Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Otomatif

Penting! Ini 8 Bagian Yang Wajib di Periksa Saat Kamu Service Motor di Bengkel

1018
×

Penting! Ini 8 Bagian Yang Wajib di Periksa Saat Kamu Service Motor di Bengkel

Sebarkan artikel ini
bengkel Service kendaraan terbaik
Bengkel Service Ganti Oli

Penting! Ini 8 Bagian Yang Wajib di Periksa Saat Kamu Service Motor di Bengkel ~ Headline..co.id (Otomotif). Buat kamu yang sering mengabaikan perawatan kendaraan, kamu harus hati-hati jangan sampai ada penyesalan dibelakang hari. Service kendaraan yang tepat waktu dan teratur bukan hanya tentang menjaga tampilan fisiknya, tetapi juga tentang menjaga kinerja dan keselamatan Anda di jalan.

Baca juga: Mudik Nyaman Konsumsi BBM Aman dengan Mitsubishi New Xpander Cross

Kendaraan yang dirawat dengan baik cenderung memiliki umur yang lebih panjang. Ketika Anda melakukan service secara teratur, komponen yang aus dapat diganti tepat waktu, oli dan cairan dapat diganti, dan kendaraan Anda dapat diberikan perawatan yang diperlukan. 

Hal ini membantu menjaga kendaraan dalam kondisi yang baik dan mengurangi risiko kerusakan yang tidak perlu. Tak hanya itu dengan service rutin tentu akan mempertahankan nilai jual kendaraan kita. 

Baca juga: Reza Kaca Film Solusi Kaca Mobil Bergaransi di Bandung

Nah buat kamu yang masih awam tentang kendaraan kamu wajib tau apa saja bagian-bagian yang wajib diperiksa saat melakukan service motor. Berikut ini adalah 8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor: 

8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor

  1. Oli Mesin

Perlu kita tahu bahwa oli mesin adalah hal yang wajib dilakukan pengecekan secara rutin. Jangan sampai kamu telat melakukan pengecekan oli motor matic yang bisa menyebabkan kerusakan fatal pada kendaraan kita. Fungsi oli mesin sendiri berguna sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Biasanya oli mesin direkomendasikan untuk di ganti setelah melakukan perjalanan sepanjang 2500 Km. Sementara terkait biaya berbeda-beda biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Baca juga: Review Honda Civic RS 2023: Harga, Spesifikasi, Fitur dan Performa Mesin Mobil Sedan Terbaru

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

Proses Pergantian Oli Kendaraan
Proses Pergantian Oli Kendaraan
  1. Oli Gardan

Buat pengguna motor matic, Oli gardan ini juga wajib dilakukan pengecekan secara rutin. Kita tau bahwa oli gardan ini berfungsi sebagai pelumas gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Baca juga: Video Viral! Kecelakaan Saat Balapan di Pingir Pantai Begini Kejadiannya

  1. Busi

Busi merupakan komponen penting dalam sebuah sepeda motor, busi sendiri berfungsi mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga dapat membuat mesin motor kita menyala. Tentunya jika busi tidak berfungsi dengan baik akan berdampak pada pengapian kendaraan yang menyebabkan sulitnya nyala kendaraan. 

  1. Kampas Rem 

Kampas rem merupakan faktor utama untuk keselamatan kita saat berkendara. Tentunya jika kampas rem kita habis akan berkendala pada sistem pengereman kendaraan sehingga bisa membahayakan keselamatan kita saat berkendara. 

Baca juga: Review Toyota Agya: Harga, Desain, Performa, Kelebihan dan Kekurangan Update Terbaru

Sementara untuk pengecekan kampas rem sendiri wajib kamu cek baik kampas rem depan dan juga belakang saat melakukan service kendaraan bermotor. 

  1. Filter Udara 

Bagi yang masih awam, filter udara berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Tentunya dengan pemakaian berkala filter udara akan tertutupi oleh kotoran seperti debu.  Sehingga saat service kendaraan kuta wajib melakukan pengecekan filter udara jangan sampai ada kotoran masuk ke sistem pembakaran sehingga menyumbat sistem injeksi dan karburator. 

  1. Aki atau Accu

Dalam kondisi mesin mati, tegangan ideal aki berada di 12,3-12,6 Volt, sementara dalam kondisi kendaraan mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 – 14,2 Volt. Nah jika tegangan aki kamu tidak sesuai atau ditemukan ada kebocoran, kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

Baca juga: Harga All New Honda Brio: Kelebihan dan Kekurangan Semua Jenis dan Tipe

Fungsi utama aki adalah menyediakan tenaga awal yang diperlukan untuk menghidupkan mesin kendaraan. Ketika kunci kontak diaktifkan, aki memberikan arus listrik yang cukup kuat untuk menghidupkan motor starter. Motor starter kemudian akan memutar kruk-as mesin untuk memulai proses pembakaran di dalam silinder.

  1. Ban

Untuk yang satu ini sangat penting yakni saat melakukan service motor wajib juga kondisi ban motor kamu. Untuk ban sendiri kamu wajib cek kondisinya baik tekanan angin dalam ban dan juga kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak).

Baca juga: Ini Keistimewaan Mobil The Beast yang Menjadi Andalan Joe Biden Menghadiri KTT G20

  1. Tune up Motor Rutin

Tune up merupakan service rutin meliputi pemeriksaan semua komponen yang ada pada kendaraan bermotor kita, terutama pada komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Biasanya tune up disertai dengan penggantian spare part kendaraan dan juga oli.  Namun biasanya mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kepada mu sehingga kamu bisa memutuskan apakah kamu setuju untuk mengganti sparepart tersebut atau tidak. Kamu juga bisa menanyakan urgent tidaknya melakukan pergantian sparepart tersebut.

Baca juga: Cerita Wawan Meraih Cuan Dari Kendaraan Listrik dan Komitmen Pemerintah

Baca selanjutnya di page 2 memilih bengkel motor terbaik untuk service kendaraan dibawah ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *