Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Ekonomi

Mengenal Sejarah Dan Perjalanan Warteg Kharisma Bahari Yang Telah Membuka Ratusan Cabang

517
×

Mengenal Sejarah Dan Perjalanan Warteg Kharisma Bahari Yang Telah Membuka Ratusan Cabang

Sebarkan artikel ini
Sayudi adalah pencetus waralaba Warteg Kharisma Bahari
Sayudi adalah pencetus waralaba Warteg Kharisma Bahari

Mengenal Sejarah Dan Perjalanan Warteg Kharisma Bahari Yang Telah Membuka Ratusan Cabang ~ Headline.co.id (Ekonomi). Buat masyarakat di Indonesia tentu tidak asing lagi dengan warteg, bahkan dalam sehari kita lebih dari satu kali menikmati sajian makan di warung makanan tersebut.

Baca juga: Waspada! Ternyata Ini Penyebab Obesitas Yang Perlu Kamu Tau

Taukah kamu bahwa Warteg atau dikenal dengan Warung Tegal tersebut merupakan rumah makan sederhana yang memiliki banyak sekali peminat dan tentunya memiliki banyak menu. Salah satu Warung Tegal yang cukup terkenal dan memiliki banyak ratusan cabang adalah Warteg Kharisma Bahari. Bahkan saat ini warteng tersebu membuka franchise WKB bagi siapa saja yang mau join di usaha warung makan tegal tersebut.

Sejarah dan Pendiri Warteg Kharisma Bahari

Pertanyaan khas yang sering muncul dari kesuksesan perjalanan Warteg Kharisma Bahari adalah siapa sih pemiliknya? Berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh Headline.co.id bahwa Warteg Kharisma Bahari tersebut didirikan oleh Sayudi, pemilik sekaligus pendiri Warteg Kharisma Bahari.

Baca juga: PJ Walikota Salatiga Minta Juru Parkir Semakin Ramah Layani Pengunjung

Warteg Kharisma Bahari ini pertama kali didirikan pada tahun 1996 dan hingga saat ini Warteg tersebut sudah memiliki 800 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Warteg Kharisma Bahari atau yang memiliki nama terkenal WKB tersebut saat ini juga sudah memiliki ratusan patrnet yang menjadi mitranya.

Profil Sayudi Pendiri WKB

Pendiri sekaligus pemilik dari WKB tersebut merupakan anak ke enam dari pasangan H. Sobari dan Hj. Soliha. Meski hanya berbekal pendidikan sampai Sekolah Dasar (SD) tidak pernah membuat pemilik dari WKB ini menyerah begitu saja.

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Qomarun Arab Latin dan Artinya

Saat berumur 20 Tahun, Sayudi  bersama dengan kakaknya memutuskan untuk bekerja di Jakarta. Ia bekerja dengan giat demi mendapatkan uang. Mulai dari pedagang asongan pun pernah dikerjakan oleh pendiri dari Warteg Kharisma Bahari.

Setelah berjalanan beberapa tahun akhirnya, Sayudi  berfikir untuk membuat warteg  dan kemudian warteg pertamanya di buka di daerah Jakarta Selatan dengan nama “Modal Mertua (MM)”. 

Nama warteg tersebut tak lepas dari mertuanya yang meminjamkan modal untuk usaha Yudi dengan meminjamkan sertifikat rumahnya kepada bank.

Baca juga: 15 Pantai Pasir Putih di Gunungkidul Jogja Yang Hits dan Instagramable

Usaha Sayudi mengalami pasang surut yang tak terelakkan. Setelah menghadapi kegagalan dalam usahanya yang sebelumnya, dia memutuskan untuk kembali menjadi pedagang asongan. Namun, semangat dan kegigihannya tidak pernah luntur. Yudi memutuskan untuk mengambil alih warteg temannya yang hampir bangkrut sebagai langkah awal dalam membangun kembali usahanya.

Dengan semangat dan tekad yang baru, Yudi berhasil menjalankan warteg tersebut selama lebih dari 10 tahun. Namun, ia merasa bahwa saatnya untuk melangkah lebih jauh dan membuka warteg sendiri dengan nama Warteg Kharisma Bahari. Selain itu, dia juga mendirikan kemitraan bernama Warteg Kharisma Bahari Group.

Baca juga: Tiba di Papua Nugini, Presiden Jokowi Disambut Perdana Menteri Marape

Awalnya, rencana kemitraan tidaklah disengaja. Yudi melihat bahwa cabang usaha yang dikelola oleh karyawannya mengalami banyak masalah dan kekurangan. Dari situlah Yudi mengajak teman-teman dan anggota keluarganya yang memiliki minat dalam membuka warteg untuk bergabung dengan konsep pembagian hasil 50-50.

Kini, Warteg Kharisma Bahari telah berkembang pesat dan berhasil menyebar ke seluruh wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Purwokerto, Kudus, dan Palembang. Keberhasilan mereka dalam melakukan ekspansi ini bukanlah suatu kebetulan semata, tetapi hasil dari dedikasi dan kerja keras tim yang ada di belakang layar.

Baca juga: Di Jamu Gubernur Jenderal Papua Nugini, Jokowi Bersyukur Atas Persahabatan Kedua Negara

Harapan Sayudi untuk Warteg Kharisma Bahari

Tagline “Siap Memwartegkan Jabodetabek” awalnya mungkin hanya sebagai semangat dan harapan belaka, namun siapa sangka bahwa pada akhirnya setiap sudut Ibukota dan sekitarnya hampir dipenuhi oleh gerai franchise Warteg Kharisma Bahari. Hal ini benar-benar menjadi pencapaian yang luar biasa bagi Sayudi, pendiri Warteg Kharisma Bahari, yang sama sekali tidak pernah mengira bahwa hal ini akan terjadi.

Baca juga: Resmikan Bandara Ewer, Jokowi Bandara ini Membuka Keterisolasian Wilayah dan Percepat Pengiriman Logistik

Tentu saja, harapan Sayudi ke depannya adalah untuk terus memperluas usahanya hingga menyebar ke seluruh Indonesia. Dan tampaknya, harapan itu perlahan-lahan menjadi kenyataan dengan adanya waralaba Warteg Kharisma Bahari yang muncul di kota-kota lain seperti Yogyakarta hingga Bali. Yang lebih unik lagi, Sayudi juga memiliki cita-cita untuk membuka Warteg pertama di Ibu Kota Negara (IKN) di masa mendatang. Arsjad, salah satu rekan Sayudi, juga menambahkan bahwa Warteg Kharisma Bahari memiliki potensi untuk diperluas ke negara-negara lain mengingat banyaknya warga Indonesia yang tinggal di luar negeri.

Kisah perjalanan Sayudi ini membuka mata kita akan fakta bahwa kesuksesan dapat diraih oleh siapa saja asal memiliki ketekunan dan aspirasi yang kuat. Pada akhir video, Sayudi memberikan pesan kepada mereka yang ingin merintis usaha, yakni untuk berani dan tetap menjadi diri sendiri. Pesannya ini mencerminkan keyakinannya bahwa kesuksesan datang dari dedikasi dan integritas pribadi.

Baca juga: Pantai Pandawa Bali: Sejarah dan Wisata Pantai Indah di Pulau Dewata

Kehadiran Warteg Kharisma Bahari di berbagai daerah dan potensi ekspansinya yang terus berkembang memberikan inspirasi bagi banyak orang. Melalui kisah Sayudi, kita diajak untuk tidak takut bermimpi besar dan berjuang untuk mewujudkannya. Bagi mereka yang ingin memulai usaha mereka sendiri, cerita ini mengajarkan nilai-nilai penting seperti keberanian, ketekunan, dan autentisitas diri.

Kesuksesan Warteg Kharisma Bahari tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Sayudi dan timnya, tetapi juga memberikan harapan dan motivasi kepada banyak individu lainnya untuk mengejar impian mereka. Kisah ini mengajarkan kepada kita bahwa dalam dunia bisnis, tidak ada batasan yang tak terjangkau jika kita memiliki tekad dan semangat yang kuat.

Terimakasih telah membaca Mengenal Sejarah Dan Perjalanan Warteg Kharisma Bahari Yang Telah Membuka Ratusan Cabang semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News.

Baca juga: 8 Wisata Pantai di Banyuwangi yang Tak Kalah Indah dengan Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *