by

Jokowi Lepaskan Satu Pasang Elang Jawa di TNGM Untuk Jaga Kelestarian Habitat

Headline.co.id (Magelang) ~ Elang jawa atau yang memiliki nama latin Nisaetus bartelsi  merupakan ikon dari kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), tak jarang burung ini sering dijumpai di daerah perbukitan lereng gunung yang kondisi hutannya relatif masih baik. Namun, jumlah elang jawa yang terpantau terbang bebas di kawasan Merapi tiap tahunnya terbilang minim.

baca juga: Sambangi Taman Nasional Gunung Merapi, Presiden Dorong Upaya Pelestarian Lingkungan

Berdasarkan pengamayan dari Balai Taman Nasional Gunung Merapi menunjukkan bahwa dalam setahun terakhir hanya terdapat enam ekor elang yang terlihat di kawasan tersebut.Magelang

Oleh karena ini, dalam kunjungan kerjanya ke Taman Nasional Gunung Merapi pada Jumat (14/2), Presiden Joko Widodo melakukan pelepasan dua ekor elang jawa yang diharapkan dapat menjaga kelestarian jenis tersebut di alam bebas sekitar Gunung Merapi.

“Elangnya satu pasang dilepas. Kawasan ini memang memiliki kemampuan untuk menampung enam pasang, tetapi yang dilepas hari ini hanya satu pasang,” kata Jokowi.

bacca juga: Presiden Jokowi: WNI di Natuna Sehat dan Siap Kembali ke Keluarga

Satu pasang burung elang yang dilepas memiliki nama Abu dan Rossy. Keduanya merupakan satwa yang diserahkan kepada petugas dari masyarakat untuk kemudian direhabilitasi ke Pusat Konservasi Elang Kamojang.

Kedua elang tersebut telah menjalani proses rehabilitasi sejak 8 Juni 2018 lalu yang meliputi pemeriksaan dan pemulihan kesehatan.

Elang jawa sendiri merupakan satwa yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999. Elang jawa juga dinyatakan sebagai spesies yang kini berada di ambang kepunahan.

baca juga: 62 Suspect Virus Corona di Indonesia Negatif, Jokowi Bersyukur dan Beri Apresiasi

Comment

News Feed