Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaDaerahPemerintah

Rakor Bareng BNPB, Pemkab Lumajang Petakan Dampak Kerusakan Infrastruktur Vital

1
×

Rakor Bareng BNPB, Pemkab Lumajang Petakan Dampak Kerusakan Infrastruktur Vital

Sebarkan artikel ini
upati Lumajang Thoriqul Haq menggelar Rapat Koordinasi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur
upati Lumajang Thoriqul Haq menggelar Rapat Koordinasi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Rakor Bareng BNPB, Pemkab Lumajang Petakan Dampak Kerusakan Infrastruktur Vital ~ Headline.co.id (Lumajang). Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thori) menggelar Rapat Koordinasi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur berbagi tugas mempercepat penanganan infrastruktur vital yang rusak akibat Bencana Lahar Dingin Semeru.

Baca juga: 8 Wisata Pantai di Banyuwangi yang Tak Kalah Indah dengan Bali

Saat rakor tersebut, Cak Thoriq menjelaskan, bahwa pasca terjadinya bencana tersebut, Pemerintah Kabupaten Lumajang bergerak cepat melakukan asesmen dampak termasuk penanganan keselamatan jiwa. Ia juga menyampaikan bahwa kebutuhan dasar para pengungsi di beberapa titik telah terpenuhi.

“Dari semua penanganan ini kami Pemerintah Kabupaten Lumajang tidak bisa menuntaskan secara keseluruhan, kami perlu intervensi BNPB dari penanganan beberapa rekontruksi di Lumajang pasca bencana longsor dan lahar dingin,” jelas dia saat rakor di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Sabtu(8/7/2023) malam.

Baca juga: Waspada! Ternyata Ini Penyebab Obesitas Yang Perlu Kamu Tau

Bupati memaparkan, bahwa ada 5 jembatan yang rusak akibat bencana lahar dingin semeru ini, antara lain :
1. Jembatan penghubung Desa Kloposawit dengan Tumpeng,
2. Jembatan Kaliregoyo penghubung Desa Jugosari dengan Dusun kebondeli Selatan,
3. Jembatan Penghubung
Lumajang-Malang,
4. Jembatan Limpas Penghubung Desa Tumpeng dan Desa Nguter, dan
5. Jembatan Kalibiru Penghubung Desa Sidomulyo dengan Desa Pronojiwo.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Qomarun Arab Latin dan Artinya

Disamping itu, Sekda Provinsi Jatim, Adhy Karyono juga menerangkan, bahwa untuk mempercepat penanganan perlu sinergisitas yang baik antara pemerintah pusat,provinsi maupun kabupaten.

“Fokus kita adalah menyelesaikan infrastruktur, penanganan keselematan manusianya sudah tertangani, tinggal dibagi saja Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Lumajang berbuat apa untuk menyelesaikan infrastrukur yang perlu ditangani dengan cepat,” terang dia.

Baca juga: 15 Pantai Pasir Putih di Gunungkidul Jogja Yang Hits dan Instagramable

Sementara itu, Deputi Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan mengapresiasi langkah cepat dan tepat yang dilakukan Pemkab Lumajang bersama Pemprov Jawa Timur dalam penanganan tanggap darurat bencana longsor dan lahar dingin.

“Penanganan darurat sudah dilakukan dengan baik dan benar, meminimalisir dampak korban, yang terdampak tidak bertambah menderita artinya terkait dengan penanganan pengungsi sudah tertangani dengan baik,” ujarnya.

Baca juga: Tiba di Papua Nugini, Presiden Jokowi Disambut Perdana Menteri Marape

Dalam kesempatan itu, Mayjen TNI Fajar Setyawan juga menyampaikan, bahwa infrastruktur vital yang rusak akibat bencana tersebut akan segera ditangani. Seperti halnya Jembatan Penghubung Lumajang-Malang yang terputus material lahar dingin akan segera dibangun secara permanen dalam waktu dekat.

“Jembatan bailey tidak jadi segera mulai dilakukan pembangunan jembatan permanen yang membutuhkan waktu sekitar empat bulan,” punhkasnya.

Baca juga: Resmikan Bandara Ewer, Jokowi Bandara ini Membuka Keterisolasian Wilayah dan Percepat Pengiriman Logistik

Terimakasih telah membaca Rakor Bareng BNPB, Pemkab Lumajang Petakan Dampak Kerusakan Infrastruktur Vital semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: Pantai Pandawa Bali: Sejarah dan Wisata Pantai Indah di Pulau Dewata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintah Kabupaten Lumajang Maksimalkan Sistem Peringatan Dini untuk Warga
Humaniora

BPBD Lumajang Lakukan Gladi Lapangan Untuk Mitigasi Bencana ~ Headline.co.id (Lumajang). Pemerintah Kabupaten Lumajang (Pemkab) terus berupaya memaksimalkan sistem peringatan dini berbasis masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam….