Apa Saja yang Harus Kita Perhatikan Sebelum Olahraga? Ini yang Wajib Kamu Tau

Ilustrasi olahraga
Ilustrasi olahraga (freepik)

Apa Saja yang Harus Kita Perhatikan Sebelum Olahraga? Ini yang Wajib Kamu Tau ~ Headline.co.id (Olahraga). Guna menjaga tubuh tetap sehat, olahraga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan.  Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat sekarang ini.

Baca juga: Amankan WSBK Mandalika, Korlantas Polri Kerahkan Ratusan Personel-Kendaraan Statis

Tujuan olahraga adalah untuk menjaga kesehatan seseorang atau menjadi lebih sehat. Manfaat yang didapat tentunya orang tersebut akan memiliki imun yang kuat karena telah terbentuk badan sehat. Akan tetapi, dalam berolahraga, harus ada hal yang perlu diperhatikan.

1. Pemanasan

Sebelum melakukan olahraga, pemanasan harus dilakukan terlebih dahulu.

Hal tersebut untuk menghindari terjadinya cedera pada otot ketika berolahraga.

Otot akan kaget ketika belum pemanasan tetapi sudah dibawa untuk berolahraga berat.

Baca juga: Sinergitas 3 Pilar Polsek Sukasari Polrestabes Bandung Tindak Tegas Pelanggar PPKM Darurat Covid-19 Level 2

2. Asupan Makanan

Pastikan sebelum berolahraga telah makan terlebih dahulu.

Namun, harus diberi jeda yang cukup untuk organ pencernaan mencerna makanan yang masuk.

Jika setelah makan langsung dibawa untuk berolahraga, pencernaan bisa terganggu.

Baca juga: Satlantas Polres Magetan Amankan Belasan Motor Tak Sesuai Aturan Lalu Lintas Saat Operasi Zebra

3. Minum air mineral yang cukup

Dalam melakukan olahraga, perlu diperhatikan asupan mineral.

Jika asupan air minum kurang, tubuh akan terancam karena dehidrasi.

Baca juga: Dialog Lintas Agama di Manado dihadiri 4 Perwakilan Negara Sahabat

4. Jangan diforsir

Olahraga lebih baik dilakukan dengan tidak berlebihan.

Tidak disarankan melakukan olahraga yang memforsir tubuh mengingat ada batasan yang dimilii oleh tubuh setiap orang.

Jika melakukan olahraga yang diforsir, selain tubuh akan kelelahan, alih-alih sehat justru akan menimbulkan penyakit.

Baca juga: Tingkatkan Ekonomi di Masa Pandemi, Ketua DPRD Depok Dukung Wirausaha Muda

5. Jangan langsung duduk setelah berlari

Jika olahraga yang Anda pilih adalah jogging atau berlari, tidak disarankan untuk langsung duduk.

Lebih baik berjalan terlebih dulu sebelum duduk untuk mengatur ritme tubuh setelah berlari.

Langsng duduk setelah berlari berbahaya untuk dilakukan karena akan membuat darah menumpuk di bagian bawah tubuh yang menyebabkan aliran darah ke jantung dan otak berkurang.

Kondisi tersebut berbahaya dan bisa menyebabkan seseorang kemudian pingsan karena tidak ada suplai ke jantung dan otak.

Baca juga: 50 Anak Jateng “Rebut” Kursi Gubernur, Bupati dan Walikota Dalam Peringatan Hari Anak se dunia

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *