by

Jadi Transportasi Favorit, Berikut Testimoni Masyarakat Terhadap Layanan Kereta Api

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Kereta api kini tengah digandrungi oleh masyarakat, terlihat dari jumlah penumpang yang terus mengalami peningkatan secara Signifikan. Salah satu alasan mengapa kereta api kini menjadi primadona masyarakat adalah pelayanan yang semakin bagus dan berkualitas.

Tidak diragukan lagi saat ini fasilitas yang diberikan oleh PT KAI (Persero) dapat dikatakan mendekati sempurna. Ruang kesehatan yang nyaman, ruang laktasi yang cukup luas, ruang tunggu yang bersih dan memadai, kebersihan toilet yang terjamin hingga tersedianya wifi didalam kereta menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Selain fasilitas yang disediakan, ketepatan waktu dan keamanan juga menjadi salah satu faktor mengapa kereta dipilih menjadi transportasi favorit.

Dalam kesempatan kali ini, tim HeadLine.co.id berkesempatan mewawancarai Harwianto, seorang warga negara Indonesia yang telah lama tinggal di Belanda. Setelah melakukan pengamatan ia kemudian membandingkan kereta api Indonesia dan kereta api di Belanda.

Ia mengatakan bahwa kondisi kebersihan KA lokal ekonomi saat ini lebih bagus dibanding sepuluh tahun yang lalu. Ia juga berpendapat apabila desain toilet dibuat lebih sederhana dan sedikit lebih luas maka kebersihan toilet dapat lebih baik lagi. Harwianto menilai bahwa kereta api kelas premium, business dan executive sudah sebanding dengan kereta yang ada di Belanda.

“Saya kagum dengan transformasi KAI, terlebih dari kemajuan dan ketertiban seluruh sistem manajemennya. Ini sangat berdampak pada ketepatan waktu kereta yang berangkat maupun yang tiba, baik kereta lokal atau kereta jarak jauh,” ucapnya.

Harwianto mengatakan bahwa ketepatan waktu tersebut sebanding dengan ketepatan waktu kereta yang ada di Belanda. Ia menilai hal ini tidak mudah, mengingat masih banyaknya bagian jalur kereta yang masih single track.

Kebersihan kereta dan stasiun pun tidak lupa ia soroti. “Untuk stasiun baik stasiun besar maupun kecil, sering saya merasa seperti sedang berada di stasiun KA di Europe. Fasilitas toilet di stasiun juga bersih,” tambahnya.

Setelah kebersihan, ia juga menilai ketertiban di dalam area stasiun yang sangat bagus serta keamanan yang tidak diragukan lagi.

“Sistem pembelian tiket sudah bagus sekali. Lewat loket langsung maupun pemesanan melalui online. Sistem pembatalan maupun rescheduling ticket pun juga mudah. Belum lagi ada potongan harga untuk orang tua yang berusia diatas 60 tahun,” tambahnya.

Secara keseluruhan, ia menilai manajemen PT KAI (Persero) semakin maju sehingga banyak inovasi-inovasi baru seperti gerbong kereta hingga desain kursi yang mirip dengan kursi kelas business dan first class di pesawat terbang.

Hal senada juga diungkapkan oleh Muni Lestari, salah satu pengguna setia jasa kereta api. Ia mengatakan pernah berkesempatan mengunjungi kantor pusat PT KAI (Persero) di Bandung.

“Kemewahan yang selama ini kami nikmati dari layanan kereta api ternyata bersumber dari sebuah kantor dengan bangunan tua dan sederhana dan dari sana bersumber ide serta gagasan hebat dan inovatif,” ucapnya.

Muni juga menambahkan bahwa di dalam gedung tersebut adalah tempat berkumpul orang-orang hebat yang berkontribusi besar bagi bangsa melalui transportasi kereta api.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed