Indeks Pembangunan Manusia Jepara Naik, Ketua DPRD Jepara Beri Apresiasi

dialog interaktif Menjaring Aspirasi Masyarakat yang disiarkan langsung dari Radio R Lisa FM Jepara
dialog interaktif Menjaring Aspirasi Masyarakat yang disiarkan langsung dari Radio R Lisa FM Jepara

Indeks Pembangunan Manusia Jepara Naik, Ketua DPRD Jepara Beri Apresiasi ~Headline.co.id (Jepara). Kenaikan indeks pembangunan manusia (IPM) yang raih Kabupaten Jepara pada 2021 mendapat apresiasi dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara, Haizul Ma’arif.

Baca juga: Hati-Hati! Hujan Lebat akan Melanda sebagian Wilayah di Jogja, Ini daftarnya

“Itu sudah di atas IPM-nya provinsi. Dan kita termasuk sudah cukup tinggi di antara kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah,” kata Gus Haiz, sapaan akrabnya saat menjadi narasumber dalam dialog interaktif Menjaring Aspirasi Masyarakat (Jaring Asmara) yang disiarkan langsung dari Radio R Lisa FM Jepara, Rabu (6/4/2022).

Disampaikan, saat ini angka IPM Kabupaten Jepara pada 2021 mencapai 72,36. Menurutnya, meski telah naik dan berada di atas IPM provinsi, serta termasuk tinggi di antara kabupaten/kota se-Jateng, IPM itu masih mungkin terus ditingkatkan.

“Bahkan kalau perlu terus kita dorong terus sampai di atas angka 8,0,” ujarnya.

Baca juga: Kabar baik! Polisi Kantongi Dua Identitas Sepeda Motor Pelaku Klitih Tewaskan Daffa

Melalui fungsi budgeting yang dimiliki, lanjut Gus Haiz, pihaknya akan mendorong melalui upaya pengalokasian anggaran yang dibutuhkan untuk tiga komponen pembentuk IPM, yakni kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Meski demikian, lembaganya tetap memberi catatan pada tingkat pengangguran terbuka (TPT) yang mestinya bisa ditekan lebih kecil lagi.

“Kalau kita lihat beberapa kabupaten di Jawa Tengah, TPT Jepara 4,23 persen ini cukup kecil dibanding yang lain. Ini didukung padat karya yang menyerap banyak pekerja. Tapi kita perlu semacam job fair dan sebagainya agar kesempatan kerja yang ada ini bisa dimaksimalkan pencari kerja di Jepara. Sayang kalau terlalu banyak yang diisi pekerja dari luar daerah,” urainya.

Baca juga: Apakah Vaksinasi Batalkan Puasa? Ini Jawaban dari Kemenag

Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Jepara Rini Patmini menyebut, kenaikan IPM Jepara menjadi bagian kinerja eksekutif yang dicantumkan dalam Nota Pengantar LKPJ Bupati tahun 2021, yang pekan lalu disampaikan kepada DPRD. Mengutip nota tersebut, Rini menyatakan, IPM Jepara 2021 tercatat 72,36, meningkat 0,37 poin dibanding IPM 2020 sebesar 71,99 poin.

“Peningkatannya terjadi pada semua komponen, baik kualitas kesehatan, pendidikan, maupun pengeluaran perkapita yang disesuaikan,” kata Rini.

Baca juga: Apa Kepanjangan Dari Internet? Ini Sejarah Fungsi Dan Dampaknya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.