Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
PemerintahDaerah

Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Glagaharjo Sleman Perbaiki Jalur Evakuasi Secara Swadaya

5884
×

Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Glagaharjo Sleman Perbaiki Jalur Evakuasi Secara Swadaya

Sebarkan artikel ini
Warga Padukuhan Singlar, Kelurahan Glagahharjo, Cangkringan, Sleman secara swadaya memperbaiki jalan
Warga Padukuhan Singlar, Kelurahan Glagahharjo, Cangkringan, Sleman secara swadaya memperbaiki jalan. (Twitter/@merapi_uncover)

Jalan Tak Kunjung di Perbaiki, Warga Glagahharjo Sleman Perbaiki Jalur Evakuasi Secara Swadaya ~ Headline.co.id (Sleman). Warga Padukuhan Singlar, Kelurahan Glagahharjo, Cangkringan, Sleman secara swadaya memperbaiki jalan jalur evakuasi. Hal tersebut dilakukan karena Pemerintah Kabupaten Sleman tidak kunjung memperbaiki jalur evakuasi.

Baca juga: Bentuk Moderasi Beragama, Bupati Lumajang Akan Bangun Masjid dan Gereja Berdampingan

Melalui video yang di unggah oleh akun Twitter @merapi_uncover terlihat masyarakat sedang melakukan perbaikan jalan. Video yang berdurasi 19 detik tersebut di unggah pada 8 April 2023.

Baca juga: Info Jurusan dan Biaya Kuliah di Al Azhar Mesir Lengkap Terbaru Jalur Beasiswa dan Non Beasiswa

Warga kessal karena telah berulang kali melapor namun tidak kunjung di perbaiki. Warga melakukan perbaikan jalan sepanjang 4 KM yang dimulai dari Dusun Singlar sampai Wisata Bukit Klangon. Jalan yang di perbaiki oleh warga tersebut merupakan titik terparak yang sebelumnya telah di tinjau oleh Bupati Sleman.

Dilansir Headline.co.id dari DetikJateng, Sukemi salah satu warga menuturkan bahwa sebelumnya warga melalui pihak kalurahan telah menyampaikan keluhan terkait kondisi jalan ke dinas terkait, namun hingga saat ini tidak ada tindak lanjut dari pemerintah setempat.

Baca juga: Bacaan Niat, Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Padukuhan Singlar hingga Kalitengah Lor masuk dalam kawasan rawan bencana (KRB) 3. Oleh karena itu, tidak ada pengembangan di kawasan itu.

Ia menambahkan bahwa perbaikan hanya dilakukan di padukuhan bawah. Sementara Padukuhan Singlar ke utara masuk RB 3 tidak bisa kalau pakai dana pemerintah. Menurutnya jalan yang rusak tersebut merupakan jalur yang vital bagi warga.

Apalagi jalan itu, Lanjut Sukemi, merupakan jalur yang sangat vital bagi warga. Apalagi jalan itu merupakan satu-satunya jalan dari perkampungan di lereng Merapi menuju wilayah bawah yang lebih aman.

Baca juga: Pemerintah Indonesia Terima Hibah 100 ton kurma dan Al-Qur’an dari Raja Salman

Menurutnya kerusakan jalan tersebut diperkirakan mencapai 4 kilometer dan mencakup empat padukuhan terdiri dari Padukuhan Singlar, Srunen, Kalitengah Kidul, dan Kalitengah Lor.

Dia mengatakan sebelum akhirnya warga berinisiatif untuk melakukan penambalan jalan, dari Kalurahan Glagaharjo sudah berupaya untuk meminta bantuan dari Pemkab Sleman. Namun, hasilnya nihil.

Baca juga: Polisi Purworejo Berhasil Tangkap Pelaku Begal Payudara di Kutoarjo

“Jadi ya ini perbaikan secara swadaya dari masyarakat,” ucapnya.

Dia berharap dalam waktu dekat semua jalan yang berlubang sudah selesai ditambal. Diharapkan saat Idul Fitri, mobilitas masyarakat bisa lancar.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman, Taufiq Wahyudi akan segera menindaklanjuti hal tersebut.

Baca juga: Review Fujifilm X-Pro 3: Spesifikasi dan Harga Kamera Terbaru

Taufiq menambahkan bahwa ruas jalan yang diperbaiki warga secara swadaya itu masuk dalam KRB 3. Namun, dia masih akan mendiskusikan dengan jajarannya untuk penanganan selanjutnya.

“Senin kami diskusikan. Karena ruas tersebut kemungkinan masuk KRB 3 dan bukan jalan kabupaten. Senin kalau ada kebijakan pimpinan segera kami tindak lanjuti,” tutur Taufiq.

Terimakasih telah membaca Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Glagaharjo Sleman Perbaiki Jalur Evakuasi Secara Swadaya  semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Chord dan Lirik Lagu Ramadhan Tiba – Opick

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *