Peringati Hari Bapak Pramuka, Kwarda DIY Hadirkan 4 Narasumber Luar Biasa

Sarasehan Online dalam rangka peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia tahun 2022
Sarasehan Online dalam rangka peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia tahun 2022

Peringati Hari Bapak Pramuka, Kwarda DIY Hadirkan 4 Narasumber Luar Biasa ~ Headline.co.id (Yogyakarta). Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) menggelar Sarasehan Online dalam rangka peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia tahun 2022 Minggu, 10 April 2022.

Baca juga: BPJPH Gelar Public Hearing Registrasi Lembaga Halal Luar Negeri Dengan Libatkan 11 Kedubes

Read More

Kegiatan secara daring melalui Zoom dan Youtube dengan tema Arah Baru bagi Pendidikan Kepramukaan untuk Lebih Menyatu dengan Masyarakat tersebut menghadirkan 4 narasumber.

Tiga Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka perempuan, yaitu Kak Atalia Praratya (Kwarda Jawa Barat), Kak Siti Atikoh (Kwarda Jawa Tengah), dan Kak GKR Mangkubumi (Kwarda Daerah Istimewa Yogyakarta)
memberikan paparan terkait dengan implementasi Pengabdian Masyarakat. Satu narasumber lainnya adalah Kak Ery Widaryana (Ketua Kwarcab Sleman)

Baca juga: Kabar Baik, Kerajaan Arab Saudi Izinkan 1 Juta Jemaah Beribadah Haji

Selain menyampaikan implementasi Pengabdian Masyarakat yang ada di wilayahnya, keempat narasumber Sarasehan Online Hari Bapak Pramuka Indonesia 2022 Kwarda DIY juga secara khusus mengajak Pramuka dapat
terus Berperan Aktif dalam Membangun Masyarakat

Kak Atalia dalam paparannya menyampaikan bagaimana Pramuka Jawa Barat mengimplementasikan pengabdian masyarakat dengan salah satu bentuknya adalah membangun jembatan gantung yang menghubungkan antara Cirebon (Jawa Barat) dengan Brebes (Jawa Tengah).

Baca juga: WOW! Bangun Rumah Sendiri Kena PPN, Ini Tarif dan Aturan dari Ditjen Pajak

Pembangunan jembatan ini meraih rekor MURI dan menginspirasi banyak kwartir daerah lainnya.Selain itu, Kak Atalia juga menyampaikan berbagai kegiatan lainnya yang diselenggarakan terkait dengan bagaimana Pramuka
mengabdi dan berbakti di masyarakat. Sebagaimana diketahui bahwa pramuka harus berbakti tanpa henti, mengabdi tanpa batas.

Dari Kwarda Jawa Tengah (Jateng), Kak Atikoh menyampaikan berbagai hal terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan pramuka Jateng dalam bidang pengabdian masyarakat, seperti peduli penanggulangan bencana, bakti masyarakat, serta kegiatan lain yang bersinergi dengan banyak mitra.

Baca juga: Kemenag Gelar Kick Off Mid-Term Review Madrasah Reform Project

Disusul dengan penjelasan Kak GKR Mangkubumi terkait dengan Kebijakan Perintisan Kampung Pramuka di Daerah Istimewa Yogyakarta yang disebutkan bahwa kampung pramuka merupakan wadah peran serta Gerakan Pramuka dalam penyelenggaraan pengabdian masyarakat dengan menerapkan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan, serta media implementasi Satya dan Darma Pramuka yang dilakukan bersama-sama masyarakat.

Menurut Kak GKR Mangkubumi, Kampung Pramuka dapat menumbuhkembangkan, memperkuat eksistensi Gerakan Pramuka, pendidikan karakter jiwa- jiwa kepanduan di masyarakat secara komprehensif dan inklusif.

“Selain itu juga mewujudkan peran Pramuka sebagai the change maker dan turut serta dalam membangun masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Kunker ke Jambi, Jokowi Disambut Demo Mahasiswa, Apa Saja Tunutuannya?

Paparan akhir dalam Sarasehan Online yang digelar Kwarda DIY ini ditutup dengan penguatan terkait impelementasi Rintisan Kampung Pramuka di wilayah Kwarcab Sleman yang disampaikan oleh Kak Ery Widaryana.

Sebagaimana diketahui bahwa Sarasehan Online ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian agenda peringatan Hari Bapak Pramuka tahun 2022 di Kwarda DIY yang secara resmi pembukaannya dilakukan oleh Kak GKR Hayu, Wakil Ketua Kwarda DIY Bidang Humas, Teknologi Informatika, dan Kerjasama.

Kegiatan diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang tergabung melalui aplikasi Zoom dan juga Youtube Kwarda DIY.

Baca juga: Jadi Kota Paling Toleran 2021, Kemenag Beri Apresiasi Kota Singkawang

baca juga: Cari Klinik Kecantikan di Jogja, ini Rekomendasi Terbaik Harga Bersahabat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.