Tak Harus Mahal, Begini Tips Mempersiapkan Pernikahan dengan Dana Terbatas

Gravatar Image
Ilustrasi Buku Nikah
Ilustrasi Buku Nikah

Tak Harus Mahal, Begini Tips Mempersiapkan Pernikahan dengan Dana Terbatas ~ Headline.co.id. Buat pasangan muda-mudi tentu ingin segera melangsungkan pernikahan. Dan pernikahan itu sendiri merupakan proses pengingkatan janji suci antara kaum laki-laki dengan perempuan yang mana nantinya akan sah dan resmi secara agama dan negara.

Baca juga: Inilah Daftar Juara Kompetisi Sains Madrasah 2022

Namun salah satu kendala yang sering menjadi penghambat adalah biaya pernikahan yang mahal yang mana membuat kita harus menabung bertahun-tahun. Jangan sampai nanti terlalu lama sehingga pasangan kamu di tikung oleh orang lain ya gaes, hehehe.

Eit buat kamu yang mau nikah namun memiliki dana terbatas tidak perlu khawatir ya krena masih bisa kok nikah dan resepsi dengan dana terbatas berikut ini adalah cara kamu menghemat biaya resepsi:

Undangan

Biasanya undangan menjadi kendala, apalagi kalau mau memiliki undangan yang bagus tentu harus mengeluarkan biaya yang mahal apalahi kalau yang kamu undang adalah orang banyak sehingga akan menjadi pembengkakan biaya.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Yang Wajib di Kunjungi di Surabaya

Ditambah lagi jika undangan berbentuk fisik kamu juga perlu uang transport untuk mengantarkan undangan resepsi pernikahan kamu ke orang yang kamu tuju apalagi jika jaraknya sangat jauh akan memakan waktu dan biaya.

Salah satu menghemat untuk pengeluaran undangan adalah menggunakan undangan pernikahan digital. Dengan menggunakan undangan digital kamu akan lebih hemat biaya kamu cukup pesan satu undangan dan kamu bisa mengirimkannya ke rekan, sahabat dengan  melalui wa, telegram, atau sosial media lainnya.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Sholatun Bissalamil Mubin Arab Latin dan Artinya

Selain itu kelebihan dari undangan digital adalah template undangan pernikahan yang banyak dan kita tinggal pilih sesuai dengan keinginan kita. Tentunya kita bisa memilih sesuai tema resepsi pernikahan kita. Kelebihan lain dari undangan digital seperti yang headline.co.id lansir dari invitanku.com bisa digunakan untuk membuat bermacam jenis undangan seperti undangan pernikahan, tunangan, ulang tahun dan lain-lain dengan beragam pilihan template yang disediakan secara gratis. Selain itu undangan bisa diunduh dalam bentuk file gambar (PNG), PDF dan Video, dan yang paling penting adalah tersedia fitur RSVP (reservasi online) yang juga gratis.

Katering dan Tenda Pernikahan

Pernikahan juga memerlukan adanya jasa katering dan tenda pernikahan. Untuk hal ini, Anda bisa meminta bantuan kepada teman yang mungkin ahli memasak atau juga memiliki usaha katering dan penyewaan peralatan makan serta tenda untuk pernikahan. Siapa tahu, Anda bisa mendapat diskon yang besar karena menggunakan jasa kateringnya.

Baca juga: Pemprov Jateng Antisipasi Kerusakan Jalan Akibat Longsor dan Banjir

Jika bujet yang ada benar-benar terbatas, Anda bisa berkreasi menggunakan peralatan seadanya, tetapi dibuat menarik agar tercipta suasana pernikahan seperti umumnya. Mintalah bantuan teman yang ahli dekorasi dan sebagainya.

Baju Pengantin dan Hantaran

Hindari membuat dan menjahit sendiri baju pengantin Anda, jika memang bujet yang dimiliki sangat terbatas. Pakaian pengantin hanya digunakan sekali, sebaiknya manfaatkan jasa sewa pakaian pengantin di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Baca juga: Hafiz Indonesia Diundang Raja Maroko Hadiri Peringatan Maulid Nabi

Jika sewa tersebut juga memberikan paket rias pengantin, maka ini akan jauh lebih hemat dibandingkan memesan jasa make up tersendiri. Soal mahar dan antaran, sebaiknya dibicarakan dengan pihak keluarga terkait.

Idealnya mahar berupa emas, alat salat dan uang tunai yang dibayar secara tunai juga. Untuk antaran, sebaiknya berupa barang-barang yang diperlukan pengantin wanita saja.

Baca juga: Atasi Kolesterol! Ini Makanan Yang Harus Kamu Hindari

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Review