by

Gapeka 2019 Diterapkan Besok, PT KAI Daop 6 Yogyakarta Siap 100%

HeadLine.co.id, (Yogyakarta) – Beberapa jadwal keberangkatan kereta api terhitung 1 Desember 2019 akan mengalami perubahan. Hal tersebut dikarenakan PT KAI (Persero) memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019.

Kebijakan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero).

baca juga : Gapeka 2019, ini Daftar Kereta Mengalami Perubahan Relasi

Penetapan Gapeka 2019 ini menggantikan Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh PT KAI. Penerapan Gapeka 2019 ini akan mempengaruhi jadwal keberangkatan kereta api, waktu tempuh perjalanan, perpanjangan relasi, dan hadirnya kereta api-kereta api baru.

Para penumpang diharapkan supaya tidak berpaku pada kebiasaan jam keberangkatan lama atau waktu keberangkatan dengan jadwal gapeka lama.

Dalam rangka berlakunya Gapeka 2019, PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta mengadakan tasyakuran di ruang Pusdalopka.

Baca juga : Mulai Desember 2019 Jadwal Kereta di Stasiun Tugu Yogyakarta Berubah, Ini jadwalnya

Bersama Direktur Keuangan dan IT didampingi EVP, Deputy EVP Daop 6 Yogyakarta dan Kepala BPTT Darman Prasetyo beserta jajaran Senior Manager, Manager dan Kepala Pusdalopka.

Didik Hartantyo menyampaikan dalam sambutannya “Gapeka merupakan pedoman yang mengatur perjalanan KA dengan gapeka baru ini semoga membuat berkah bagi operasional KA” ujarnya

Didik Hartantyo bersama Jajaran Petinggi Daop 6 Yogyakarta memotong tumpeng diruang Pusdalopka Stasiun Besar Yogyakarta tanda syukur dimulainya Gapeka 2019. (Foto: TomoSu)

Eko Purwanto selaku EVP Daop 6 Yogyakarta mengatakan malam ini menjelang pergantian Gapeka baru mari bersama-sama memanjatkan doa bermunajat semoga pergantian gapeka berjalan lancar.

“Secara umum dalam persiapan pergatian gapeka sudah siap 100% perubahan saat ini merupakan babak baru, karena saat ini gapeka lebih optimal khususnya operasional sarana lebih panjang,” Tutup Eko Purwanto.

Berikut contoh dan rincian jadwal keberangkatan kereta api antara lain perubahan jadwal kereta api (KA) mulai 1 desember 2019, seperti Senja Utama Solo dari Pasar Senen ke Solo Balapan yang semula berangkat pukul 22.00 WIB, akan menjadi KA Fajar Utama Solo yang berangkat pada 05.50 WIB atau lebih awal 16 jam 10 menit.

baca juga : KAI Luncurkan 4 Kereta Api Baru, Ini dia Keretanya

KA Argo Bromo Anggrek dari Gambir ke Surabaya Pasarturi yang semula berangkat pada pukul 09.30 WIB, akan berangkat pada 08.15 WIB atau lebih awal 75 menit. KA Matarmaja dari Malang ke Pasar Senen, yang semula berangkat pada pukul 17.30 WIB, akan berangkat pada 09.00 WIB atau lebih awal 8 jam 30 menit.

KA Kahuripan dari Bandung Kiaracondong ke Blitar, yang semula berangkat pada pukul 18.10 WIB, akan berangkat pada 23.15 WIB atau lebih akhir 4 jam 5 menit

KA Singasari relasi Blitar ke Pasar Senen mulai 1 Desember 2019 akan mengalami pengurangan waktu tempuh 45 menit dari sebelumnya 15 jam 55 menit menjadi 15 jam 10 menit.

Selain jadwal dan waktu tempuh yang berubah, juga ada perubahan relasi perjalanan kereta api dengan perpanjangan perjalanan. Seperti KA Argo Wilis dan Turangga sebelumnya Surabaya Gubeng – Bandung PP (pulang pergi), kini menjadi Surabaya Gubeng – Bandung – Gambir PP.

baca juga : Perlintasan Sebidang Tanggungjawab Siapa?

KA Mutiara Selatan sebelumnya Malang – Surabaya Gubeng – Bandung pp kini menjadi Malang – Surabaya Gubeng – Bandung – Gambir PP. KA Malabar sebelumnya Malang – Surabaya Gubeng – Bandung pp kini menjadi Malang – Surabaya Gubeng – Bandung – Pasar Senen PP.

Juga hadir kereta api baru Anjasmoro Ekspres relasi Jombang – Yogyakarta – Pasar Senen PP, Dharmawangsa Ekspres relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen PP, Sancaka Utara relasi relasi Surabaya Pasar Turi – Gambringan – Solo Balapan – Kutoarjo PP, Argo Cirebon relasi Pemalang – Gambir dan Tegal – Pemalang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed