oleh

Waspadai COVID-19, MUI Sleman Minta Sholat Jumat Bawa Perlengkapan Ibadah Sendiri dan Siapkan Sabun Cair Untuk Jemaah

-Berita-38 views

Headline.co.id (Yogyakarta) ~ Merebaknya virus corona membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sleman memberikan himbauan kepada Jemaah salat jumat agar membawa sajadah dan perangkat ibadah pribadi untuk salat jumat berjamaah yang diselenggarakan oleh masjid-masjid di Sleman pada Jumat, 20 Maret 2020.

baca juga: Guru Besar UGM Positif Corona, Teman Kerabat yang Kontak Langsung Dalam 3 Pekan Diimbau Skrining

Sekretaris Umum MUI Sleman Arif Mahfud menyampaikan saat ini belum ada laporan masuk tentang masjid di Sleman yang tidak menyelenggarakan sholat Jumat untuk besok. Menurutnya data lebih valid tentu ada pada Dewan Masjid Indonesia.

Meskipun begitu, MUI Sleman mengatakan karena Kabupaten Sleman belum dinyatakan berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) Corona Virus Disease (COVID-19), maka MUI tetap menganjurkan jemaah tetap salat Jumat di masjid.

baca juga: Ilmuwan Asal China Berhasil Temukan Vaksin Corona

Namun, MUI Sleman menghimbau agar jamaah tetap berhati-hati dengan kondisi yang ada, misalnya pertama, saf diberi jarak agak renggang, antara baris pertama dan kedua maksudnya. Kedua, jika memungkinkan, pada Jumat pagi masjid membersihkan lingkungan masjid dan menyiapkan sabun cair untuk jemaah. Ketiga, untuk perlengkapan, jemaah diminta untuk membawa sendiri-sendiri, seperti sajadah, mukena, dan lainnya.

Mengenai imbauan yang di Ambil, lanjut Arif, masih mengacu pada kebijakan yang dimunculkan dalam edaran Pemerintah Kabupaten Sleman, seperti penerapan di sekolah, di lingkungan instansi pemerintah, dan lainnya.

baca juga: Khofifah: Pasien Positif COVID-19 di Jawa Timur Bertambah Jadi 8 Orang, Satu Meninggal di Malang

Mengenai kebijakan MUI Sleman tidak mengeluarkan imbauan secara tertulis, namun hanya melanjutkan dari MUI Pusat. Selain itu bagi jamaah yang sedang batuk pilek diminta untuk menggunakan masker.

Komentar

News Feed