para wartawan.

Baca juga: KPK Telusuri Aliran Uang Dugaan Korupsi Eks Menteri Pertanian

Menurut Mawlawi Musa Ashari, yang menjabat sebagai direktur Otoritas Penanggulangan Bencana Nasional Provinsi Herat, sekitar 1.000 orang yang terluka telah dilarikan ke rumah sakit di Kota Herat, ibu kota provinsi tersebut. Gempa ini juga mengakibatkan kerusakan serius di 12 desa di distrik Zindajan dan Ghorian di Herat.

Pusat Jaringan Gempa Bumi China melaporkan bahwa dua gempa bumi dengan magnitudo 6,2 mengguncang Afghanistan hingga saat ini. Sebelumnya, Otoritas Penanggulangan Bencana Nasional Afghanistan mengumumkan bahwa 15 orang telah tewas dan 40 lainnya mengalami luka-luka. Namun, penduduk setempat meyakini bahwa jumlah korban sebenarnya lebih besar daripada angka resmi tersebut.

Pernyataan dari Otoritas Penanggulangan Bencana Nasional Afghanistan juga mengindikasikan bahwa jumlah korban kemungkinan akan terus bertambah, karena belum ada laporan yang diterima dari Provinsi Badghis dan Provinsi Farah.

Baca juga: Kasus Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK: Kapolri Instruksikan Penanganan yang Cermat

Guncangan gempa terjadi sekitar pukul 11.10 waktu setempat (13.40 WIB), yang memaksa warga setempat keluar dari rumah mereka untuk mencari perlindungan. Banyak rumah mengalami kerusakan parah, baik sebagian maupun hancur total akibat gempa tersebut.

Tim penyelamat telah dikerahkan ke daerah-daerah yang terdampak oleh gempa bumi ini. Pernyataan resmi juga mengungkapkan bahwa para pejabat pemerintah provinsi telah diinstruksikan untuk mengkoordinasikan upaya-upaya yang diperlukan dengan lembaga-lembaga bantuan guna menyediakan bantuan kemanusiaan kepada keluarga-keluarga yang terdampak gempa. Upaya ini diharapkan dapat membantu meringankan penderitaan warga yang terkena dampak gempa ini.

Situasi di Herat dan provinsi-provinsi sekitarnya tetap sangat tegang, dan upaya bantuan darurat akan terus berlanjut untuk membantu korban gempa bumi ini. Kami akan terus memantau perkembangan situasi ini dan memberikan informasi terbaru seiring dengan berjalannya waktu.

Baca juga: Agree Telkom dan Agroobot Wujudkan Pertanian Lebih Efisien dengan IoT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilustrasi Gempa Bumi
Daerah

Headline.co.id (Gunungkidul) ~ Pada Minggu, 10 Desember 2023, sebuah gempa bumi dengan magnitudo 3,1 mengguncang daerah barat daya Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Informasi ini diumumkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi,…

Ilustrasi Gempa bumi di Selandia Baru
Daerah

Headline.co.id (Gunungkidul) ~ Gempa berkekuatan magnitudo 2,5 mengguncang wilayah Gunungkidul, demikian yang diumumkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam keterangan tertulisnya pada Senin (27/11/2023). Baca juga: Investigasi Kecelakaan…