Berita, Nasional, Pemerintah,

WHO Siap Bantu Indonesia Hadapi Wabah Corona

Ilustrasi virus Corona
Ilustrasi virus Corona

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan siap bekerja sama dengan pemerintah Indonesia terkait penanggulangan wabah Corona. Hal ini dikarenakan tingkat kematian atau case fatality rate (CFR) kasus Corona di Indonesia lebih tinggi daripada rata-rata dunia.

Baca juga: Korupsi 5 Miliar, Mantan Anggota DPRD Hanya Divonis 18 Bulan Penjara

Pada hari Selasa (31/3), CFR Corona di Indonesia sebesar 8,9 persen padahal rata-rata dunia di angka 4,83 persen. Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom mengatakan telah berkoordinasi denga Preiden Joko Widodo serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

“Kami selaras dengan respons yang harus ditanggapi dan kami akan meningkatkan kerja sama terkait situasi yang ada di Indonesia,” ucapnya saat melakukan media briefing pada Senin (30/3) lalu.

Baca juga: Kebijakan Baru Presiden Jokowi: Kucurkan Dana Rp405,1 T untuk Penanganan Covid-19

Direktur Eksekutif Program Darurat WHO, Michael J. Ryan, mengatakan Indonesia masih punya kesempatan untuk menerapkan strategi penanggulangan wabah. Ia mengingatkan agar Indonesia terus ‘kejar’ dan beri tekanan pada virus dengan mendeteksi kasus seperti yang dilakukan negara lain di Asia Tenggara.

Baca juga: Kebijakan Baru Jokowi: Gratiskan Tarif Listrik 450 VA dan Diskon 50% untuk 900 VA Selama 3 Bulan

Michael juga mengatakan kemungkinan besar kasus akan tetap bertambah sehingga sebaiknya Indonesia lebih menguatkan sistem kesehatannya.

Baca juga: Update Covid-19 31 Maret: 1.528 Positif, 81 Sembuh, 136 Meninggal

“Kami percaya hal-hal ini sudah diusahakan oleh Indonesia dan kami akan melakukan apa saja untuk membantu pemerintah di sana,” ujarnya.

Comments
To Top