Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DaerahKesehatanPemerintah

Menu PMT Depok Di Bawah Sorotan: Tahu Kukus, Otak-Otak, dan Kuah Sup dengan Anggaran Rp 4,4 Miliar

9
×

Menu PMT Depok Di Bawah Sorotan: Tahu Kukus, Otak-Otak, dan Kuah Sup dengan Anggaran Rp 4,4 Miliar

Sebarkan artikel ini
Foto viral menu makanan pencegah stunting dari Pemerintah Kota Depok cuma tahu putih dan sawi diberi kuah
Foto viral menu makanan pencegah stunting dari Pemerintah Kota Depok cuma tahu putih dan sawi diberi kuah

Headline.co.id (Depok) ~ Program pemberian makanan tambahan (PMT) sebagai langkah pencegahan stunting di Kota Depok menjadi perbincangan hangat setelah anggaran senilai Rp 4,4 miliar menjadi sorotan publik. Pada dasarnya, anggaran tersebut mencakup menu PMT yang terdiri dari tahu kukus, otak-otak, dan kuah sup.

Baca juga: Lirik Sholawat Turi Turi Putih – Habib Syech dan Makna di Dalamnya

Namun, polemik muncul ketika Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati, mengungkapkan bahwa anggaran PMT untuk satu bayi sebesar Rp 18.000 per hari, dengan masa program selama 28 hari. Menurutnya, anggaran tersebut tidak hanya untuk makanan, melainkan juga mencakup keseluruhan barang yang dibelanjakan, termasuk biaya untuk kemasan, transportasi, hingga biaya administrasi aplikasi.

“Ini juga ramai, itu tahu dua biji Rp 18.000, ya nanti kita lihat tahunya itu isinya apa sih? Rp 18.000 ini all in ya, yang sampai ke rumah masing-masing sasaran. Ada biaya pajak, administrasi di aplikasi, transportasi, kemudian kemasan dan lain sebagainya,” jelas Mary.

Baca juga: Lirik Sholawat Nurul Musthofa Lengkap dengan Maknanya 

Menurut Mary, menu tahu kukus tidak hanya sekadar tahu, melainkan sudah dicampur dengan daging ikan dan ayam sesuai takaran kebutuhan protein balita. Dia juga menekankan penggunaan wadah makanan yang tidak sekali pakai untuk mengurangi potensi penumpukan sampah di Kota Depok.

“Untuk kudapan (PMT) kita tidak ingin Kota Depok menambah jumlah sampah, jadi kita pastikan jangan pakai wadah sekali pakai. Nanti timbunan sampah Kota Depok 9.882 sampah setiap harinya, mau seperti apa?” ujar Mary.

Mary juga menyoroti aspek-aspek yang sering luput dari perhatian masyarakat, seperti penggunaan wadah yang bisa dipakai berulang kali dan kebutuhan wadah yang lebih besar untuk paket makanan lengkap yang diberikan setiap tujuh hari sekali.

Baca juga: Ini Tangapan Gibran Terkait Pemecatan Boby Nasution dari PDIP

“Nanti kalau beli lagi suruh pakai lagi, sudah berapa biayanya kotak begitu, nanti enggak cukup Rp 18.000 untuk bikin makanan lokal. Hal-hal ini yang kadang bikin kita lupa, lihatnya cuma dua tahu Rp 18.000,” tambahnya.

Polemik ini menjadi perhatian serius, terutama dengan target 9.882 balita di Kota Depok yang menjadi sasaran program PMT. Masyarakat pun diharapkan lebih memahami kompleksitas anggaran dan upaya pencegahan stunting yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

Terimakasih telah membaca Menu PMT Depok Di Bawah Sorotan: Tahu Kukus, Otak-Otak, dan Kuah Sup dengan Anggaran Rp 4,4 Miliar semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Berita Headline atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Beredarnya Narkotika dan Miras Oplosan di Yogyakarta Terungkap: 9 Tersangka Diamankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilustrasi Jual Beli rumah di Depok
Daerah

5 Alasan Kota Depok Layak sebagai Tempat Tinggal ~ Headline.co.id (Depok). Kota Depok, sebagai kota satelit di wilayah Jabodetabek, menawarkan berbagai keunggulan yang menjadikannya pilihan menarik sebagai tempat tinggal. Kota…