Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
SmartphoneTeknologi

Ternyata 5 Fitur Iphone 15 ini Sudah Ada di Android, Apa Saja?

1460
×

Ternyata 5 Fitur Iphone 15 ini Sudah Ada di Android, Apa Saja?

Sebarkan artikel ini
Kelebihan dan Kekurangan Iphone 15
Iphone 15

Ternyata 5 Fitur Iphone 15 ini Sudah Ada di Android, Apa Saja? ~ Headline.co.id (Smartphone). Apple baru saja menggelar acara peluncuran iPhone terbaru mereka dengan tema ‘Wonderlust’ di Steve Jobs Theatre, Apple Park, Amerika Serikat, pada Rabu (13/9/2023) dini hari WIB.

Baca juga: Hadir di Indonesia, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasi Sony A6700 yang Dibekali Kamera AI

Dalam seri terbaru ini, Apple memperkenalkan empat model yang menarik, yaitu iPhone 15 Pro Max, iPhone 15 Pro, iPhone 15 Plus, dan iPhone 15. Salah satu sorotan utama dari seri iPhone 15 adalah kehadiran fitur ‘Dynamic Island’ yang sebelumnya hanya tersedia pada varian Pro dari seri iPhone 14.

Apple baru-baru ini merilis jajaran iPhone 15, yang mencakup model iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Sementara banyak pengguna Apple antusias dengan berbagai fitur baru yang ditawarkan, perlu diperhatikan bahwa beberapa dari fitur tersebut sebenarnya sudah ada di perangkat Android sebelumnya.

Baca juga: Apakah Realme C53 Ada Kamera 0,5? Ini Review Spesifikasi dan Kelebihannya

Action Button

Salah satu fitur yang cukup menonjol adalah “Action Button,” yang hadir di iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Fitur ini sebenarnya bukan hal baru di dunia ponsel, karena sudah ada sejak lama di platform HP lain, termasuk Android dan bahkan BlackBerry.

Baca juga: Tak Nyaman Dengan Suara Ponsel, Begini Cara Mematikan Suara Kamera Samsung

Pada tahun 2010, BlackBerry sudah menyediakan tombol yang bisa diprogram sesuai keinginan pengguna. Namun, belakangan ini, kebanyakan produsen HP tidak lagi menyediakan tombol semacam itu, kecuali beberapa seperti Samsung dengan jajaran HP tahan bantingnya, seperti Samsung Galaxy XCover6 Pro.

Folded-Zoom Camera

iPhone 15 Pro Max menampilkan peningkatan besar dalam hal kamera tele dengan zoom optik 5x. Apple menggunakan teknologi “folded-zoom,” yang mirip dengan teknologi periscope yang sudah lama ada di sebagian besar ponsel Android, seperti seri Galaxy Ultra yang memiliki zoom optik 10x dengan teknologi periscope. Perbedaannya terletak pada implementasi teknologi tersebut.

Baca juga: Review Harga dan Spesifikasi HP Realme 9 4G Terbaru

Sistem yang digunakan Apple menggunakan tetraprism untuk memantulkan gambar sampai empat kali, menjaga posisi sensor kamera tetap sama seperti kamera konvensional. Sementara itu, sistem periscope yang umumnya digunakan di Android memantulkan gambar hanya satu kali langsung ke sensor, dengan posisi sensor yang berbeda dari kamera konvensional.

AV1

Di iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max, Apple memperkenalkan fitur decoding AV1, sebuah codec baru yang dapat mengurangi ukuran video tanpa mengorbankan kualitas, atau meningkatkan kualitas tanpa mengubah ukuran.

Baca juga: Mengenal Apa itu Kamera RED dan Keistimewaan Kamera yang Mengguncang Dunia Sinematografi

Fitur serupa sudah lama tersedia di HP Android, dan bahkan layanan streaming seperti Netflix dan YouTube juga telah mengadopsi codec ini. MediaTek pun sudah menyediakan codec AV1 di Dimensity 1000 yang dirilis pada tahun 2019.

Ray Tracing

Ray tracing, sebuah fitur yang diharapkan dapat menjadikan iPhone sebagai konsol gaming terbaik, sebenarnya sudah ada dalam ponsel Android sejak tahun sebelumnya. Beberapa prosesor seperti Exynos 2200 yang digunakan dalam Galaxy S22, Snapdragon 8 Gen 2, dan Dimensity 9200, sudah mendukung ray tracing.

Baca juga: Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi Menggunakan HP, WIFI Hingga Camera Detector

USB-C

Terakhir, Apple akhirnya meninggalkan konektor Lightning dan beralih ke USB-C di iPhone 15. Hal ini terjadi hampir tujuh tahun setelah perangkat Android pertama kali mengadopsi USB-C. Namun, perlu dicatat bahwa iPhone 15 hanya mendukung USB-C dengan teknologi USB 2.0, sementara iPhone 15 Pro memiliki USB-C dengan teknologi USB 3 yang mendukung bandwidth maksimal 10Gbps.

Terimakasih telah membaca Ternyata 5 Fitur Iphone 15 ini Sudah Ada di Android, Apa Saja? jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Mengungkap Rahasia iPhone 15: Kapasitas Baterai yang Baru Terbongkar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *