Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Daerah

Jelang Ramadhan, Stok Daging untuk Kebutuhan Ramadan dan Idulfitri di Kabupaten Lumajang Melimpah

167
×

Jelang Ramadhan, Stok Daging untuk Kebutuhan Ramadan dan Idulfitri di Kabupaten Lumajang Melimpah

Sebarkan artikel ini
Stok Daging di Lumajang untuk Ramadhan dan Idul Fitri
Ilustrasi. (Kominfo)

Jelang Ramadhan, Stok Daging untuk Kebutuhan Ramadan dan Idulfitri di Kabupaten Lumajang Melimpah ~ Headline.co.id (Lumajang). Ketersediaan daging sapi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dipastikan aman menjelang Bulan Ramadan dan Idulfitri nanti.

Baca juga: BSN Fasilitasi LSPro Ruang Lingkup Alat Penangkap Ikan

“Untuk ketersediaan daging di Kabupaten Lumajang mencukupi, bahkan surplus,” terang Kepala Bidang Perternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang drh. Rofi’ah saat dikonfirmasi usai kegiatan pendataan Kartu Ternak Elektronik di Kecamatan Sukodono, Senin (14/3/2022).

drh. Rofi’ah juga menerangkan, dari data populasi sapi jantan, diprediksi produksi daging di Kabupaten Lumajang akan mencapai ada 11.467.928 kg untuk satu tahun. Sehingga dari perkiraan tersebut bisa dipastikan ketersediaan daging akan tercukupi.

Baca juga: Angin Kencang Terjang Pemukiman di Gunungkidul, Satu Warga Luka Ringan

Kemudian, berdasarkan data pemotongan di rumah pemotongan hewan, untuk konsumsi daging pada Januari 2022 mencapai 185.076 kg, Februari 2022 mencapai 165.360 kg, dan konsumsi daging pada Maret 2022 diperkirakan akan meningkat sekitar 171.720 kg.

Menurutnya, dari data tersebut dapat diprediksi konsumsi daging pada saat Bulan Ramadan (Bulan April nanti) akan naik mencapai 173.416 kg, dan akan meningkat menjelang Hari Raya Idulfitri pada angka 189.104 kg.

“Di bulan Mei ini, menjelang lebaran biasanya H-1 dan H-2 itu dua kali lipat kebutuhan untuk konsumsi, sehingga diprediksi 189.104 kg, di rumah pemotongan hewan itu rata-rata antara 27-28 per hari, itu kita asumsikan sebagai kebutuhan konsumsi daging, malah kita juga ngirim ke luar kabupaten,” jelas dia.

Baca juga: Inilah Lokasi Tes Penulisan Makalah Calon Eselon II Kemenag Digelar 14 Maret

Ia menambahkan, bahwa untuk memastikan kesehatan hewan yang akan dipotong, petugas rumah pemotongan hewan telah terlebih dulu melakukan pemeriksaan. Namun, untuk memastikan kesehatan daging yang dijual di pasar, pihaknya juga secara rutin melakukan pemeriksaan di sejumlah pedagang daging.

“Satu minggu sekali kita melakukan pemeriksaan ke pasar, memeriksa daging yang dijual di pasar,” imbuhnya.

Baca juga: Kemenag Tetapkan Label Halal Berlaku Secara Nasional, Ini Filosofi dan Logonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintah Kabupaten Lumajang Maksimalkan Sistem Peringatan Dini untuk Warga
Humaniora

BPBD Lumajang Lakukan Gladi Lapangan Untuk Mitigasi Bencana ~ Headline.co.id (Lumajang). Pemerintah Kabupaten Lumajang (Pemkab) terus berupaya memaksimalkan sistem peringatan dini berbasis masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam….