Kolaborasi Bersama Pemkab Pati, Desa Bakaran Wetan Gelar Festival Batik Untuk Dorong Warga Kreatif Tanpa Batas

Gravatar Image
Festival Batik Bakaran 2022
Festival Batik Bakaran 2022

Kolaborasi Bersama Pemkab Pati, Desa Bakaran Wetan Gelar Festival Batik Untuk Dorong Warga Kreatif Tanpa Batas ~ Headline.co.id (Pati). Memperingati Hari Batik Nasional, Pemerintah Desa Bakaran Wetan bersama Pemerintah Kabupaten Pati, menggelar Festival Batik Bakaran 2022, di desa setempat. Event yang diselenggarakan sebulan penuh, dari 2-30 Oktober 2022 tersebut diikuti 200 orang pembatik.

Baca juga: di Tengah Krisis Finansial Dunia, Jokowi Ungkap Indonesia Masih Dipercaya Jadi Tempat Investasi

Penjabat Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro, mengatakan, sejumlah kegiatan bakal digelar pada festival itu. Mulai festival membatik, gongjinagong budaya, fashion show anak-anak, pemilihan Duta Batik Bakaran, festival kesenian tradisional, dan kirab budaya. Semuanya mengisyaratkan, meskipun zaman semakin modern dan banyak corak batik printing, namun batik tulis atau batik canting tetap merupakan peninggalan yang memiliki nilai seni tinggi, sebagai wujud kekayaan budaya tradisional.

‘Ini menjadi bukti bahwa Kabupaten Pati mampu nguri-uri kebudayaan nenek moyang yang turun temurun, dengan cara membatik. Acara yang digelar di Desa Bakaran Wetan ini mengangkat konsep, mengubah pola pikir warga untuk lebih kreatif tanpa batas, meskipun dalam keadaan yang terbatas,” jelasnya.

Baca juga: Kemenag Terbitkan Edaran Peringatan Hari Santri, Ini Ketentuannya

Dijelaskan Henggar, apabila batik bakaran ini mampu menasional, maka akan menciptakan multiplier effect yang luar biasa. Tentu, ekonomi di wilayah Juwana pun akan terus meningkat.

“Di Pati ini memang memiliki sentra-sentra batik. Dan Batik Bakaran ini, memiliki ciri yang khas. Dan inilah yang selalu kita dorong. Mudah-mudahan Batik Bakaran semakin bagus,” terangnya.

Baca juga: Presiden Minta Usut Tuntas dan Beri Sanksi Yang Bersalah Atas Tragedi Kanjuruhan Malang

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Review