OJK Luncurkan Aplikasi iDebku, Apa Fungsinya? ~ Headline.co.id (Jakarta). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan aplikasi iDebKu dalam rangka memberikan pelayanan pada masyarakat luas, menaikkan kemudahan akses masyarakat terhadap gosip debitur, serta dapat dilakukan secara terpadu serta terintegrasi antara kantor sentra serta kantor Regional/kantor OJK (KR/KOJK) di pada satu software.
Baca juga: Binggung Pilih Jaket, Ini Jenis-Jenis Jaket Yang Membuat Mu Tambah Kece
kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Dian Ediana Rae meresmikan penggunaan software iDebKu didampingi sang Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I Teguh Supangkat, dan Deputi Komisioner Sistem isu dan Keuangan I. B. Aditya Jayaantara serta disaksikan oleh jajaran Pejabat serta pegawai OJK di kantor OJK, Jakarta, Selasa (8/11/2022).
kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Dian Ediana Rae menyampaikan bahwa Sistem Layanan info Keuangan (SLIK) ialah sistem informasi yang pengelolaannya di bawah tanggung jawab OJK yg bertujuan buat mendukung pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan info pada bidang keuangan.
Baca juga: TNI dan Polri Siap Cegah Potensi Ancaman di KTT G20
“SLIK artinya keliru satu upaya OJK buat mengakibatkan sistem keuangan pada Indonesia lebih berintegritas, bisa menyampaikan pelayanan pada rakyat luas sehingga mendapat manfaat serta lebih percaya kepada industri keuangan Indonesia, serta sebagai bagian asal proteksi konsumen,” kata Dian Ediana.
SLIK menyimpan informasi debitur atau biasa jua diklaim “iDeb” yang berisi riwayat kelancaran kredit serta/atau pembiayaan seseorang debitur. iDeb ialah salah satu gosip yg penting pada proses hadiah kredit atau pembiayaan.
Data dari iDeb tersebut, bisa digunakan sang forum jasa keuangan bank maupun non-bank dalam mengambil keputusan pada proses hadiah kredit atau pembiayaan pada debitur.
Baca juga: Deklarasi Koalisi Nasdem, PKS dan Demokrat Batal Digelar 10 November
“untuk menjawab tingginya permintaan iDeb sang masyarakat, maka OJK telah menyebarkan perangkat lunak baru yg dinamakan sebagai iDebKu,” istilah Dian.
Pengembangan aplikasi iDebKu ini sejalan dengan Destination Statement OJK Tahun 2022-2027, Arah Pengembangan Sistem Layanan isu Keuangan (AP SLIK) 2021-2025, dan adalah bagian asal Rancang Bangun Sistem berita (RBSI) tahun 2019-2022 dan pula RBSI tahun 2023-2027.
Baca juga: Hari Wayang Dunia, Ganjar Beri Hadiah Handphone Sindu si Dalang Cilik
Sebelumnya, sistem informasi pertukaran berita debitur dikelola sang Bank Indonesia (BI) menggunakan nama Sistem info Debitur (SID) atau dikenal menggunakan sebutan “BI Checking”. menggunakan peralihan wewenang pengawasan perbankan berasal BI kepada OJK, maka SID digantikan dengan SLIK yg dikelola oleh OJK.
OJK sudah memberikan layanan anugerah iDeb kepada rakyat Sejak tahun 2018 atau semenjak SLIK beroperasi menggantikan SID BI. Semula, layanan ini dilaksanakan secara walk-in atau tatap muka, baik di kantor pusat OJK (Gerai SLIK Lantai dua Menara Radius Prawiro) serta pada KR/KOJK. tetapi sejak pandemi, layanan tatap muka tidak bisa dilakukan buat mencegah penyebaran virus Covid-19.
Selanjutnya agar pelayanan penyediaan iDeb kepada rakyat permanen berjalan menggunakan optimal, layanan SLIK pada tempat kerja pusat serta KR/KOJK dilakukan secara daring (online), tetapi memakai mekanisme yang beragam dan tidak sama antara satu kantor menggunakan tempat kerja lainnya.
buat itu, dikembangkanlah software iDebKu yang adalah software layanan hadiah gosip debitur kepada rakyat yg dapat diakses secara daring dan luring melalui layanan walk-in, serta dapat dipergunakan sang kantor pusat dan seluruh KR/KOJK. Layanan hadiah berita debitur oleh OJK kepada warga termasuk melalui aplikasi iDebKu ini perdeo atau tidak dipungut biaya.
Baca juga: Presiden Jokowi Perintahkan Menteri Pertanian Cek Stok Beras Nasional
software iDebKu dikembangkan sejalan dengan AP SLIK 2021-2025 yaitu buat Peningkatan Kualitas SLIK pada rakyat menggunakan beberapa keunggulan menjadi berikut:
mempertinggi kualitas layanan hadiah berita debitur kepada warga secara cepat, simpel serta safety;
menaikkan efisiensi dan efektivitas proses pemberian layanan gosip debitur bagi internal OJK menggunakan adanya integrasi dengan SLIK dan ke depannya akan terintegrasi menggunakan Dukcapil;
Baca juga: Presiden Jokowi Terima Laporan Menlu Terkait Persiapan Penyelenggaraan KTT G20
Meminimalkan potensi human error melalui otomasi proses layanan; dan
Menyediakan layanan info debitur kepada masyarakat secara terintegrasi antara tempat kerja pusat, kantor Regional dan tempat kerja OJK pada satu aplikasi.
Ke depan, lanjut Dian, menggunakan adanya aplikasi iDebKu ini diperlukan akses rakyat terhadap berita debitur akan menjadi semakin simpel serta layanan info debitur sang OJK dapat dilakukan secara terpadu dan terintegrasi antara tempat kerja sentra serta KR/KOJK di dalam satu software.
Baca juga: Kawal KTT G20, TNI Lakukan Pengamanan dan Siapkan 252 Mobil Listrik
di samping itu, OJK akan terus menaikkan kualitas serta kapasitas pelayanan anugerah info debitur pada masyarakat supaya bisa semakin cepat, simpel dan aman.
Baca juga: Presidensi G20 Indonesia Menjaga Pertumbuhan Ekonomi Nasional Tetap Stabil