Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerahPemerintah

Target Tol Jogja Solo Selesai 2024, Rumah Warga di Kalasan Mulai Dirobohkan

3245
×

Target Tol Jogja Solo Selesai 2024, Rumah Warga di Kalasan Mulai Dirobohkan

Sebarkan artikel ini
Rumah warga di Pedukuhan Tegalrejo, Kalurahan Tamanmartani, Kalasan
Rumah warga di Pedukuhan Tegalrejo, Kalurahan Tamanmartani, Kalasan (img. Harian Jogha/Gigih M. Hanafi.)

Target Tol Jogja Solo Selesai 2024, Rumah Warga di Kalasan Mulai Dirobohkan ~ Headline.co.id (Sleman, Yogyakarta). Pembangunan proyek jalan tol Jogja Solo untuk segmen Klaten Purwomartani terus dipercepat. Banyak rumah penduduk yang terkena dampak proyek ini telah dikosongkan dan diruntuhkan.

Baca juga: Daftar HP Android Yang Ada Kamera 0 5 Ultra Wide Dibawah 3 Juta

Jalan tol Jogja Solo direncanakan akan terhubung dengan jalan tol Jogja Bawen pada tahun 2024. Saat ini, proyek ini sedang dipercepat untuk segmen Jogja Solo dari Klaten menuju wilayah DIY, khususnya Sleman.

dikutip headline.co.id dari Harianjogja.com, salah satu wilayah yang terdampak pembangunan jalan tol Jogja Solo adalah Pedukuhan Tegalrejo, di Kalurahan Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Di daerah ini, banyak rumah telah diruntuhkan meskipun belum ada penetapan waktu pasti kapan penduduk harus mengosongkan tempat tersebut. Meskipun demikian, masih ada beberapa rumah penduduk yang tetap bertahan.

Baca juga: Mengenal Mata Katarak: Pengertian, Penyebab, Ciri-Ciri, Pengobatan, Hingga Biaya Operasi

Beberapa penduduk memilih untuk mengosongkan bangunan mereka lebih awal. Mereka menjual bangunan rumah mereka kepada pihak kontraktor yang membutuhkan bahan bangunan bekas.

“Beberapa orang telah mengosongkan rumah mereka sendiri karena menjual material bangunan,” ungkap Tarjo, seorang penduduk yang terkena dampak pembangunan jalan tol Jogja Solo, dalam wawancara dengan Harianjogja.com belum lama ini.

Baca juga: Ratusan Warga Demo di Kantor Kelurahan Sidorejo Godean Tuntut Minta Jogoboyo Mundur

Tarjo adalah salah satu penduduk yang telah mendapatkan kompensasi atas dampak proyek jalan tol Jogja Solo. Menurutnya, lahan miliknya dihargai seharga Rp2,3 juta per meter. Uang dari kompensasi tersebut telah digunakan untuk membeli tanah dan membangun rumah di lahan yang tidak jauh dari tempat asalnya.

“Rumah baru saya dibangun di dekat sini,” katanya.

Meskipun begitu, Tarjo mengakui masih merasa sedih meninggalkan rumah lamanya. Ia baru saja memulai persiapan untuk mengosongkan rumah tersebut. Alasannya adalah karena rumah tersebut dibangun secara bertahap sejak ia menikah puluhan tahun yang lalu.

Baca juga: Lirik Lagu Dumes Happy Asmara Feat OM.SERA dan Artinya

Proyek jalan tol Jogja Solo tahap pertama memiliki panjang total 49,25 kilometer yang terbagi dalam tiga seksi. Seksi pertama menghubungkan dua wilayah di Jawa Tengah dan DIY, yaitu Kartasura-Purwomartani dengan panjang 42,37 kilometer. Seksi kedua menghubungkan Purwomartani-Maguwoharjo yang berada di Kecamatan Kalasan dan Depok, Kabupaten Sleman, dengan panjang 3,63 kilometer. Seksi ketiga dari tahap pertama ini adalah ruas Trihanggo – Junction Sleman dengan panjang 3,25 kilometer.

Sesuai jadwal, pembebasan lahan untuk jalan tol Jogja Solo tahap pertama dilakukan mulai dari triwulan pertama 2021 hingga triwulan ketiga 2022, sementara konstruksi berlangsung dari triwulan pertama 2021 hingga triwulan kedua 2024. Jalan tol Jogja Solo diharapkan dapat dioperasikan pada triwulan ketiga 2024.

Baca juga: Kunker ke Pekalongan, Presiden Jokowi Akan Buka Muktamar Sufi Internasional 2023

Terimakasih telah membaca Target Tol Jogja Solo Selesai 2024, Rumah Warga di Kalasan Mulai Dirobohkan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Kunker ke Pekalongan, Presiden Jokowi Akan Buka Muktamar Sufi Internasional 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Orang Tercebur Sumur di utara SMP 3 Gamping Sleman Yogyakarta
Daerah

Headline.co.id, Sleman ~ Seorang nenek berusia 79 tahun ditemukan meninggal dunia setelah tercebur ke dalam sumur di rumahnya yang terletak di Dusun Ponowaren, Nogotirto, Gamping, Sleman. Kejadian tragis ini terjadi…

Medali Emas Riz plakat, Motivasi Atlet
Olahraga

Rahasia Motivasi Atlet Meraih Medali Emas ~ Headline.co.id (Sleman). Mencapai puncak kejayaan di dunia olahraga tidaklah mudah. Namun, banyak atlet yang berhasil meraih medali emas di berbagai ajang internasional membuktikan…