Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
PendidikanPemerintah

Kemenag RI Buka Uji Kompetensi untuk Calon Mahasiswa Al-Azhar Mesir 2024-2025

5877
×

Kemenag RI Buka Uji Kompetensi untuk Calon Mahasiswa Al-Azhar Mesir 2024-2025

Sebarkan artikel ini
Foto Kantor Kemenag
Foto Kantor Kemenag (ist)

Headline.co.id, Jakarta ~ Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) kembali melaksanakan uji kompetensi untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke Universitas Al-Azhar Mesir untuk tahun ajaran 2024-2025. Pendaftaran peserta seleksi telah dibuka mulai 14 Mei hingga 24 Mei 2024.

Baca juga: Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta Raih Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Perpustakaan dan Layanan Mahasiswa

“Pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Al-Azhar Mesir biasanya dimulai pada Agustus hingga Oktober 2024. Oleh sebab itu, kami mengadakan uji kompetensi lebih awal, yang mencakup tes penempatan (tahdid mustawa) dan matrikulasi Bahasa Arab sebagai persyaratan utama,” jelas Abu Rokhmad, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag RI, dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu lalu.

Abu Rokhmad menjelaskan bahwa uji kompetensi ini dikhususkan untuk lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang berminat melanjutkan studi ke Universitas Al-Azhar, baik melalui jalur beasiswa maupun non-beasiswa.

“Setiap tahunnya, Universitas Al-Azhar Mesir melalui Kedutaan Besar Mesir di Jakarta menyediakan 20 kuota beasiswa untuk mahasiswa Indonesia, dan Kemenag diberi kepercayaan untuk melakukan seleksi baik untuk penerima beasiswa maupun non-beasiswa,” kata Abu Rokhmad.

Baca juga: UAA Yogyakarta Memperkuat Kemitraan Internasional dengan IIUM Malaysia: Langkah Menuju Keunggulan Global

Program ini bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren untuk mendapatkan pendidikan tinggi di Al-Azhar dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

“Kami berharap program ini bisa membantu siswa Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren untuk meraih cita-cita mereka melanjutkan studi di Universitas Al-Azhar,” ujarnya. “Selain itu, beasiswa ini diharapkan juga dapat memperkuat kerja sama pendidikan antara Indonesia dan Mesir.”

Baca juga: Resmi Dibuka, Ini Syarat dan Kuota Pendaftaran Beasiswa Al-Azhar Mesir dari Kemenag

Peserta yang berhasil lulus uji kompetensi akan mendapatkan rekomendasi studi dari Kementerian Agama, baik melalui jalur beasiswa maupun non-beasiswa. Mereka juga berhak mengikuti matrikulasi bahasa di lembaga yang diakui Universitas Al-Azhar dan melanjutkan proses pemberkasan serta pendaftaran di universitas tersebut.

Informasi lebih lanjut mengenai prosedur pendaftaran, persyaratan, biaya, dan teknis pelaksanaan uji kompetensi akan diumumkan oleh Markaz Syekh Zayed (MSZ) cabang Indonesia melalui laman https://pusiba.com.

Terimakasih telah membaca Kemenag RI Buka Uji Kompetensi untuk Calon Mahasiswa Al-Azhar Mesir 2024-2025 semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Resmi Dibuka, Ini Syarat dan Kuota Pendaftaran Beasiswa Al-Azhar Mesir dari Kemenag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *