Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerahPolitik

Apakah Caleg Pilihan Mu Ada? Ini Daftar Nama Bacaleg DPRD Sleman Yang Ditetapkan KPU

98962
×

Apakah Caleg Pilihan Mu Ada? Ini Daftar Nama Bacaleg DPRD Sleman Yang Ditetapkan KPU

Sebarkan artikel ini
Daftar Bacaleg Sleman 2024
Daftar Bacaleg Sleman 2024

Apakah Caleg Pilihan Mu Ada? Ini Daftar Nama Bacaleg DPRD Sleman Yang Ditetapkan KPU ~ Headline.co.id (Sleman). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman mengumumkan serta menetapkan sebanyak 608 orang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Sleman untuk Pemilu 2024 dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

Baca juga: Hari Kemerdekaan, Ganjar Pranowo Beri Kado Rehab Rumah Untuk Veteran AL

KPU Sleman menerima sebanyak 749 berkas bacaleg dan terdapat 141 berkas bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Dalam Pengumuman KPU Kabupaten Sleman Nomor : 397/PL.01.4-Pu/3404/2023 tentang Daftar Calon Sementara Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sleman Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 terdapat 18 partai. surat tersebut dikeluarkan oleh KPU Sleman pada tanggal 18 Agustus 2023.

Baca juga: Profil dan Biodata Gus Iqdam dan Istrinya Ning Nilatin Nihayah

Trapsi Haryadi, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman, baru-baru ini menjelaskan tahapan pasca pengumuman Dokumen Pencalonan Calon (DCS) caleg. Pada tahap ini, KPU Sleman membuka kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan terhadap dokumen bakal calon dan hal-hal penting lainnya. Jangka waktu penerimaan masukan dan masukan dari masyarakat dijadwalkan mulai tanggal 19 hingga 28 Agustus 2023.

“Kami berharap masyarakat proaktif terlibat, karena kami akan mensosialisasikan pengumuman DCS melalui media massa selama lima hari ke depan,” ujarnya, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Baca juga: Keren! Kemenpraf Meriahkan HUT 78 RI Dengan Ragam Busana Nusantara

Trapsi menegaskan, individu yang memiliki informasi tentang bakal calon yang terdaftar di DCS yang masih mempertahankan statusnya sebagai pegawai negeri sipil (ASN), anggota militer atau polisi (TNI/Polri), atau pernah memiliki riwayat penahanan dengan hukuman di atas lima tahun. , dan belum menyelesaikan tenggang waktu lima tahun sejak masa hukumannya selesai, dihimbau untuk melaporkan kasus tersebut ke KPU.

“Hal-hal semacam ini tentu sangat penting bagi kami, karena memungkinkan kami untuk melakukan verifikasi lebih lanjut terhadap calon yang bersangkutan,” ujarnya.

Baca juga: Datang ke Medan, Jokowi Tinjau Harga Pangan di Pasar Sukaramai

Trapsi menjelaskan tahap-tahap sebelumnya dari proses pemilihan, menceritakan bahwa selama periode pengajuan calon dari 1 hingga 14 Mei 2023, sebanyak 749 berkas calon diterima dari 18 partai politik. Selanjutnya, proses dilanjutkan dengan verifikasi administrasi, di mana diketahui bakal calon tertentu memiliki berkas pengajuan yang tidak lengkap.

Partai politik kemudian diberikan kesempatan untuk memperbaiki berkas calon yang tidak lengkap tersebut dengan menyerahkan dokumen tambahan. Disusul dengan verifikasi dokumen perubahan, penyusunan DCS, dan penetapan final caleg yang memenuhi syarat.

“Total ada 608 orang yang telah dikukuhkan sebagai caleg DCS DPRD Sleman, terdiri dari 351 laki-laki dan 257 perempuan,” ungkapnya.

Baca juga: Pimpin HUT Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo Ajak Kolaborasi Membangun Ekonomi

Sayangnya, sebanyak 141 orang dianggap tidak memenuhi syarat oleh KPU Sleman. Secara umum, kelompok ini gagal membenahi dokumennya saat diminta KPU, sehingga menghambat mereka untuk maju ke tahapan proses pemilu berikutnya. “Kegagalan menyerahkan dokumen yang diperbaiki membuat kandidat tidak memenuhi syarat. Misalnya, beberapa kandidat lalai menyertakan sertifikat medis atau memberikan ijazah minimal sekolah menengah atas. Semua yang tidak memenuhi syarat tetap dalam lingkup evaluasi administrasi,” jelas Trapsi.

Berikut ini adalah Rekapitulasi Daftar Calon Sementara Anggota Dprd Kabupaten Sleman Dan Pemenuhan Keterwakilan Perempuan:

Rekapitulasi Daftar Calon Sementara Anggota Dprd Kabupaten Sleman Dan Pemenuhan Keterwakilan Perempuan
Rekapitulasi Daftar Calon Sementara Anggota Dprd Kabupaten Sleman Dan Pemenuhan Keterwakilan Perempuan

Baca juga: Lokasinya Ada di Klaten, Ini Nama Unik Jempatan Terpanjang di Tol Jogja Solo

Berikut ini Daftar lengkap nama-nama bacaleg DPRD Sleman:

Terimakasih telah membaca Apakah Caleg Pilihan Mu Ada? Ini Daftar Nama Bacaleg DPRD Sleman Yang Ditetapkan KPU jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Ditemani Menko Polhukam ini Alasan Wapres Ma’ruf Amin Bakal Berkantor di Papua Mulai 4 September

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Orang Tercebur Sumur di utara SMP 3 Gamping Sleman Yogyakarta
Daerah

Headline.co.id, Sleman ~ Seorang nenek berusia 79 tahun ditemukan meninggal dunia setelah tercebur ke dalam sumur di rumahnya yang terletak di Dusun Ponowaren, Nogotirto, Gamping, Sleman. Kejadian tragis ini terjadi…

Foto jumlah TPS di setiap Kapanewon di Kulon Progo
Daerah

Headline.co.id, Kulon Progo ~ Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulon Progo resmi menetapkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang akan digunakan dalam Pilkada 2024. Sebanyak 753 TPS akan disebar di…

Medali Emas Riz plakat, Motivasi Atlet
Olahraga

Rahasia Motivasi Atlet Meraih Medali Emas ~ Headline.co.id (Sleman). Mencapai puncak kejayaan di dunia olahraga tidaklah mudah. Namun, banyak atlet yang berhasil meraih medali emas di berbagai ajang internasional membuktikan…