Mengenal Istilah Polis Asuransi, Apa Pengertian dan Fungsinya?

Gravatar Image
apa itu Jenis-jenis dan Beban polis asuransi
Meengenal Polis Asuransi

Mengenal Istilah Polis Asuransi, Apa Pengertian dan Fungsinya? ~ Headline.co.id (Advertorial). Semua pasti tidak asing lagi dengan istilah asuransi. Mulai dari asuransi kendaraan, rumah, hingga kesehatan kini sudah ada. Namun bagi kamu yang belum tau apa itu asuransi tidak perlu khawatir, karena Asuransi adalah salah satu produk yang sering digunakan untuk hidup kita.

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Informatika dan Gaji dan Prospek Kerjannya

Tentunya dengan menggunakan asuransi kita akan sedikit tenang karena akan mendapatkan perlindungan dari berbagai resiko yang tidak bisa diduga atau tidak bisa diprediksi kapan resiko tersebut akan menimpa pada hidup kita.

Selain digunakan sebagai perlindungan dari resiko, Asuransi juga bisa digunakan sebagai dana darurat yang memadai. Dan tentunya jenis dan perusahaan asuransi ada banyak sekali. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi harta, hingga asuransi pendidikan. Dan tentunya untuk memilik asuransi pastikan sudah terdaftar di OJK. Dan untuk jenis-jenisnya kamu bisa langsung cek berbagai asuransi di lifepal, Allianz, Prudential, AIA Financial, AXA Mandiri, Indolife, Sequis, BNI Life, Reliance Indonesia, Sinar, FWD, dan masih banyak perusahaan asuransi lainnya.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat ‘Ya Tarim’ Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Buat kamu yang baru mau menggunakan asuransi tentu salah satu istilah asing adalah Polis Asuransi. Buat yang belum paham Polis Asuransi adalah istilah yang biasa digunakan dalam kontrak perjanjian kerjasama secara tertulis antara Perusahaan Penyedia Asuransi (Penanggung Asuransi) dengan nasabah Pemegang Polis.

Hal tersebut merupakan hal yang penting harus kamu perhatikan karena kamu harus tau isi detail polis asuransi. Karena didalamnya berisi kesepakatan bahwa Penyedia Asuransi bersedia menanggung risiko yang dimiliki oleh Tertanggung yang namanya tertera dalam polis, dalam jangka waktu tertentu sesuai perjanjian. Untuk mendapatkan perlindungan Asuransi dari pihak Penyedia Asuransi , Pemegang Polis wajib membayar sejumlah Biaya Premi yang telah disepakati.

Didalam polis asuransi juga dapat memuat syarat umum polis, perincian hak dan kewajiban Penyedia Asuransi, Pemegang Polis, jangkauan Manfaat Asuransi yang diberikan, pasal yang menyebut pengecualian proteksi, pasal yang menyebut hal-hal yang bisa membatalkan Polis. Selain itu, dalam Polis Asuransi biasanya dilampirkan juga lembar Pertanggungan, Ketentuan Khusus, juga salinan Surat Permohonan Asuransi (Surat Klaim).

Baca juga: Kemenag dan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Sinergi Program Dakwah

Dan polis auransi ini merupakan dokumen penting yang memiliki kekuatan hukum sehingga kamu wajib untuk menyimpan polis asuransi ini ditempat khusus yang aman yang bisa kamu gunakan saat sewaktu-watu dibutuhkan seperti hendak mengklaim asuransi.

Fungsi polis bagi nasabah pengguna asuransi (tertanggung):

  • Menjadi alat bukti tertulis atas jaminan penanggungan atas berbagai risiko dan penggantian kerugian yang mungkin terjadi pada tertanggung, di mana kerugian tersebut tertulis di dalam polis.
  • Menjadi bukti pembayaran premi yang diberikan kepada pihak perusahaan asuransi selaku penanggung.
  • Menjadi bukti paling otentik untuk menuntut penanggung, jika sewaktu-waktu lalai atau tidak memenuhi jaminan yang menjadi tanggungannya

Baca juga: Inilah Gerakan Olahraga Yang Dapat Merampingkan dan Mengurangi Lemak di Kaki

Fungsi polis bagi perusahaan asuransi (penanggung):

  • Menjadi alat bukti atau tanda terima premi asuransi yang dibayarkan oleh pihak tertanggung.
  • Menjadi bukti tertulis atas jaminan yang diberikannya kepada tertanggung untuk membayar ganti rugi yang mungkin diderita oleh tertanggung.
  • Menjadi bukti paling otentik untuk menolak tuntutan ganti rugi atau klaim yang diajukan oleh tertanggung, jika penyebab kerugian tersebut tidak memenuhi syarat polis yang dimiliki.

Baca juga: Cara Mengobati Asam Lambung, Ini 6 Langkah Langkah Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

User Review