Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerah

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Klaten, Disbudporapar Gelar KKF di Monumen Juang 45

42832
×

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Klaten, Disbudporapar Gelar KKF di Monumen Juang 45

Sebarkan artikel ini
ajang Klaten Fashion Festival
ajang Klaten Fashion Festival

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Klaten, Disbudporapar Gelar KKF di Monumen Juang 45 ~ Headline.co.id (Klaten). Sebanyak 50 perancang busana yang tergabung dalam Fashion Designer Klaten (Fadeska) menampilkan karyanya pada ajang Klaten Fashion Festival (KFF). Kegiatan tersebut berlangsung di Monumen Juang 45 Klaten, Sabtu (5/8/2023) sampai Minggu (6/8/2023).

Baca juga: Jokowi dan Ma’ruf Amin Saksikan Pemecahan Rekor Pergelaran Angklung Terbesar di Dunia

Ajang yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Klaten iitu mengambil tema batik dan lurik sebagai kreasi utama dalam desain busana.

Kepala Disbudporapar Klaten, Sri Nugroho mengatakan, KFF merupakan bentuk upaya pemkab untuk mempromosikan produk lokal batik dan lurik. Sehingga, dapat menjadi titik kebangkitan batik dan lurik, pascapandemi Covid-19.

Baca juga: BRT Trans Jateng Koridor Solo-Sukoharjo-Wonogiri Siap Beroperasi

“Klaten memiliki potensi kekayaan daerah yang dapat diolah dalam industri fesyen, yaitu kain lurik dan batik Bayat. Putra-putri Klaten yang berprofesi sebagai fashion designer bercita-cita mengolah potensi lokal ini, menjadi produk unggulan yang mampu bersaing, di kancah nasional bahkan internasional,” ungkapnya.

Penyelenggara KFF perdana ini, menurutnya diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Klaten, khususnya bagi para perajin lurik dan batik di Klaten. Sehingga ke depan semakin banyak karya fesyen yang menggunakan kedua produk lokal tersebut.

Baca juga: Hadiri LPDP Fest, Jokowi Berpesan Para Penerima LPDP Kembali Ke Tanah Air

“Pelaku industri fesyen diharapkan mampu meningkatkan kuantitas maupun kualitas produk fesyen. Serta ikut mempromosikan lurik dan batik asli Klaten lewat karya fesyen,” paparnya.

Perhelatan tersebut dibuka oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani. Bentuk dukungan Pemkab Klaten pun ditunjukkan dengan hadirnya jajaran Forkopimda yang mengenakan busana lurik dan batik karya desainer Klaten.

Baca juga: Prodi HES FAI Unismuh Makassar dan Pengadilan Agama Jakarta Pusat Lakukan Serah Terima Mahasiswa PKL

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan KFF malam ini. Saya berharap semakin banyak ajang seperti ini, dan semakin mendorong industri kreatif di Klaten, khususnya lurik dan batik agar semakin maju,” kata bupati.

Terimakasih telah membaca Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Klaten, Disbudporapar Gelar KKF di Monumen Juang 45 jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Ciptakan Kenyamanan Umat Hindu Rayakan Galungan, Polsek Penengahan Lakukan Pengamanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *