Realisasi Investasi di Kabupaten Semarang Capai Rp2,28 Triliun

Gravatar Image
acara bincang investasi yang digelar di Abimantrana Ballroom, The Wujil Resort
acara bincang investasi yang digelar di Abimantrana Ballroom, The Wujil Resort

Realisasi Investasi di Kabupaten Semarang Capai Rp2,28 Triliun ~ Headline.co.id (Semarang). Meski baru pulih dari pandemi Covid-19, perolehan investasi di Kabupaten Semarang sangat menggembirakan.

Baca juga: Pelantikan DPC gerindra Papdesi, Pj Bupati Jepara Minta Lebih Peka Kondisi Warga

Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Valeanto Sukendro mengatakan, pada semester I 2022, terjadi realisasi investasi sebesar Rp2,28 triliun. Angka itu melebihi target yang ditetapkan, sebesar Rp1,47 triliun. Sedangkan laju pertumbuhan investasi mencapai 13,61 persen, atau melewati target 12,8 persen.

Ditambahkan oleh Sukendro, perolehan investasi terbaik, justru terjadi pada triwulan pertama tahun ini. Pada rentang itu, terjadi investasi sebesar Rp1,34 triliun, baik untuk modal asing maupun dalam negeri. Sedangkan pada triwulan kedua, tercatat investasi Rp935 miliar.

Baca juga: Tinjau Pembangunan Infrastruktur IKN, Presiden: Ini Progres yang Baik

“Pembukaan mal pelayanan publik di Tuntang diharapkan dapat mendorong peningkatan investasi ke depan. Ada 24 instansi penyedia layanan publik yang akan beraktivitas di sana,” terangnya saat acara bincang investasi yang digelar di Abimantrana Ballroom, The Wujil Resort, Bergas, Selasa (25/10/2022) siang.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan, realisasi investasi memiliki kontribusi sebagai pengungkit bergeraknya pembangunan sektor ekonomi.

Baca juga: Kunjungi IKN, Presiden Gunakan Jalur Laut

Pada kesempatan itu pula, dilakukan penandatanganan surat pernyataan kepeminatan investasi oleh dua perusahaan nasional. Yakni, PT Indo Karya Mitra Sarana yang mengajukan proposal pembangunan jalur pipa gas utama untuk industri dan rumah tangga, senilai Rp2,3 triliun. Sedangkan PT Solarion Energi Alam, berminat membangun pembangkit listrik tenaga surya, dengan perkiraan nilai investasi sebesar Rp30 miliar.

Baca juga: Bunda Literasi Manokwari Apresiasi Indeks Minat Baca Jepara

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Review