Pemprov DKI Jakarta Sebut Punya Solusi Atasi Banjir

  • Whatsapp

HeadLine.co.id, (Jakarta) – Curah hujan yang tinggi pada Kamis (20/02) membuat sejumlah titik di kawasan Jakarta timur dan selatan kembali terendam banjir. Juaini selaku Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menjelaskan bahwa banjir tersebut merupakan kiriman dari hulu.

“Banjir hari ini karena kiriman dari hulu cukup tinggi sampe pintu air Katulampa tinggi muka air 150 cm ( Siaga 2 ) jam 06.00 WIB, 6 jam kemudian sampe ke pintu air Manggarai sehingga lokasi sepanjang kali Ciliwung terkena dampaknya,” ucap Juaini Kamis (20/2/2020) malam.

Read More

Baca Juga: Tiba di Riau, Presiden Tinjau Posko Penanganan Karhutla

Pemprov DKI pun mengatakan telah menyiapkan sejumlah solusi untuk menangani banjir tersebut. Juaini menjelaskan untuk beberapa wilayah
seperti Kampung Melayu, Pancoran dan Cawang akan diatasi dengan memaksimalkan pompa untuk menyedot air.

“Jangka pendek, kita maksimalkan pompa-pompa yang deket lokasi, yang kena dampak,” ucap Juaini.

Ia melanjutkan, solusi jangka panjangnya adalah pembuatan waduk di daerah hulu yang harus dipercepat. Selain itu dibutuhkan juga koordinasi dengan daerah penyangga lainnya.

“Untuk mengatasi banjir harus ada kerja sama dengan daerah penyangga, misalnya program pembuatan waduk di hulu (sebagai retensi) harus dipercepat untuk mengurangi debit air yang datang dari sana,” tambahnya.

Baca Juga: Sapa Pelanggan di Tanggal Cantik, PT KAI Daop Cirebon Bagi Vocer Hingga Souvenir

Menurutnya pihak DKI Jakarta juga akan mengeruk beberapa sungai yang melintasi Jakarta. Tidak hanya itu, pompa-pompa yang ada di seluruh DKI Jakarta pun akan dicek kembali supaya dapat menangani banjir dengan maksimal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *