Tinjau Banjir, Bupati dan Wabub Purworejo Serahkan Bantuan di Berbagai Lokasi

Bupati dan rombongan meninjau Desa Krandegan Kecamatan Bayan
Bupati dan rombongan meninjau Desa Krandegan Kecamatan Bayan. (Kominfo Purworejo)

Tinjau Banjir, Bupati dan Wabub Purworejo Serahkan Bantuan di Berbagai Lokasi ~ Headline.co.id (Purworejo). Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Purworejo sepanjang hari kemarin menyebabkan berbagai desa mengalami bencana banjir maupun tanah longsor. Hari ini Selasa (15/03/2022) Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH, Sekda Drs Said Romadhon, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Kepala DPUPR, Kepala Dinkes, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Satpol PP dan Damkar serta unsur terkait lainya.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Stok Daging untuk Kebutuhan Ramadan dan Idulfitri di Kabupaten Lumajang Melimpah

Read More

Pertama, Bupati mengunjungi posko pengungsian di Masjid Desa Bapangsari Kecamatan Bagelen. Dilokasi tersebut bupati bersama rombongan meninjau langsung di titik banjir dan melihat dapur umum. Di dapur umum, bupati memantau ketersediaan bahan mentah yang akan di olah dan dibagikan kepada para pengungsi.

“Memang hari ini di berbagai wilayah ada bencana banjir, dan banjir kali ini memang mayoritas lebih besar dibandingkan tahun yang lalu. Terbukti banyak daerah yang dulu tidak banjir dan sekarang terkena banjir. Ini yang perlu kita cari tahu penyebabnya dan mencari solusinya,” katanya.

Baca juga: Catat! Ini Tanggal Niat dan Bacaan Doa Puasa Nisfu Syaban 2022

Selanjutnya, rombongan menuju ke Desa Wingko Sanggrahan untuk meninjau dapur umum yang ada di sana. Bupati juga berdialog dengan Forkopimcam dan menginstruksikan BPBD untuk menerjunkan alat berat agar bisa digunakan untuk membersihkan berbagai macam sampah yang terbawa air.

Berikutnya, Bupati dan rombongan meninjau Desa Krandegan Kecamatan Bayan. Menurutnya, Krandegan merupakan salah satu desa yang terlanda banjir cukup parah. Terdapat 700 warga Krandegan yang mengungsi di tempat yang telah disiapkan pemerintah desa.

“Saya meminta warga masyarakat untuk mematuhi arahan dari pemerintah desa dan BPBD. Karena kan kita tidak tahu ini akan surut kapan, sedangkan hujan juga masih turun,” ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Purworejo Beri Pembekalan 49 Kades Baru

Terakhir, Bupati beserta rombongan menengok posko yang berada di Gedung PNPM Desa Butuh. Disana bupati berdialog dengan warga dan memastikan bahwa para pengungsi mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima. Pelayanan cek kesehatan menurutnya sangat penting apalagi dalam kondisi banjir yang tidak jarang banyak penyakit yang menyertai.

Tak lupa, disetiap lokasi yang dikunjungi Bupati menyerahkan bantuan sembako, selimut, dan perlengkapan lainya yang dibutuhkan para pengungsi. “Di wilayah pegunungan seperti Kemiri, Pituruh, Kaligesing juga terdapat longsor namun tidak besar dan tidak ada korban jiwa,” terangnya.

Baca juga: Ini Aturan Terbaru Untuk Perjalanan Luar Negeri Semasa Pandemi Covid-19

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.