Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Berita

Pemkot Yogyakarta Tingkatkan Pengamanan Data untuk Mitigasi Ancaman Malware

3
×

Pemkot Yogyakarta Tingkatkan Pengamanan Data untuk Mitigasi Ancaman Malware

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kota Yogyakarta, Ignatius Tri Hastono
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kota Yogyakarta, Ignatius Tri Hastono (Foto: Hariane/Ica Ervina)

Headline.co.id, Yogyakarta ~ Dalam upaya meningkatkan keamanan data, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) telah memperkuat langkah-langkah mitigasi terhadap serangan malware. Langkah ini diambil menyusul insiden serangan malware yang terjadi pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baca juga: Ungkap Kasus Kekerasan Seksual di Sleman: Polresta Sleman Amankan Dua Pelaku

Ignatius Tri Hastono, Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta, menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah mitigasi untuk memastikan data pemerintah kota aman. “Kami tidak menutup kemungkinan bahwa malware tersebut dapat menyerang data kita. Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan dan mitigasi telah kami lakukan, terutama untuk layanan digital dan publik,” ujarnya saat ditemui di Balai Kota Yogyakarta pada Rabu, 3 Juli 2024.

Ignatius menjelaskan bahwa data kependudukan dan layanan publik yang tersimpan di server Jogja Smart Service (JSS) sudah dilindungi melalui mekanisme backup dan penyediaan cadangan data. “Kami telah mengimplementasikan langkah-langkah pengamanan untuk server terpusat JSS agar data tetap aman,” tambahnya.

Baca juga: Satreskrim Polresta Sleman Ungkap Kasus Kekerasan Seksual di Mlati

Untuk memperkuat keamanan, Diskominfosan juga telah menyiagakan tim ahli di bidang pengamanan data guna mengantisipasi serangan dari malware dan hacker. Namun, Ignatius mengakui bahwa data seperti e-KTP yang dikelola bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak sepenuhnya dapat diamankan oleh pihaknya.

Joko Marwiyanto, Kepala Bidang Sistem Informasi dan Statistik Diskominfosan Kota Yogyakarta, menambahkan bahwa data dalam JSS memang cukup rentan terhadap ancaman. Oleh karena itu, pihaknya telah mulai mengimplementasikan enkripsi data untuk meminimalisir risiko pembobolan. “Data pribadi seperti nama, alamat, dan tanggal lahir kini sudah kami simpan secara terenkripsi,” jelas Joko.

Baca juga: Mengerikan! Pelajar di Sleman Jadi Sasaran Kekerasan Seksual, Pelaku Berhasil Ditangkap

Selain itu, Joko mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menjaga keamanan data pribadi mereka. Ia menyarankan agar masyarakat rutin mengganti password dan melakukan pembaruan sistem keamanan pada perangkat mereka, baik di Android maupun komputer. “Kami menghimbau agar masyarakat selalu mengganti password secara rutin dan memperbarui sistem keamanan yang disediakan oleh sistem operasi secara berkala,” ujarnya.

Terimakasih telah membaca Pemkot Yogyakarta Tingkatkan Pengamanan Data untuk Mitigasi Ancaman Malware semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Ratusan Wisatawan Gunungkidul Terkena Sengatan Ubur-ubur dalam Sepekan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *