Achmad Yurianto Pastikan 89 Laboratorium Aktif Periksa COVID-19

  • Whatsapp
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia, Achmad Yurianto (HUMAS BNPB/Dume Harjuti Sinaga)

Headline.co.id (Jakarta) ~ Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 memastikan bahwa sebanyak 89 laboratorium telah aktif melakukan pemeriksaan COVID-19 yang tersebar di seluruh Indonesia.

baca juga: Peringatan Hari Buruh Internasional Tiadakan Demonstrasi, Tapi Diganti dengan Aksi Sosial Terhadap Wabah Corona

“Sebanyak 48 diantaranya merupakan laboratorium yang tersebar di rumah sakit-rumah sakit yang ada di seluruh Indonesia,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto dalam keterangan resmi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Rabu (29/4).

Selain laboratorium-laboratorium yang ada di sejumlah rumah sakit, sebanyak 15 laboratorium milik perguruan tinggi di seluruh Indonesia juga telah aktif melakukan pemeriksaan sampel terkait COVID-19.

baca juga: Berhasil Kumpulan Dana Sosial Hingga Rp555 M, Kapten Tom Moore Veteran Perang Dunia II Banjir Ucapan Selamat

Sedangkan 18 laboratorium adalah jejaring laboratorium yang ada di bawah Kementerian Kesehatan, dan lima laboratorium lainnya adalah jejaring laboratorium kesehatan di daerah.

“Kemudian, tiga laboratorium berada di bawah balai veteriner di bawah Direktorat Peternakan,” tambah Yuri.

Hingga Rabu pukul 12.00 WIB, jumlah spesimen terkait COVID-19 yang diperiksa mencapai 86.985 spesimen yang berasal dari 67.784 orang dengan hasil 9.771 kasus positif dan 58.013 kasus negatif.

baca juga: Pemerintah Siapkan 5 Skema Besar Perlindungan dan Pemulihan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

Konfirmasi positif COVID-19 yang berhasil sembuh mencapai 1.398 orang, sedangkan yang meninggal mencapai 784 orang.

DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan jumlah kasus positif, sembuh, dan meninggal terbanyak, yaitu 4.092 kasus positif, 440 orang sembuh, dan 370 orang meninggal.

baca juga: Update Virus Corona di Indonesia Rabu 29 April 2020: Menjadi 9.771 kasus dan 1.391 Pasien Sembuh

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *