Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Wisata AlamWisata & Kuliner

Puncak Sokogunung: Wisata Murah dengan Pesona Keindahan Wonogiri

5227
×

Puncak Sokogunung: Wisata Murah dengan Pesona Keindahan Wonogiri

Sebarkan artikel ini
Wisata Puncak Soko Gunung
Wisata Puncak Soko Gunung (foto: IG @shint_pd)

Puncak Sokogunung: Wisata Murah dengan Pesona Keindahan Wonogiri ~ Headline.co.id, Wonogiri. Wisata alam tersembunyi seringkali menjadi magnet bagi para pelancong yang mencari pengalaman unik tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Salah satu destinasi yang patut diperhitungkan adalah Puncak Sokogunung di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Sebuah tempat yang menyuguhkan keindahan alam Wonogiri dari ketinggian, tanpa perlu menjauh dari pusat kota kabupaten.

Dengan jarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kabupaten Wonogiri, Dusun Sokogunung dapat dicapai dalam waktu kurang dari 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Lokasinya yang mudah dijangkau menjadikan destinasi ini sebagai alternatif wisata murah bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Baca juga: 6 Rekomendasi Tempat Seru Menikmati Malam Tahun Baru di Jogja

Pemandangan Memukau dari Puncak

Sesampainya di Puncak Sokogunung, mata kita akan disajikan dengan pemandangan memukau. Dari ketinggian ini, topografi Kabupaten Wonogiri dapat terlihat jelas dari berbagai penjuru arah. Keindahan Waduk Gajah Mungkur, yang membentang di bekas tujuh kecamatan, terlihat gemerlapan di sisi selatan dan barat. Sementara itu, gugusan perbukitan hijau menjadi pemandangan yang memanjakan mata di sekitar.

Akses Mudah dan Nyaman

Perjalanan menuju Puncak Sokogunung juga terasa menyenangkan. Dengan jarak yang relatif dekat, hanya 10 kilometer dari pusat Kabupaten Wonogiri, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu singkat. Jalan yang sudah beraspal dan dilengkapi dengan rabat beton membuat perjalanan semakin nyaman.

Baca juga: Tak Hanya Raffi Ahmad, Ada Investor Lainnya Yang Kembangkan Wisata Pantai Gunungkidul

Ketika memasuki Desa Sendang, perjalanan semakin menarik dengan jalan yang mulai menanjak. Di sebelah kiri, kita dapat menikmati pemandangan indah Waduk Gajah Mungkur. Bagi para pengunjung yang membawa kendaraan bermotor, tempat parkir tersedia di hutan pinus yang mengarah ke puncak Sokogunung.

Petualangan Menuju Puncak

Dari tempat parkir, petualangan menuju puncak Sokogunung dimulai. Dalam kurang dari 30 menit, pengunjung dapat mencapai puncak tanpa harus melewati perjalanan yang terlalu menantang. Selama perjalanan, hutan pinus dan berbagai tanaman lainnya memberikan suasana yang segar dan sejuk, sempurna untuk bersantai dan berfoto.

Baca juga: Pantai Indrayanti Jogja: Pesona Alam yang Memukau di Wisata Gunungkidul

Jadi, bagi mereka yang mencari pengalaman wisata alam yang unik tanpa merusak anggaran, Puncak Sokogunung di Wonogiri adalah pilihan yang sangat tepat. Akses mudah, pemandangan spektakuler, dan pengalaman yang tak terlupakan menanti para pengunjung yang berani menjelajahi pesona keindahan Wonogiri dari ketinggian.

Puncak Sokogunung Sempat Jadi Objek Wisata Hits

Puncak Sokogunung, yang dulu ramai sebagai objek wisata hits, kini terdiam dan seakan menanti kehadiran pengunjung untuk menghidupkannya kembali. Ari Hariyadi, Ketua Karangtaruna Desa Sendang, mengungkapkan bahwa sebelum pandemi Covid-19, puncak ini sering dikunjungi oleh orang-orang dari Wonogiri dan sekitarnya. Mereka tidak hanya menikmati keindahan alam dari ketinggian, tetapi juga sering mendirikan tenda untuk berkemah dan bermalam di puncak bukit.

Baca juga: Tempat Wisata Blue Lagoon Jogja Alamat Lokasi Harga Tiket Masuk

Namun, ketika Headline Media melakukan pantauan pada Sabtu (27/1/2024), terlihat beberapa bekas fondasi bangunan parkir dan gubuk-gubuk yang kini ditinggalkan. Rambu petunjuk jalan dan plang-plang titik kumpul evakuasi juga masih ada, meskipun sudah roboh. “Sejak pandemi Covid-19, sudah jarang sekali orang datang ke sini, akhirnya ya tidak terawat, tutup,” ungkap Ari. Dia menjelaskan bahwa wisata ini sebelumnya dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sendang Pinilih bekerja sama dengan Perum Perhutani.

Puncak Sokogunung berada di wilayah hutan lindung Perum Perhutani, dan setelah pandemi mereda, belum ada tanda-tanda bahwa wisata ini akan dielola kembali. Padahal, menurut Ari, tempat ini memiliki potensi besar untuk menjadi tempat wisata unggulan di Wonogiri.

Baca juga: Mengungkap Keindahan Tersembunyi Curug Surodipo di Temanggung, Jawa Tengah

Namun, Mariko, salah satu ketua RT di Dusun Sokogunung, menyampaikan bahwa belum ada rencana dari desa untuk membuka dan mengelola kembali tempat wisata tersebut. Saat ini, warga desa hanya memanfaatkan lahan hutan di sekitar puncak untuk mencari rumput pakan ternak.

Bagus Yosep, seorang warga Wonogiri, mengungkapkan bahwa Puncak Sokogunung dulu menjadi salah satu wisata hits sebelum pandemi Covid-19, bersaing dengan Watu Cenik dan Puncak Joglo di Desa Sendang. Banyak anak muda yang rela mendaki ke puncak untuk menikmati pemandangan indah bentang alam Wonogiri. “Yang paling bagus itu pemandangan yang mengarah ke waduk, apalagi kelihatan juga gugusan gunung-gunungnya,” katanya.

Baca juga: Cari Travel Semarang Jogja? Ini Harga, Jadwal dan Lama Perjalanan

Meskipun kini sepi, Puncak Sokogunung menanti kembali gemerlapnya sebagai destinasi wisata yang diminati, menyajikan panorama alam yang tak terlupakan dari ketinggian. Sebuah potensi tersembunyi yang mungkin kembali mencuri perhatian setelah melewati masa sulit akibat pandemi.

Terimakasih telah membaca Puncak Sokogunung: Wisata Murah dengan Pesona Keindahan Wonogiri semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Mau Kulineran di Jogja? Ini Rekomendasi Tempat Makan di Jogja yang Viral di Tiktok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *