by

Selain Manfaat Diet Buah Plum Juga Memiliki Khasiat Bagi Kesehatan

Selain Manfaat Diet Buah Plum Juga Memiliki Khasiat Bagi Kesehatan~Headline.co.id. Buah plum adalah buah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia tetapi banyak sebagian orang juga masih merasa asing dengan buah ini, padahal buah yang satu ini memiliki banyak manfaat dalam mengatasi berbagai penyakit dan buah ini termasuk dalam keluarga rosacea serta meliputi persik, aprikot, dan nektarin. Buah ini memiliki berbagai variasi warna dan bentuk, lebih dari 2000 varietas.

Khasiat dari buah plum serta manfaatnya bagi kesehatan

1.mengandung antioksidan yang tinggi

Plum mengandung fitonutrien yang disebut dengan asam neochlorogenic kedua zat ini termasuk sebagai fenol (jenis antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas berbahaya), buah plum ini juga kaya akan vitamin C nya dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic dan asam klorogenat. Kehadiran zat-zat inilah yang mampu menjadikan buah yang memiliki beragam warna ini sebagai antioksidan yang efektif untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas, termasuk radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh seperti radikal oksigen atau radikal anion superoksida.

2.menjaga sistem pencernaan

Manfaat dari buah plum yang paling dikenal adalah kemampuannya yang mencegah sembelit. Serat buah plum memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya, sehingga mengurangi risiko kanker usus besar dan wasir. Sementara itu, serat plum yang tidak larut, bertugas menyediakan makanan untuk bakteri baik yang tinggal di usus besar, sehingga membantu melestarikan populasinya.

Bakteri baik dalam usus menghasilkan asam lemak rantai pendek yang disebut asam butirat. Asam butirat berfungsi sebagai bahan bakar utama untuk sel-sel usus besar dan membantu mempertahankan kesehatan organnya. bakteri baik dalam usus menciptakan dua asam lemak rantai pendek lainnya, asam propionat dan asetat, yang digunakan sebagai bahan bakar oleh sel-sel hati dan otot. Bakteri ramah ini juga memerangi bakteri patogen penyebab penyakit dan mencegahnya bertahan di saluran pencernaan.

Selain Manfaat Diet Buah Plum Juga Memiliki Khasiat Bagi Kesehatan

Ternyata Buah Dapat Mencegah Penyakit Ini

3. Menyembuhkan obesitas

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat buah plum merah untuk diet dapat membantu melawan sindrom metabolisme karena adanya senyawa bioaktif. Ekstraksi buah plum adalah rahasia pengobatan obesitas dan komplikasi lainnya yang masih berkaitan dengan kelebihan berat badan.Flavanoid dan fenol yang ada di dalam buah plum juga hadir sebagai pencegah obesitas. Manfaat buah plum untuk diet pada akhirnya juga membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh penderita kelebihan berat badan.

4. Pencegahan osteoporosis

Buah  plum kering juga ternyata memiliki banyak manfaat buh ini mampu menjaga kesehatan tulang  karena kandungan anabolik dan anti-resorptive untuk merawat tulang. Flavanoid seperti asam caffeic dan rutin membantu mencegah kemerosotan jaringan tulang dan mencegah berbagai penyakit seperti osteoporosis pada wanita yang telah mengalami menopause yang mengalami penurunan hormon estrogen seiring bertambahnya usia polifenol dan kalium didalamnya yang mampu mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang.

5. Menjaga kesehatan jantung

Plum adalah sumber kalium yang baik, elektrolit yang membantu dalam berbagai fungsi tubuh vital. Mineral ini membantu memelihara irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan risiko stroke. Karena tubuh tidak menghasilkan kalium secara alami, untuk itu rutin mengonsumsi plum atau versi jusnya dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan harian kalium tubuh. Terlebih lagi, zat pewarna alami buah plum, antosianin, dapat melindungi terhadap kanker dengan menetralkan radikal bebas yang berbahaya.

6. Menurunkan gula darah

Buah plum termasuk makanan yang memiliki tingkat indeks glikemik rendah yang termasuk jenis makanan yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi risiko terhadap diabetes tipe 2.

7. Meningkatkan ketajaman otak

Selain dapat menurunkan gula darah buah plum juga dapat mencegah pikun atau biasa disebut dengan (cepat lupa) karena buah manfaat dari buah plum sendiri dapat membantu menetralisir radikal bebas yang merusak sel otak.

Pingin sehat Makan Buah ini Manfaatnya

8. Mencegah anemia

Sesak napas, mudah tersinggung, kulit pucat, dan kelelahan adalah tanda-tanda anemia ringan. Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Untuk membuat sel darah merah yang sehat, tubuh  membutuhkan cukup asupan zat besi. Plum adalah sumber zat besi yang hebat dan dapat membantu mencegah dan mengobati kekurangan zat besi. Dua ratus lima puluh gram buah plum mengandung 0,81 miligram zat besi, yang menyediakan 4,5 persen kebutuhan harian zat besi tubuh.

9. mampu memperbaiki Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah plum cukup tinggi, maka tak mengherankan apabila buah ini dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu sumber untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh dari berbagai ancaman infeksi atau penyakit. Selain itu, kandungan unsur imunostimulan pada buah plum juga terbukti dapat mendorong produksi oksida nitrat di dalam tubuh sehingga dapat membantu menghambat metastasis sel tumor dan mencegah berbagai jenis penyakit.

10. Membantu Melawan Sel Kanker

Ekstrak plum telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan kanker. Buah plum mengandung epicatechin (epikatekin) yang merupakan salah satu jenis flavonoid dan telah terbukti dalam membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker ganas serta menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoselular atau kanker hati.buah plum juga kaya akan antioksidan dan fitonutrien yang termasuk asam klorogenik dan asam neo-klorogenik yang memiliki efek penyembuhan melawan sel kanker payudara, tanpa membahayakan sel-sel yang sehat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed