Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
DaerahBerita

Banjir Parah Terjang Desa Temuyuk dan Pantas di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

6242
×

Banjir Parah Terjang Desa Temuyuk dan Pantas di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

Sebarkan artikel ini

Banjir Rendam 376 Rumah Warga di Kabupaten Kapuas Hulu

Kondisi rumah yang terendam banjir di Kabupaten Kapuas Hulu
Foto : Kondisi rumah yang terendam banjir di Kabupaten Kapuas Hulu (9/11) (BPBD Kabupaten Kapuas Hulu)

Headline.co.id (Jakarta) ~ Banjir masih melanda dua desa di Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kejadian ini pertama kali terjadi pada Kamis (9/11) dan hingga Jumat (10/11), situasi belum membaik.

Baca juga: Volume Transaksi Aset Kripto Anjlok 224% YoY, Pajak Dinilai Jadi Pendorong

Menurut laporan yang diterima oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB pada Jumat (10/11) pukul 07.00 WIB, sebanyak 376 rumah warga masih terendam banjir. Selain pemukiman, fasilitas pendidikan dan tempat ibadah juga menjadi korban banjir. Satu unit fasilitas pendidikan dan satu unit fasilitas tempat ibadah terendam air, menghambat aktivitas sehari-hari masyarakat setempat. Tidak hanya itu, satu jembatan penghubung antar desa juga mengalami kerusakan parah.

Warga yang terdampak banjir mencapai 1.120 jiwa, dengan dua desa yang terparah yaitu Desa Temuyuk dan Desa Pantas. Mereka terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari risiko lebih lanjut.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Noda Kusam pada Mangkuk Melamin, Simak Tips Berikut

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah Kabupaten Kapuas Hulu. Peringatan tersebut berlaku selama dua hari ke depan, khususnya pada Sabtu (11/11) dan Minggu (12/11). Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai kilat atau petir, dan angin kencang berdurasi singkat.

BPBD Kabupaten Kapuas Hulu telah dan terus melakukan asesmen serta pendataan untuk mengkoordinasikan penanganan lebih lanjut. Pada Jumat (10/11), ketinggian muka air terus naik, menambah urgensi penanganan yang cepat dan tepat.

Baca juga: Mahasiswa UGM Hadirkan Inovasi Detergen Ramah Lingkungan dari Belimbing Wuluh

Dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi basah, seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang, BNPB mengimbau BPBD dan warga untuk tetap waspada dan siap siaga. Dalam situasi ini, masyarakat dapat memantau prakiraan cuaca melalui BMKG dan memahami potensi risiko melalui aplikasi inaRISK.

Dengan memasuki musim penghujan, kerjasama antara pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengurangi dampak buruk yang mungkin timbul akibat cuaca ekstrem. Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama dalam upaya penanganan dan pemulihan pasca bencana ini.

Terimakasih telah membaca Banjir Parah Terjang Desa Temuyuk dan Pantas di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Berita Headline atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Tips Ampuh dan Manusawi Basmi Kemunculan Cicak di Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *