Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaNasionalPemerintah

Presiden Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma

587418
×

Presiden Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi lepas pengiriman bantuan untuk Palestina
Presiden Jokowi lepas pengiriman bantuan untuk Palestina (Kemenag)

Headline.co.id (Jakarta) ~ Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dengan tulus hati melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Palestina dalam sebuah upacara yang berlangsung di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, pada Sabtu (4/11/2023). Bantuan ini merupakan hasil dari kolaborasi antara pemerintah Indonesia, dunia usaha, dan masyarakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Baca juga: BNPB dan Pelaku UMKM Bandung Barat Bersatu untuk Tingkatkan Ketangguhan Bencana

Dalam upacara pengiriman tersebut, Presiden Jokowi menyatakan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah bersatu untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina. “Alhamdulillah bantuan masyarakat Indonesia akan dikirim ke Palestina. Ini adalah bantuan tahap pertama yang dikirim dengan tiga pesawat dengan berat 51,5 ton bantuan berupa bahan makanan, peralatan medis, selimut, tenda, dan kebutuhan logistik lainnya, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Gaza,” kata Presiden Jokowi.

Bantuan kemanusian yang dikumpulkan oleh tiga lembaga kemanusiaan, yakni BAZNAS, Palang Merah Indonesia (PMI), dan Humanitarian Forum Indonesia, mencakup berbagai jenis kebutuhan, termasuk makanan, obat-obatan, perlengkapan wanita, anak-anak, alat penunjang disabilitas, hygiene kit, serta barang-barang lain yang sangat dibutuhkan oleh warga Palestina.

Baca juga: Rumah di Senduro Hangus Terbakar, Pj. Bupati Lumajang Segera Berikan Bantuan

Presiden Jokowi juga menyampaikan harapannya bahwa semakin banyak bantuan akan terus mengalir dari masyarakat dan dunia usaha Indonesia untuk mendukung warga Palestina yang tengah menghadapi situasi kritis. “Ini merupakan wujud solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan. Tragedi kemanusiaan ini tidak bisa diterima. Saya menegaskan, Indonesia akan terus bersama perjuangan bagi kemerdekaan masyarakat Palestina,” tegasnya.

Secara teknis, bantuan kemanusiaan dari Indonesia akan diterbangkan dari Jakarta menuju Bandara El Arish di Mesir, yang merupakan lokasi terdekat dengan Gaza. Dari sana, bantuan tersebut akan diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Mesir untuk selanjutnya didistribusikan ke Gaza melalui badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC), dua badan kemanusiaan yang aktif di Gaza.

Baca juga: Kementerian Agama dan Nahdlatul Ulama (PBNU) Berkolaborasi untuk Memperkuat Gerakan Keluarga Maslahat

Turut hadir dalam pelepasan bantuan ini adalah Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dan Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA. BAZNAS sendiri telah bekerja sama dengan sejumlah mitra, Lembaga Amil Zakat (LAZ), dan perusahaan dalam menggalang bantuan untuk Palestina.

Bukan hanya pemerintah dan perusahaan besar yang turut berkontribusi, melainkan juga berbagai mitra retail, digital, dan LAZ yang telah menyerahkan donasi besar. Masyarakat Indonesia juga diundang untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina yang masih berada dalam situasi konflik dengan Israel melalui link baznas.go.id/sedekahduniaislam atau transfer ke rekening BSI 100.426.6893.

Kepedulian Indonesia terhadap kemanusiaan Palestina terus membara, dan upaya bersama ini menjadi bukti nyata bahwa bangsa ini mendukung kemerdekaan dan keselamatan warga Palestina dalam momen sulit ini.

Baca juga: Taipei International Tourism Fair 2023: Indonesia Tawarkan Keajaiban Destinasi Wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *