Raja Belanda Hantarkan Keris Pangeran Diponegoro ke Indonesia, Menlu: Itu Asli!

  • Whatsapp
Raja Belanda kembalikan Keris Pangeran Diponegoro pulang ke Indonesia
Raja Belanda kembalikan Keris Pangeran Diponegoro pulang ke Indonesia. (Foto: Setkab)

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Menteri Luar (Menlu) Negeri Retno LP Marsudi telah memastikan bahwa keris Pangeran Diponegoro asli. Konfirmasi ini disampaikan Menlu di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3).

Pembuktian keaslian keris ini melalui proses penelitian yang cukup lama dan panjang. Akhirnya, setelah hilang beratus tahun, kemaren keris Pangeran Diponegoro pulang ke tanah air dihantarkan langsung Raja Belanda Willem Alexander.

Read More

Baca Juga: Indonesia Miliki Kembali Keris Diponegoro yang Hilang Selama Ratusan Tahun

“Itu adalah pengembalian dari keris Diponegoro yang sebenarnya prosesnya sudah cukup lama,” tutur Retno.

Retno juga menjelaskan untuk memastikan keaslian keris tersebut, penelitian dilakukan oleh Indonesia dan Belanda secara bersama-sama.

“Jadi prosesnya tentunya kita melakukan penelitian bersama untuk betul-betul memastikan bahwa keris ini adalah milik Pangeran Diponegoro,” ungkapnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Kenegaraan Raja dan Ratu Belanda di Istana Bogor

“Beberapa minggu sebelum kunjungan, kita juga mengirimkan tim di mana di dalamnya terdapat Dirjen Kebudayaan karena saya berkonsultasi juga dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah mengutus Direktorat Jenderal Kebudayaan bersama Ahli dari Indonesia untuk melakukan pengecekan, lalu keris tersebut telah dikonfirmasi bahwa memang milik Pangeran Dipenogoro.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *