Demi Tingkatkan Pelayanan, Edi Sukmoro Resmikan Penataan Stasiun Brebes

  • Whatsapp
PT KAI bersama Bupati dan Muspida Brebes meresmikan Penataan Stasiun Brebes.
PT KAI bersama Bupati dan Muspida Brebes meresmikan Penataan Stasiun Brebes.

HeadLine.co.id, (Brebes) – Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro meresmikan langsung Penataan Stasiun Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jumat (06/03). Peresmian ini juga didampingi oleh Bupati dan Muspida Brebes.

“PT KAI terus berupaya untuk memberikan kenyaman serta meningkatkan fasilitas pendukung pelayanan penumpang di Stasiun Brebes dengan penataan dan perluasan beberapa fasilitas yang lebih baik.” ujar Edi Sukmoro dalam sambutannya.

Bacaan Lainnya

Adapun fasilitas pelayanan yang ditata meliputi pembangunan Ruang Loket dan Customer Service (CS), pembangunan Area Parkir Mobil, Taman, Area Drop Off, Mushola, Toilet dan perpanjangan Peron serta Overcaping.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Virus Corona, KAI Siapkan Kereta Kesehatan Hingga Pos Kesehatan

Perpanjangan peron dan overcaping dimulai pada bulan April hingga September 2019 lalu sedangkan untuk penataan Stasiun Brebes dimulai pada bulan Oktober 2019 lalu. Ruang lingkup pekerjaan penataan pembangunan mulai dari ruangan loket dan CS, Mushola dan Toilet zona 3, perluasan ruang tunggu zona 2, penataan area parkir motor, perluasan selasar zona 3,
serta pembangunan Taman, dan area Drop Off.

Selain itu, untuk memperindah tampilan depan Stasiun, kini terdapat land mark atau signed Stasiun Brebes. “Dengan dilakukannya penataan Stasiun Brebes diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk bertransportasi
menggunakan kereta api serta dapat melayani penumpang KA dengan lebih baik karena daya tampung atau kapasitas area parkir stasiun yang lebih luas dan lebih representative.” ungkap Edi.

PT KAI (Persero) juga memberikan CSR kepada Pemerintah Kabupaten Brebes.
PT KAI (Persero) juga memberikan CSR kepada Pemerintah Kabupaten Brebes.

Stasiun Brebes merupakan salah satu stasiun kelas 1 yang beroperasi di wilayah PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon dan merupakan stasiun kebanggaan masyarakat Kabupaten Brebes dalam bertransportasi menggunakan kereta api.

Lonjakan penumpang di Stasiun Brebes juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tercatat, dalam pelayanan penumpang di tahun 2017 Stasiun Brebes melayani sebanyak 149.244 penumpang, tahun 2018 sebanyak 205.664 penumpang dan pada tahun 2019 sebanyak 217.619 penumpang.

Setiap harinya Stasiun Brebes melayani 500-700 penumpang, baik yang naik ataupun turun. Saat akhir pekan atau hari besar nasional, jumlah tersebut meningkat sampai 1.000 penumpang.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pengguna jasa kereta api sekaligus memenuhi Standar Pelayanan Minimum sesuai PM No 63 Tahun 2019, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon terus berinovasi dengan melakukan penataan Stasiun Brebes.

Baca Juga: 43 Tahun Terbengkalai, Kini Stasiun Pulau Air Jadi Cagar Budaya dan Diaktifkan Lagi

Sebelumnya, terbatasnya area Hall dan Selasar Stasiun menjadikan penumpukan penumpang jelang keberangkatan ataupun kedatangan kereta api. Kurang luasnya area parkir juga menjadi perhatian KAI dalam melakukan penataan.

Berbarengan dengan acara peresmian tersebut, PT KAI (Persero) juga turut menyalurkan bantuan bina lingkungan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Brebes.

Bantuan senilai Rp 50.000.000, diberikan PT KAI kepada 200 siswa se-Kabupaten Brebes. Bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk 200 tas sekolah, 200 set alat tulis serta 200 stel seragam sekolah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *