by

Anggota DPRD Surabaya Puji Ruang Merokok Stasiun Surabaya Gubeng

HeadLine.co.id, (Surabaya) – Ruang merokok Stasiun Surabaya Gubeng mendapat apresiasi dari Khusnul Khotimah, Anggota DPRD Surabaya sekaligus anggota Pansus Perda KTR (Kawasan Tanpa Rokok). Apresiasi tersebut ia sampaikan melalui artikel yang dimuat di Jawa Pos tanggal 20 September 2019 lalu.

Dalam artikel tersebut dituliskan bahwa saat ini belum banyak ruang khusus merokok yang sesuai dengan standar yang diatur dalam Perda No 2 tahun 2019 tentang Kawasan Tannpa Rokok (KTR). Ruangan tersebut harus terhubung dengan udara luar dan harus diletakkan di lokasi yang mudah dijangkau.

“Kalau mau lihat contoh ruangan rokok yang baik, ada di stasiun gubeng,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Pemkot yang mengusulkan perda tersebut belum membuat ruangan khusus sesuai Perda. Ruangan lama yang disediakan dinilai tak sesuai standar karena ruangan tersebut dibangun seperti akuarium besar yang tak terhubung langsung dengan udara luar.

Sebelumnya, Satpol PP bersama dinas kesehatan telah melakukan sosialisasi terkait perda baru tersebut di beberapa titik, salah satunya Stasiun Gubeng. Calon penumpang yang merokok di kantin diarahkan untuk merokok di ruangan baru tersebut karena kantin juga harus steril dari asap rokok.

Kedepannya Khusnul mengaku optimis karena akan ada lebih banyak instansi yang menaati perda itu. “Selain sarana transportasi, yang harus memiliki ruang khusus merokok tersebut adalah mal, perkantoran, dan sarana umum lain,” ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed